CARA INSTALL PYTHON 36 DI WINDOWS 10

Python menjadi bahasa pemrograman yang paling digemari oleh para pengembang karena sangat mudah digunakan dan mempunyai sintak yang terstruktur. Python memberikan kemampuan untuk melakukan pemrograman secara cepat dan produktif. Hal tersebut menjadikan Python sebagai pilihan utama bagi para pengembang untuk membuat aplikasi berbasis web, data science, dan machine learning.

Bagaimana cara install python?

Python tersedia untuk diunduh dan diinstal pada sistem operasi Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstall Python pada Windows 10.

1. Unduh installer Python
Buka browser Anda dan akses https://www.python.org/downloads/. Di halaman tersebut, Anda akan melihat dua versi Python yang tersedia yaitu Python 2 dan Python 3. Di sini, kita akan menginstall Python 3.9.5. Tunggu hingga proses download selesai.

2. Jalankan installer Python
Setelah unduhan selesai, buka file installer Python yang sudah diunduh. Pada layar Welcome to the Python 3.9.5 (32-bit) install wizard, klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

3. Pilih opsi jenis instalasi
Setelah itu, pilih opsi Custom Installation. Dalam opsi ini, Anda bisa memilih tempat instalasi, serta paket-paket Python yang ingin diinstall.

4. Pilih opsi fitur Python yang akan diinstall
Setelah itu, pilih fitur-fitur Python yang ingin diinstall. Jangan lupa untuk memilih opsi “Add Python 3.9 to PATH” agar Python bisa diakses dari command prompt Windows. Setelah itu, klik tombol Next.

5. Tentukan lokasi instalasi Python
Pada layar berikutnya, Anda bisa menentukan directory instalasi Python. Klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi.

6. Tunggu proses instalasi selesai
Setelah melakukan pengecekan, Python akan melakukan instalasi. Tunggu sampai proses instalasi selesai dan klik tombol Finish.

7. Cek instalasi Python
Setelah instalasi selesai, cek penginstalan Python dengan membuka command prompt Windows dan ketikan perintah “python –version”. Jika berhasil diinstal, maka akan muncul informasi versi Python yang terinstal pada sistem.

Dalam menginstall Python, pastikan bahwa sistem sudah memenuhi spesifikasi minimal yang diperlukan. Python memerlukan ruang pada hard disk sekitar 200 MB dan RAM sekitar 256 MB. Selain itu, pastikan juga bahwa sistem sudah terkoneksi dengan internet agar bisa mengunduh paket-paket Python yang dibutuhkan.

Apa itu pip?

pip merupakan package manager untuk Python yang memudahkan proses penginstalan package dan library Python. Dengan pip, pengguna bisa menginstal, menghapus, dan memperbarui package Python dengan mudah dan cepat.

pip sudah tersedia secara default pada Python versi 3.4 ke atas. Untuk menggunakan pip, Anda bisa membuka command prompt Windows dan ketikan perintah “pip”. Namun, jika pip tidak terinstal secara default pada sistem, Anda bisa mengunduhnya dengan mengakses https://bootstrap.pypa.io/get-pip.py dan menjalankan perintah “python get-pip.py”.

Berikut adalah beberapa perintah pip yang sering digunakan:

– pip install package_name: menginstal package Python dengan nama package_name.
– pip uninstall package_name: menghapus package Python dengan nama package_name.
– pip search keyword: mencari package Python dengan keyword tertentu.
– pip list: menampilkan list package Python yang terinstal pada sistem.
– pip freeze: menampilkan list package Python beserta versi yang terinstal pada sistem.

Dalam menggunakan pip, pastikan bahwa sistem terkoneksi dengan internet agar bisa mengunduh package Python yang dibutuhkan.

FAQ

1. Apa bedanya Python 2 dan Python 3?

Python 2 dan Python 3 adalah dua versi Python yang berbeda. Python 2 sudah tidak aktif lagi dan tidak mendapatkan dukungan pengembangan, sehingga tidak disarankan untuk digunakan. Sementara itu, Python 3 adalah versi Python yang lebih baru dan memiliki berbagai perbaikan dan fitur baru dibandingkan Python 2. Python 3 juga memiliki beberapa perubahan dalam sintak dan penggunaannya, sehingga perlu adaptasi jika Anda beralih dari Python 2 ke Python 3.

Baca Juga :  CARA MENGINSTAL WINDOWS 8 32 BIT MENGGUNAKAN VIRTUALBOX

2. Apa keuntungan menggunakan Python dalam pengembangan aplikasi?

Python memiliki banyak keuntungan dalam pengembangan aplikasi. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

– Mudah digunakan dan dipelajari: Python memiliki sintak yang mudah dipahami dan dipelajari oleh para pengembang, sehingga memungkinkan menciptakan aplikasi yang lebih cepat.
– Berbagai library dan framework yang tersedia: Python memiliki berbagai library dan framework yang tersedia yang memudahkan pengembangan aplikasi di berbagai bidang seperti web, machine learning, dan data science.
– Berjalan pada berbagai platform: Python dapat dijalankan pada berbagai platform seperti Windows, Linux, dan MacOS.
– Dukungan komunitas yang besar: Python memiliki komunitas pengembang yang besar yang terus mengembangkan library dan framework baru sehingga mempermudah pengembangan aplikasi.
– Mudah untuk melakukan debugging: Python memiliki fitur untuk melakukan debugging sehingga mempermudah proses perbaikan bugs pada aplikasi.

Video Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=HVv3qiH6HOI&t=10s

Dalam video tersebut, dijelaskan tentang pengenalan Python dan keuntungan dalam menggunakan Python dalam pengembangan aplikasi. Video ini bisa menjadi referensi bagi para beginners yang ingin mempelajari Python atau yang ingin mulai membangun aplikasi menggunakan Python.