Cara Instal Windows Masalah Partisi

Pernahkah kamu mengalami masalah pada partisi harddisk komputer kamu? Nah, pada artikel ini akan membahas tentang cara mengatasi masalah partisi pada Windows 10 tanpa harus melakukan instal ulang. Masalah partisi biasanya terjadi ketika kamu ingin menginstal ulang sistem operasi pada laptop atau komputer kamu, tetapi kamu tidak ingin menghapus atau kehilangan data atau program yang sudah terinstal sebelumnya. Nah, berikut adalah cara untuk menambah partisi pada Windows 10 tanpa harus melakukan instal ulang:

Cara Menambah Partisi C Windows 10 Tanpa Instal Ulang

1. Pertama-tama, kamu dapat membuka “Disk Management” dengan menekan tombol “Windows + X” pada keyboard, kemudian pilih “Disk Management”. Pada Disk Management, akan muncul tampilan seluruh partisi harddisk yang terdapat pada komputer kamu.

2. Pilih partisi yang ingin kamu ubah ukurannya, misalnya partisi C, lalu klik kanan pada partisi tersebut dan pilih “Shrink Volume”. Dalam memilih dan menentukan ukuran untuk partisi baru, kamu harus memperhitungkan kapasitas free space yang ada pada partisi yang ingin di-reduce. Pada contoh di atas, terdapat free space sebesar 9.96 GB pada partisi C.

3. Setelah kamu menentukan ukuran yang akan di-reduce, klik tombol “Shrink”. Proses reduksi partisi akan berjalan dalam waktu beberapa saat.

4. Selanjutnya, klik kanan pada unallocated space yang tadi telah kamu buat, lalu pilih “New Simple Volume”.

5. Pada wizard yang muncul, klik tombol “Next” untuk setiap tahapan yang diberikan, hingga kamu sampai pada tahapan “Assign Drive Letter or Path”.

6. Selanjutnya, kamu dapat memilih drive letter yang diinginkan, atau kamu bisa memilih pilihan “Do not assign a drive letter or drive path” jika kamu tidak ingin memberikan drive letter pada partisi baru. Klik tombol “Next” hingga kamu sampai pada tahapan “Format Partition”. Pada tahapan ini, kamu dapat memilih format file system untuk partisi baru, misalnya NTFS ataupun FAT32.

7. Setelah kamu melakukan format pada partisi baru, klik tombol “Next” untuk menyelesaikan proses pembuatan partisi baru.

8. Cek kembali pada Disk Management, partisi baru yang tadi kamu buat sudah dapat dilihat pada komputer kamu.

Cara Mengatasi Windows Tanpa Instal Ulang

1. Pertama-tama, kamu dapat mencoba untuk mengatasi masalah pada Windows dengan menggunakan fitur sistem restore. Dalam fitur ini kamu dapat memilih tanggal atau waktu sebelum masalah terjadi, kemudian sistem akan kembali ke waktu tersebut dan mengembalikan setingan sistem ke kondisi awal.

2. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan perintah “CHKDSK” untuk mengatasi masalah pada sistem operasi kamu. Perintah ini dapat mengecek kesalahan atau kerusakan pada sistem operasi tersebut. Untuk menggunakan perintah ini, kamu dapat membuka command prompt, kemudian ketik “CHKDSK C: /f /r /x”. Perintah ini akan mengecek harddisk dengan menggunakan perintah “F” untuk memperbaiki kesalahan, “R” untuk mencari bad sector, dan “X” untuk membatalkan semua proses pembacaan.

Videos Cara Menambah Partisi C Windows 10 Tanpa Instal Ulang

FAQ

1. Apakah partisi baru yang saya buat akan menghapus data yang ada pada partisi tersebut?

Tidak, proses pembuatan partisi baru tidak akan menghapus data yang terdapat pada partisi tersebut. Namun, pastikan kamu tidak meng-instal ulang sistem operasi pada partisi tersebut, karena hal ini akan membuat data atau program yang sudah ada sebelumnya hilang.

Baca Juga :  cara instal ulang windows 10 format gpt Cara mudah instal ulang windows 10 menggunakan flashdisk (2019)

2. Saya menggunakan Windows versi yang lebih lama, apakah cara yang sama dapat diterapkan pada Windows 7 atau Windows 8?

Iya, cara untuk menambah partisi atau mengatasi masalah partisi pada Windows 7 atau Windows 8 hampir sama dengan cara di atas. Namun, terdapat sedikit perbedaan dalam tampilan dan langkah-langkah pada fitur Disk Management.