Cara Instal Windows Update Dvd Iso

Cara Install Windows 10 dengan Mudah

Apakah komputer Anda sudah lama tidak diperbarui dan mulai terasa lambat? Salah satu cara untuk mempercepat kinerja komputer adalah dengan menginstal ulang sistem operasi. Di artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara instal ulang Windows 10 dengan mudah dan aman.

Langkah 1: Mempersiapkan Media Instalasi

Langkah pertama dalam instalasi ulang Windows 10 adalah mempersiapkan media instalasi. Anda dapat menggunakan DVD atau flashdisk untuk media instalasi. Kami merekomendasikan Anda menggunakan flashdisk, karena lebih cepat dan praktis.

Cara Membuat Flashdisk Instalasi Windows 10

Berikut adalah cara membuat flashdisk instalasi Windows 10 yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Unduh File ISO Windows 10

Anda harus mengunduh file ISO Windows 10 terlebih dahulu untuk membuat flashdisk instalasi. File ISO dapat Anda unduh langsung dari website resmi Microsoft, dengan mengunjungi laman berikut: https://www.microsoft.com/id-id/software-download/windows10ISO

Langkah 2: Siapkan Flashdisk kosong

Anda memerlukan flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB dan pastikan sudah kosong atau tidak terdapat data penting didalamnya.

Langkah 3: Download dan Install Media Creation Tool

Anda memerlukan Media Creation Tool untuk membuat flashdisk instalasi. Anda bisa mengunduhnya di laman resmi Microsoft dengan mengunjungi laman berikut: https://www.microsoft.com/id-id/software-download/windows10

Langkah 4: Melakukan Instalasi Media Creation Tool

Selanjutnya, Anda dapat menjalankan Media Creation Tool dan memilih opsi “Buat media instalasi (USB flash drive, DVD, atau file ISO) untuk PC lain”. Kemudian, ikuti instruksi yang muncul di layar untuk menyelesaikan proses pembuatan flashdisk instalasi.

Langkah 5: Flashdisk Instalasi Siap Digunakan

Setelah selesai membuat flashdisk instalasi, flashdisk sudah siap digunakan untuk menginstal ulang Windows 10 pada komputer Anda.

Cara Menginstal Ulang Windows 10

Setelah media instalasi siap, langkah selanjutnya adalah menginstal ulang Windows 10. Ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Boot Komputer dengan Media Instalasi

Colokkan flashdisk atau DVD instalasi ke komputer Anda. Kemudian, restart komputer dan tekan tombol yang sesuai untuk masuk ke menu booting (biasanya F12 atau Del). Pilih media instalasi yang telah disiapkan di langkah sebelumnya untuk memulai proses instalasi.

Langkah 2: Pilih Bahasa dan Tampilkan Format Waktu

Setelah masuk ke installer Windows 10, pilih bahasa di sebelah kiri bawah dan zona waktu yang sesuai. Kemudian, klik “Next” untuk melanjutkan.

Langkah 3: Install Windows 10

Setelah itu, klik “Install Now” untuk memulai instalasi Windows 10. Jika Anda membutuhkan aktivasi, masukkan kunci produk Anda. Kemudian, pilih “Next”.

Langkah 4: Persetujuan Lisensi

Anda harus menyetujui lisensi Microsoft untuk memasang Windows 10 pada komputer Anda. Bacalah perjanjian dengan seksama, dan klik “I accept the license terms” untuk setuju. Kemudian, tekan “Next” untuk melanjutkan.

Langkah 5: Pilih Jenis Instalasi

Setelah itu pilih “Custom: Install Windows only (advanced)” agar bisa menghapus partisi dan mengatur ulang ukuran partisi. Jangan lupa untuk mem-backup data Anda jika masih memungkinkan.

Baca Juga :  CARA INSTALL PHPMIXBILL DI WINDOWS

Langkah 6: Pilih Partisi untuk Instalasi

Anda akan melihat daftar partisi yang tersedia untuk diinstal dengan Windows 10. Pilih partisi di mana Windows 10 akan diinstal. Jika Anda ingin membuat partisi baru atau menghapus partisi, klik “New” atau “Delete”. Setelah selesai, klik “Next”.

