Cara Install Mingw G++ Di Windows 7

Apa itu MinGW? Jika Anda seorang pengembang perangkat lunak yang sering bekerja dengan kompiler dan perangkat pengembangan, maka Anda pasti sudah mendengar istilah MinGW. Singkatan dari Minimalist GNU for Windows, MinGW adalah seperangkat alat yang menyediakan portabel dan konfigurasi minimal untuk pelaksanaan aplikasi yang bergantung pada perpustakaan crt1. Hal ini memungkinkan pengembang untuk mengembangkan dan mengompilasi kode mereka untuk Windows dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti C++, Java, dan Python. Keuntungan utama dari MinGW adalah bagi pengembang yang ingin mengekspor kode sumber mereka ke lingkungan Windows tanpa harus mempelajari lingkungan pengembangan Windows.

Cara Install MinGW C++ di Windows 10

Cara Install Mingw G++ Di Windows 7

Tahapan pertama dalam menginstal MinGW di Windows 10 adalah dengan mengunduh file instaler MinGW. Anda dapat mengunduh MinGW installer dari situs web resmi MInGW pada https://sourceforge.net/projects/mingw/. Setelah file installer telah di unduh, langkah berikutnya adalah menginstalnya ke komputer Anda.

Setelah selesai mengunduh MinGW, ekstrak file yang telah di download dan letakkan di direktori yang mudah di akses. Langkah selanjutnya adalah memperbarui PATH Environment Variable pada Windows Anda. Agar perintah MinGW dapat dikenali oleh sistem operasi Windows, maka Path Environment Variable tidak boleh hilang.

Jika langkah-langkah di atas sudah dilakukan, proses instalasi MinGW dapat dilanjutkan. Pilih “MinGW” dari daftar dan klik ikon”Install” pada bagian bawah layar. Proses instalasi akan dimulai dan membutuhkan beberapa waktu untuk menyelesaikannya. Setelah instalasi selesai, MinGW akan ditambahkan ke dalam direktori bin pada direktori utama yaitu C:/MinGW.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin menemukan kegagalan instalasi mingw. Ada dua solusi untuk masalah ini. Pertama, pastikan bahwa Anda memiliki hak akses Administrator untuk menginstal serta melakukan update pada Path Environment Variable. Kedua, cobalah untuk menginstal mingw pada direktori lain sehingga dapat dihindari adanya banyak file sampah pada disk C:/.

Cara Menginstal g++ di Ubuntu

gambar cara install g++ di Ubuntu

g++ adalah kompiler GNU yang digunakan untuk mengkompilasi program yang ditulis dalam bahasa pemrograman C++. Pertama, pastikan bahwa sistem operasi Anda telah diupdate ke versi terbaru dengan perintah apt update dan apt upgrade. Setelah itu, dapatkan paket g++ dan build-essential dengan perintah:

$ sudo apt-get install g++ build-essential

Setelah instalasi selesai, Anda dapat memverifikasi apakah kompiler dengan menjalankan perintah ini:

$ g++ –version

Output yang dihasilkan akan memberikan informasi terkait versi dari kompiler g++. Jika terjadi masalah selama proses instalasi atau verifikasi, maka Anda perlu memastikan bahwa paket developer untuk distribusi tersebut telah diinstal secara penuh.

FAQ

Pertanyaan: Apa perbedaan antara MinGW dengan MinGW-w64?

Jawaban: Meskipun keduanya merupakan sistem perangkat lunak gratis dan open-source untuk pengembangan perangkat lunak, MinGW-w64 adalah fork dari project MinGW yang ditujukan untuk menghasilkan versi yang lebih baik terutama pada saat mengembangkan aplikasi 64-bit pada sistem operasi Windows.

Pertanyaan: Apakah ada video tutorial tentang cara instalasi MinGW di Windows 10?

Jawaban: Ya, salah satu video tutorial yang terkenal dapat ditemukan di Youtube dengan judul “Cara Install MinGW (GCC/G++) Compiler di Windows 10” di kanal Rojo Inferno. Anda dapat mengikuti tutor ini untuk membantu Anda melakukan instalasi MinGW dengan benar.

Baca Juga :  Cara Instal Windows Menggunakan Micro Sd