CARA INSTALL PYTHON 3.7 3 WINDOWS 7

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan di industri teknologi. Bahasa pemrograman ini sangat mudah dipelajari dan memiliki banyak pustaka atau library yang dapat membantu mempercepat proses pembuatan aplikasi atau program. Python juga dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Linux. Salah satu keuntungan dari Python adalah bahwa ia memiliki komunitas yang besar dan aktif sehingga banyak dokumentasi, tutorial, dan forum yang dapat membantu pengguna dalam mengembangkan keahlian mereka di dalam bahasa pemrograman ini.

Instalasi Python di Ubuntu 18.04

CARA INSTALL PYTHON 3.7 3 WINDOWS 7

Jika Anda menggunakan Ubuntu 18.04, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal Python 3.9.5 di sistem operasi ini.

  1. Buka terminal dan ketikkan perintah berikut untuk memperbarui daftar paket: sudo apt update
  2. Ketikkan perintah berikut untuk menginstal Python 3.9.5: sudo apt install python3.9
  3. Setelah instalasi selesai, ketikkan perintah berikut untuk memeriksa apakah Python 3.9.5 telah terinstal dengan benar: python3.9 --version

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil menginstal Python 3.9.5 di Ubuntu 18.04. Selain itu, Anda juga dapat menginstal pustaka atau library Python dengan mudah menggunakan pip.

Instalasi Python di Windows 7

Instalasi Python di Windows 7

Jika Anda menggunakan Windows 7, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk menginstal Python di sistem operasi ini.

  1. Unduh installer Python dari situs web resmi Python (https://www.python.org/downloads/) dan pilih versi terbaru yang sesuai dengan versi sistem operasi Windows Anda, baik itu 32-bit atau 64-bit.
  2. Buka installer yang telah Anda unduh dan ikuti petunjuk yang terdapat di dalamnya untuk menginstal Python.
  3. Setelah instalasi selesai, buka command prompt dan ketikkan perintah berikut untuk memeriksa apakah Python telah terinstal dengan benar: python --version

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan berhasil menginstal Python di Windows 7. Selain itu, Anda juga dapat menginstal pustaka atau library Python dengan mudah menggunakan pip.

FAQ

1. Apa itu pip?

pip adalah sebuah package manager untuk Python yang digunakan untuk mengunduh, menginstal, dan memperbarui pustaka (package) Python. Dalam Python, ada banyak pustaka atau package yang telah dikembangkan oleh komunitas Python untuk memudahkan pengguna dalam mengembangkan aplikasi atau program. Salah satu keuntungan dari penggunaan pip adalah pengguna dapat menginstal pustaka tersebut secara otomatis dengan mengetikkan perintah sederhana di command prompt atau terminal.

2. Di mana saya dapat belajar Python secara gratis?

Ada banyak sumber belajar Python yang dapat diakses secara gratis di internet. Beberapa sumber belajar Python yang populer dan dapat diakses gratis diantaranya:

Selain itu, Anda juga dapat memperluas pengetahuan Anda di dalam Python dengan mengikuti tutorial, membaca dokumentasi, atau mengikuti kelompok diskusi dan forum yang berfokus pada bahasa pemrograman Python.

Video Tutorial Menginstal Python 3.9.5

Kesimpulan

Python adalah bahasa pemrograman yang sangat populer dan banyak digunakan di industri teknologi. Selain karena mudah dipelajari, Python juga memiliki banyak pustaka atau library yang dapat membantu mempercepat proses pembuatan aplikasi atau program. Python dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Mac, dan Linux. Ada juga banyak sumber belajar Python yang dapat diakses secara gratis di internet. Dalam menginstal Python, langkah yang perlu dilakukan tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Namun, secara umum, pengguna dapat menginstal Python dengan baik menggunakan installer yang telah disediakan oleh situs web resmi Python.

Baca Juga :  CARA INSTALL REACT NATIVE DI WINDOWS 7