Langkah 7: Tunggu Hingga Proses Instalasi Selesai

Tunggu hingga proses instalasi selesai. Proses ini mungkin memakan waktu beberapa menit hingga satu jam tergantung pada kecepatan komputer Anda.

Langkah 8: Konfigurasi Setelah Instalasi

Setelah instalasi selesai, konfigurasi pengaturan Anda pada Windows 10. Anda dapat memilih bahasa, zona waktu, URL wallpaper, dan akun pengguna. Kemudian, klik “Next” untuk melanjutkan.

Cara Install Windows 10 melalui USB

Bagi Anda yang tidak memiliki DVD Room pada komputer atau laptop, Anda bisa menginstal Windows 10 dengan membuat media instalasi melalui flashdisk. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah 1: Unduh File ISO Windows 10

Langkah pertama adalah mengunduh file ISO Windows 10. Anda bisa mengunduhnya dari website resmi Microsoft dengan mengunjungi laman berikut: https://www.microsoft.com/id-id/software-download/windows10ISO

Langkah 2: Siapkan Flashdisk kosong

Kemudian, Anda memerlukan flashdisk dengan kapasitas minimal 8 GB dan pastikan sudah kosong atau tidak terdapat data penting didalamnya.

Langkah 3: Format Flashdisk

Anda harus memformat flashdisk terlebih dahulu sebelum membuat media instalasi. Caranya dengan mengklik kanan flashdisk pada “My Computer” kemudian pilih “Format”. Pilih bahasa file system FAT32 atau NTFS. Jika sudah selesai melakukannya, klik “Start”.

Langkah 4: Menginstal Media Creation Tool

Unduh dan install Media Creation Tool di website resmi Microsoft. Setelah selesai, jalankan program tersebut.

Langkah 5: Pilih “Create installation media for another PC”

Pilih opsi “Create installation media for another PC” dan klik “Next”. Pilih bahasa, edisi, dan arsitektur sesuai kebutuhan Anda, kemudian klik “Next”.

Langkah 6: Pilih Media Instalasi

Pilih opsi “USB flash drive” dan klik “Next”. Terkoneksi dengan internet karena Media Creation Tool akan men-download file instalasi dari server Microsoft.

Langkah 7: Proses Pembuatan Media Instalasi

Langkah selanjutnya Media Creation Tool akan memulai proses pembuatan media instalasi. Proses ini akan memakan waktu beberapa saat tergantung kecepatan internet dan spesifikasi hardware Anda.

Langkah 8: Boot Komputer dengan Media Instalasi

Setelah selesai membuat media instalasi, colokkan flashdisk pada port USB pada komputer yang ingin Anda instal ulang. Lakukan pengaturan BIOS untuk booting melalui USB Flashdisk.

Langkah 9: Instalasi Windows 10

Setelah masuk pada instalasi Windows 10, ikuti langkah-langkah yang telah disebutkan pada bagian sebelumnya untuk menginstal Windows 10.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah Instalasi Ulang Windows 10 dengan Media Flashdisk Aman?

Jawaban: Ya, instalasi ulang Windows 10 dengan media flashdisk sangat aman. Namun, Anda harus memastikan bahwa flashdisk yang Anda gunakan bebas dari virus atau program jahat lainnya. Anda juga harus mem-backup data Anda sebelum memulai proses instalasi untuk menghindari kehilangan data penting.

Pertanyaan 2: Apakah Aktivasi Windows 10 Diperlukan?

Jawaban: Ya, Anda harus mengaktifkan salinan Windows 10 Anda setelah proses instalasi selesai. Anda dapat menggunakan kunci produk atau Windows 10 aktivator untuk mengaktifkan Windows 10 Anda.

Video Tutorial: Cara Mudah Install Windows 10 dengan Flashdisk

Kesimpulan

Demikianlah cara instal ulang Windows 10 dengan mudah dan aman. Pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan seksama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mem-backup data Anda sebelum memulai proses instalasi dan menggunakan kunci produk atau aktivator untuk mengaktivasi salinan Windows 10 Anda.