CARA INSTALL SNORT DI WINDOWS

Windows 10 memiliki banyak fitur canggih yang membuat pengalaman pengguna menjadi lebih menyenangkan dan efisiensi. Salah satu fitur yang berguna adalah Windows Snap, yang memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengatur jendela aplikasi di layar. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mengaktifkan fitur Windows Snap di Windows 10.

Step by Step: Cara Mengaktifkan Fitur Windows Snap di Windows 10

1. Pertama, klik Start dan buka Settings

2. Klik System

3. Pada bagian sebelah kiri, pilih Multitasking

4. Di bawah bagian Snap, aktifkan opsi “Arrange windows automatically by dragging them to the sides or corners of the screen”

5. Setelah diaktifkan, Anda dapat menempatkan jendela aplikasi ke sudut kanan atau kiri layar untuk dengan mudah membagi layar.

6. Untuk mengurangi ukuran jendela ke ukuran sepertiga layar, seret jendela ke sudut atas kiri atau kanan dan tahan hingga jendela mengecil sampai sepertiga ukuran layar.

7. Jika Anda ingin memaksimalkan jendela ke ukuran layar penuh, seret jendela ke bagian atas. Alternatifnya, klik tombol Maximize di sudut kanan atas jendela.

Dengan mengaktifkan fitur Windows Snap, Anda dapat lebih mudah mengatur dan membagi layar Anda ketika bekerja dengan beberapa aplikasi.

Cara Mengembalikan Grub Ubuntu yang Tertimpa setelah Menginstal OS

Jika Anda menginstal sistem operasi lain di komputer yang sudah menjalankan Ubuntu sebagai sistem operasi utama, Anda mungkin akan menghadapi masalah dengan Grub. Grub adalah bootloader yang memungkinkan Anda untuk memilih sistem operasi yang ingin Anda gunakan ketika komputer Anda di boot. Ketika Anda menginstal sistem operasi lain, itu dapat tertimpa atau menghapus bagian dari Grub, yang membuat Anda tidak bisa boot ke Ubuntu. Berikut adalah beberapa langkah untuk mengembalikan Grub Ubuntu yang tertimpa setelah menginstal OS.

1. Gunakan USB Bootable Linux untuk Boot ke Ubuntu

Untuk memperbaiki Grub, Anda perlu boot ke Ubuntu dari media bootable seperti USB atau CD. Pastikan Anda dapat mengakses Ubuntu Live selama Anda melakukan ini.

2. Masuk ke Terminal

Buka Terminal dan masukkan perintah berikut untuk memeriksa partisi mana yang dimuat oleh Grub:

sudo fdisk -l

Cari partisi Ubuntu dan dapatkan informasi partisi seperti drive, partisi, dan ID format file sistem Ubuntu. Misalnya, jika partisi Ubuntu adalah /dev/sda5, ID format file sistem adalah ext4.

3. Memperbaiki Grub

Setelah Anda mengidentifikasi partisi Ubuntu, gunakan perintah berikut untuk memperbaiki Grub:

sudo grub-install /dev/sdX

Ganti X dengan huruf partisi Ubuntu.

Setelah itu, gunakan perintah berikut untuk memperbarui Grub:

sudo update-grub

Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini, Grub Anda harus kembali normal dan Anda seharusnya bisa boot ke Ubuntu seperti biasa.

FAQ

1. Apa itu Windows Snap?

Windows Snap adalah fitur di Windows 10 yang memungkinkan Anda dengan mudah mengatur jendela aplikasi di layar. Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat membagi layar Anda secara efisien dan mempercepat produktivitas Anda.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 7 SAAT BOOTING

2. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak dapat memperbaiki Grub setelah mengikuti langkah-langkah ini?

Jika perbaikan Grub tidak berhasil, Anda mungkin perlu menginstal ulang Ubuntu. Pastikan Anda mencadangkan data Anda sebelum melakukan ini. Anda juga dapat mencari bantuan di forum Ubuntu atau meminta bantuan dari seorang teknisi komputer ahli.

Demikian artikel ini berisi tip dan trik untuk mengaktifkan fitur Windows Snap di Windows 10 dan cara mengembalikan Grub Ubuntu yang tertimpa setelah menginstal OS. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran lain, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca!