CARA INSTALL ULANG DRIVER WINDOWS 10 TANPA DVD

Mungkin banyak dari kita yang merasa kesulitan ketika melakukan install ulang Windows 10, terutama jika tidak memiliki DVD atau bootable yang diperlukan. Namun, tidak perlu khawatir karena sekarang kita dapat melakukan install ulang Windows 10 tanpa DVD dan bootable. Langkah-langkahnya cukup mudah dan bisa dilakukan dengan cepat. Pada artikel ini, saya akan menjelaskan cara melakukannya.

Cara Install Ulang Windows 10 Tanpa DVD dan Bootable

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan install ulang Windows 10 tanpa DVD dan bootable:

  1. Pertama-tama, Anda perlu mendownload Windows Media Creation Tool dari situs resminya. Anda dapat menemukan link download di sini.
  2. Setelah selesai mendownload, jalankan aplikasi tersebut.
  3. Pilih opsi “Upgrade this PC now” untuk mengupgrade PC Anda ke Windows 10 atau “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC” jika Anda ingin membuat bootable.
  4. Jika memilih opsi “Upgrade this PC now”, maka proses pengunduhan dan instalasi akan dimulai. Anda hanya perlu mengikuti panduan yang diberikan hingga selesai.
  5. Jika memilih opsi “Create installation media (USB flash drive, DVD, or ISO file) for another PC”, pilih bahasa, edisi, dan arsitektur Windows 10 yang ingin Anda install pada PC nantinya, lalu pilih opsi “USB flash drive”.
  6. Pilih drive USB yang akan digunakan untuk membuat bootable dan klik “Next”.
  7. Proses pengunduhan dan pembuatan bootable akan dimulai. Setelah selesai, colokan USB pada PC yang ingin diinstall ulang, lalu restart PC Anda.
  8. Setelah PC restart, masuk ke pengaturan BIOS dan ubah urutan boot agar PC boot dari USB flash drive. Cara mengatur urutan boot BIOS biasanya berbeda-beda tergantung merk dan model PC. Anda dapat mencari panduannya pada situs resmi merk PC Anda.
  9. Setelah berhasil mengatur urutan boot BIOS, simpan pengaturannya dan PC akan boot dari USB flash drive yang telah dibuat tadi.
  10. Proses instalasi akan dimulai. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk menginstal ulang Windows 10 pada PC Anda.

Itulah langkah-langkah untuk melakukan install ulang Windows 10 tanpa DVD dan bootable. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang dalam kebingungan untuk melakukan install ulang Windows 10.

Cara Memperbaiki Windows 10 Tanpa Install Ulang

Selain melakukan install ulang, kita juga dapat memperbaiki Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang yang dapat menghilangkan data-data penting pada komputer kita. Berikut adalah langkah-langkah untuk memperbaiki Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang.

  1. Pertama-tama, buka menu Start dan ketik “cmd” pada kolom pencarian.
  2. Klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator”.
  3. Ketik perintah “sfc /scannow” pada Command Prompt dan tekan Enter. Proses ini akan memeriksa dan memperbaiki file sistem Windows yang rusak.
  4. Setelah selesai, ketik perintah “dism /online /cleanup-image /restorehealth” pada Command Prompt dan tekan Enter. Proses ini akan memperbaiki gambar Windows yang rusak atau berantakan.
  5. Setelah selesai, masukkan perintah “chkdsk /f /r” pada Command Prompt dan tekan Enter. Proses ini akan memeriksa dan memperbaiki file sistem yang rusak serta mencari bad sector pada hard disk.
  6. Setelah proses chkdsk selesai, ketik perintah “exit” pada Command Prompt dan tekan Enter.
  7. Restart PC Anda dan periksa apakah masalah Windows 10 telah teratasi.
Baca Juga :  CARA INSTAL TWRP ASUS FONEPAD 7

Itulah langkah-langkah untuk memperbaiki Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Semoga langkah-langkah tersebut dapat membantu Anda dalam memperbaiki masalah pada Windows 10 Anda.

FAQ

1. Apakah data saya aman saat melakukan install ulang Windows 10?

Ya, data Anda aman jika Anda melakukan install ulang Windows 10 menggunakan metode yang dijelaskan di atas. Namun, pastikan untuk membuat backup data-data penting Anda sebelum melakukan install ulang untuk mengantisipasi kerusakan atau kehilangan data pada saat proses install ulang.

2. Apakah pengaturan dan aplikasi yang telah diinstall sebelumnya akan hilang setelah melakukan install ulang?

Ya, pengaturan dan aplikasi yang telah diinstall sebelumnya akan hilang setelah melakukan install ulang Windows 10, kecuali jika Anda memilih opsi “Upgrade this PC now”. Karenanya, pastikan untuk membuat backup pengaturan dan aplikasi Anda sebelum melakukan install ulang untuk memudahkan proses konfigurasi ulang nantinya.

Video Tutorial

Untuk lebih memudahkan Anda dalam melakukan install ulang Windows 10 tanpa DVD dan bootable, berikut adalah video tutorial yang dapat Anda tonton:

Itulah artikel tentang cara install ulang Windows 10 tanpa DVD dan bootable beserta cara memperbaiki Windows 10 tanpa harus melakukan install ulang. Semoga bermanfaat untuk Anda yang membutuhkannya.