CARA INSTALL PYTHON 3 DI CMD WINDOWS 10

Belajar Pemrograman Python: Cara Install Python di Windows

Pemrograman Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer saat ini. Python sangat mudah dipelajari dan digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari aplikasi desktop hingga analisis data. Salah satu keunggulan Python adalah kemampuannya untuk membaca dan menulis kode dengan mudah sehingga banyak dipilih oleh para pengembang software atau web developer.

Di tutorial ini, kita akan membahas mengenai cara install Python di Windows 10. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu.

Apa saja yang perlu dipersiapkan?

1. Mendownload Python
Sebelum menginstall Python, pastikan kamu sudah mendownload Python terlebih dahulu. Kamu bisa mendownloadnya langsung dari website resmi Python. Pastikan kamu memilih versi Python yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows 10, pilihlah versi Python untuk Windows.

2. Menyiapkan System Path
Setelah mendownload Python, pastikan kamu menambahkan Python ke dalam system path. System path adalah path-file yang bisa diakses dari command prompt atau cmd dalam Windows. Dengan menambahkan Python ke dalam system path, kamu bisa menjalankan program Python dengan mudah tanpa harus mengetikkan path-file Python secara manual di cmd.

3. Menyiapkan text editor
Untuk menulis kode program Python, kamu membutuhkan text editor seperti Notepad atau Visual Code. Pastikan text editor yang kamu gunakan sudah diinstal di laptop atau komputer.

4. Persiapan artikel pilar untuk postingan
Mari kita mulai!

Cara Install Python di Windows 10

Setelah melakukan persiapan yang diperlukan, sekarang kita bisa memulai menginstall Python di Windows 10.

1. Buka website resmi Python dan pilih versi yang sesuai dengan sistem operasi yang kamu gunakan. Pilih “Download Python”.

2. Setelah selesai mendownload Python, buka file installer Python dengan klik kanan pada file dan pilih “Run as administrator”. Ketika muncul permission untuk menginstall Python, pilih “Yes” atau “Allow”.

3. Pilih opsi “Customize installation” agar kamu bisa memilih fitur Python yang ingin diinstall. Jika kamu memilih opsi standar, maka Python akan terinstall dengan fitur yang umum digunakan.

4. Setelah masuk ke opsi customize installation, pilih “Add Python to environment variables” dan “Install for all users” lalu klik “Next”.

5. Kemudian pilih lokasi install Python di komputermu. Pastikan kamu memilih directory yang mudah ditemukan dan diingat.

6. Pilih opsi “Install Now” untuk memulai proses instalasi Python. Tunggu hingga proses instalasi selesai.

7. Setelah selesai, kamu bisa mengecek apakah Python sudah terinstall dengan cara membuka command prompt (cmd) dan mengetikkan perintah “python”. Jika Python sudah terinstall, maka akan muncul tampilan seperti ini:

Python 3.9.1 (tags/v3.9.1:1a325f5, Dec 7 2020, 17:08:21) [MSC v.1927 64 bit (AMD64)] on win32
Type “help”, “copyright”, “credits” or “license” for more information.
>>>

Maka kamu bisa langsung menulis kode program Python pada cmd tersebut.

Setelah berhasil menginstall Python, kamu bisa belajar Python dengan mengikuti banyak tutorial dan latihan yang tersedia di internet. Python memang mudah dipelajari, namun untuk menjadi ahli di bidang Python tentu saja membutuhkan waktu dan kesabaran.

Namun sebelum kamu mulai belajar Python, ada 2 pertanyaan umum yang sering ditanyakan oleh pengguna Python. Yuk simak jawabannya!

1. Apa itu Python?
Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang digunakan untuk berbagai macam aplikasi mulai dari aplikasi desktop hingga analisis data. Python sangat mudah dipelajari dan digunakan, cocok bagi para pengembang software atau web developer. Python awalnya dibuat oleh Guido van Rossum pada tahun 1991.

Baca Juga :  Cara Instal Driver Asus E202sa Windows 7 64 Bit

2. Apa saja kelebihan Python?
Beberapa kelebihan Python adalah:
– Mudah dipelajari dan digunakan
– Memiliki banyak library dan framework yang mendukung pengembangan aplikasi
– Cross-platform, artinya bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux.
– Mudah untuk mantain dan memperbaiki aplikasi karena kode Python yang bersifat readable dan mudah dimengerti.

Nah, itu dia informasi mengenai cara install Python di Windows 10 beserta 2 pertanyaan umum mengenai Python. Semoga informasi ini bisa membantu kamu dalam belajar Python dan memperdalam bidang pemrograman. Jangan lupa untuk mempraktikkan kode program Python yang kamu pelajari agar semakin terampil dalam penggunaan Python.

FAQ

Q: Apakah Python gratis?
A: Ya, Python adalah software open source yang bisa digunakan dan didownload secara gratis.

Q: Apakah Python hanya bisa digunakan untuk pengembangan aplikasi desktop?
A: Tidak, Python bisa digunakan untuk berbagai macam aplikasi seperti web development, machine learning, analisis data, dan sebagainya.