Cara Instal Windows Uefi Gpt

Saat ini, banyak orang yang seringkali melakukan instalasi sistem operasi yang berbeda pada perangkat mereka. Namun, tidak sedikit dari mereka yang mengalami masalah ketika memasang sistem operasi baru, seperti Windows 10 dengan sistem UEFI. Oleh karena itu, kami merangkum beberapa cara instal UEFI-GPT pada Windows 10 dan cara mengatasi masalah yang seringkali terjadi

Cara Instal Windows 10 dengan UEFI-GPT

Cara Instal Windows Uefi Gpt

Langkah pertama adalah dengan memilih opsi boot pada perangkat UEFI. Masuk ke BIOS dengan menekan tombol Fn atau F2 ketika perangkat mulai dipasang, dan pilihlah opsi penggunaan UEFI Boot agar proses instalasi dapat berjalan dengan lancar. Hal ini sangat penting karena tipe booting yang digunakan akan mempercepat kinerja perangkat serta memperkecil resiko kehilangan data.

Selanjutnya, pilih media instalasi yang Anda inginkan, seperti flash drive atau DVD installer dan pilih opsi UEFI sebagai opsi booting media. Tunggu beberapa saat, dan proses instalasi akan dimulai.

Ketika menu instalasi Windows 10 telah muncul, pilihlah opsi “Custom” dan carilah drive untuk menginstal sistem operasi. Pilih “New” dan ubah partisi menjadi GPT. Jika Anda tidak melihat opsi GPT, maka pastikan bahwa perangkat Anda mendukung GPT dan matikan saja HPET pada konfigurasi BIOS Anda agar GPT dapat digunakan.

Jika sudah, maka selanjutnya tinggal klik “Apply” dan “OK”, dan Windows 10 akan terinstal dengan menggunakan metode UEFI-GPT!

Cara Mengatasi Error: BIOS/Legacy Boot of UEFI-Only Media

Error BIOS/Legacy Boot of UEFI-Only Media

Banyak dari kita yang mengalami masalah ketika memasang sistem operasi baru, seperti Windows 10 dengan sistem UEFI. Masalah biasanya terjadi ketika Anda mencoba memasang sistem operasi baru yang menggunakan media UEFI pada perangkat berbasis BIOS.

Namun, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah BIOS/Legacy Boot of UEFI-Only Media:

Metode 1: Konfigurasi BIOS

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan masuk ke BIOS Anda. Carilah opsi Boot dan pastikan opsi UEFI hanya diaktifkan untuk boot device atau media yang digunakan.

Konfigurasi BIOS

Setelah itu, carilah opsi Enable Legacy Option ROMs dan pastikan opsi Secure Boot juga diaktifkan untuk mencegah terjadinya masalah yang tidak diinginkan. Jika Anda menggunakan sistem BIOS, maka pastikan bahwa mode booting yang digunakan adalah mode Legacy atau CSM.

Metode 2: Menggunakan Media yang Berbeda

Jika metode pertama tidak berhasil, maka Anda dapat menggunakan media instalasi yang berbeda. Pilihlah media instalasi atau boot drive yang didukung oleh BIOS Anda. Pasanglah instalasi baru dan pilihlah opsi Legacy Boot ketika diminta.

Setelah itu, ikuti saja proses instalasi seperti biasa dan pilih opsi yang sesuai tergantung pada kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk memilih opsi Legacy Boot ketika Anda menginstal sistem operasi baru.

FAQ

1. Apa itu UEFI-GPT dan apa perbedaannya dengan BIOS-MBR?

UEFI-GPT adalah sistem booting yang digunakan oleh Windows 10. Sistem ini memungkinkan pengguna untuk booting pada perangkat yang lebih cepat dan stabil. Sementara itu, BIOS-MBR adalah sistem booting lama, yang dapat digunakan pada perangkat lama atau baru. Perbedaan utama antara UEFI-GPT dan BIOS-MBR adalah tipe booting yang digunakan.

Baca Juga :  CARA INSTALL REALTEK HD AUDIO MANAGER WINDOWS 7

2. Bagaimana cara memastikan bahwa perangkat saya mendukung UEFI-GPT?

Untuk memastikan apakah perangkat Anda mendukung UEFI-GPT atau tidak, maka langkah pertama adalah dengan memeriksa spesifikasi perangkat Anda. Anda juga dapat melakukan pengecekan pada menu BIOS pada perangkat Anda. Jika ada opsi UEFI Boot, maka kemungkinan besar perangkat Anda mendukung UEFI-GPT.

Video Tutorial: Cara Install Windows 10 dengan UEFI-GPT

Itulah beberapa cara instal UEFI-GPT pada Windows 10 dan cara mengatasi masalah yang sering terjadi ketika memasang sistem operasi baru dengan menggunakan sistem UEFI-GPT. Selalu pastikan bahwa Anda melakukan langkah-langkah dengan hati-hati dan mempertimbangkan segala proses dengan matang agar tidak terjadi kesalahan yang dapat merugikan Anda.