CARA INSTALL ULANG DARI WINDOWS 10 KE WINDOWS 7

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang Cara Install Ulang Windows 10 dengan mudah, cepat, dan aman!

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Mudah

CARA INSTALL ULANG DARI WINDOWS 10 KE WINDOWS 7

Cara Install Ulang Windows 10 dengan mudah cukup dilakukan dengan langkah-langkah berikut:

  1. Backup Data

    Yang pertama harus dilakukan sebelum Install Ulang Windows 10 adalah melakukan backup data yang ada di komputer. Hal ini sangat penting agar data yang penting tidak hilang saat proses Install Ulang Windows 10 dilakukan. Backup data bisa dilakukan dengan memindahkan data ke harddisk eksternal atau cloud storage.

  2. Buat Bootable USB atau DVD Windows 10

    Selanjutnya, kita perlu membuat bootable USB atau DVD Windows 10 yang akan digunakan untuk menginstal ulang sistem operasi. Cara membuat bootable USB atau DVD Windows 10 cukup mudah dilakukan dengan menggunakan aplikasi Rufus, WinToUSB, atau Microsoft Media Creation Tool.

  3. Masuk ke BIOS dan Boot dari USB atau DVD Windows 10

    Setelah bootable USB atau DVD Windows 10 selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah masuk ke BIOS komputer dan mengatur boot order. Pastikan bootable USB atau DVD Windows 10 berada pada posisi paling atas. Setelah itu, restart komputer dan tunggu sampai proses booting selesai.

  4. Pilih Bahasa, Zona Waktu, dan Masuk ke Instalasi Windows 10

    Setelah proses booting selesai, kita akan dibawa ke layar pengaturan bahasa, zona waktu, dan jenis keyboard. Pilih bahasa yang diinginkan dan klik Next. Kemudian masuk ke halaman Instalasi Windows 10 dan pilih Install Now.

  5. Ikuti Petunjuk Instalasi Windows 10

    Selanjutnya, ikuti petunjuk instalasi Windows 10 hingga selesai. Pada tahap ini, kita akan diminta untuk memasukkan Product Key Windows 10. Jika belum memiliki Product Key, kita masih bisa melanjutkan instalasi Windows 10 dan memasukkan Product Key nanti setelah proses instalasi selesai.

  6. Selesai

    Setelah proses instalasi selesai, Windows 10 akan langsung aktif jika kita sudah memasukkan Product Key. Jika belum memasukkan Product Key, kita dapat memasukkan Product Key dengan cara masuk ke Settings > Update & Security > Activation > Change Product Key.

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Cepat

Cara Install Ulang Windows 10 dengan Cepat

Cara Install Ulang Windows 10 dengan cepat dapat dilakukan dengan menggunakan fitur Reset This PC yang sudah tersedia di Windows 10. Fitur Reset This PC akan menghapus semua file dan aplikasi yang ada di komputer kita, termasuk aplikasi bawaan Windows 10 seperti Microsoft Edge dan Paint 3D.

  1. Buka Settings

    Buka Settings dengan cara klik Start Menu dan pilih Settings atau tekan tombol Windows + I pada keyboard.

  2. Pilih Update & Security

    Setelah Settings dibuka, pilih Update & Security dan pilih Recovery di bagian kiri.

  3. Pilih Get Started pada Opition Reset This PC

    Pada bagian Reset This PC, pilih Get Started.

  4. Pilih Keep My Files atau Remove Everything

    Pada tahap ini, kita dapat memilih apakah ingin menjaga file-file pribadi atau menghapus semua file dan aplikasi yang ada di komputer. Jika ingin menjaga file-file pribadi, pilih opsi Keep My Files. Jika ingin menghapus semua file dan aplikasi, pilih opsi Remove Everything.

  5. Pilih Cloud Download atau Local Reinstall

    Pada tahap ini, kita dapat memilih apakah membutuhkan instalasi Windows 10 dari awal atau download dari cloud. Jika memilih cloud download, pastikan komputer sudah terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil. Jika memilih local reinstall, pastikan sudah memiliki file ISO Windows 10.

  6. Ikuti Petunjuk dan Tunggu sampai Selesai

    Ikuti petunjuk yang diberikan hingga proses reset selesai dilakukan. Pastikan komputer terhubung ke internet dengan koneksi yang stabil agar proses reset berjalan lancar dan cepat.

Baca Juga :  CARA INSTAL WIN 7 X555L

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan jika komputer tidak bisa boot dari USB atau DVD Windows 10?

Jawaban: Jika komputer tidak bisa boot dari USB atau DVD Windows 10, pastikan setting boot order pada BIOS sudah benar dan bootable USB atau DVD sudah dibuat dengan benar. Jika masih gagal, coba menggunakan USB atau DVD yang lain.

Pertanyaan 2: Apakah data akan terhapus saat melakukan Reset This PC?

Jawaban: Ya, saat melakukan Reset This PC semua data dan aplikasi akan terhapus kecuali jika kita memilih opsi Keep My Files. Oleh karena itu, pastikan untuk melakukan backup data yang penting sebelum melakukan Reset This PC.