CARA INSTAL WINDOWS 8.1 UPDATE KB2919355

Jika Anda ingin melakukan instalasi sistem operasi Windows 8.1 Pro, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Proses instalasi ini memerlukan beberapa persyaratan dan perangkat lunak tambahan untuk memastikan bahwa instalasi berjalan lancar dan berhasil tanpa kendala. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah yang perlu diikuti untuk memasang sistem operasi Windows 8.1 Pro dengan benar. Kami akan memberikan panduan dengan bahasa yang mudah dipahami dan langkah-langkah praktis untuk membantu Anda menginstal Windows 8.1 Pro dengan cepat dan efektif.

Langkah 1: Persiapkan persyaratan sistem

Sebelum memulai proses instalasi, pastikan bahwa sistem Anda memenuhi persyaratan minimum untuk menjalankan sistem operasi Windows 8.1 Pro. Berikut ini adalah persyaratan sistem yang harus dipenuhi:

  • Prosesor 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan dukungan PAE, NX, dan SSE2
  • RAM 1 gigabyte (GB) (32-bit) atau RAM 2 GB (64-bit)
  • Ruang hard disk 16 GB (32-bit) atau 20 GB (64-bit)
  • Kartu grafis DirectX 9 dengan driver WDDM 1.0 atau lebih tinggi

Jika komputer Anda tidak memenuhi persyaratan sistem ini, Anda perlu mengupgrade beberapa komponen atau mempertimbangkan opsi lain seperti instalasi versi Windows yang lebih lama atau meng-upgrade versi Windows yang sedang Anda gunakan. Jika sistem Anda memenuhi persyaratan minimum, maka Anda siap untuk memulai proses instalasi sistem operasi Windows 8.1 Pro.

Langkah 2: Download file ISO Windows 8.1 Pro dan buat media instalasi

Anda memerlukan file ISO dari sistem operasi Windows 8.1 Pro untuk memulai proses instalasi. File ISO ini dapat diunduh dari situs web Microsoft atau situs web lain yang menyediakan tautan langsung ke file ISO. Setelah Anda men-download file ISO, Anda dapat membuat media instalasi USB atau DVD untuk Anda gunakan pada proses instalasi. Untuk membuat media instalasi USB atau DVD, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti balenaEtcher atau Rufus.

Langkah 3: Siapkan perangkat lunak tambahan

Selain file ISO dan media instalasi, Anda juga memerlukan beberapa perangkat lunak tambahan untuk membantu proses instalasi berjalan lancar. Berikut adalah beberapa perangkat lunak tambahan yang perlu Anda download:

  • Bios update
  • Driver terbaru untuk perangkat keras Anda
  • Program anti-virus
  • Perangkat lunak pengaturan partisi seperti EaseUS Partition Master, AOMEI Partition Assistant
  • Perangkat lunak backup dan recovery seperti MiniTool Partition Wizard, Acronis True Image

Jika perangkat lunak tersebut tidak dimiliki, Anda perlu mencarinya di internet dan meng-install-nya secara manual. Dalam banyak kasus, driver terbaru untuk perangkat keras akan ditemukan ketika sistem operasi Windows 8.1 Pro dipasang tetapi pastikan Anda memiliki driver perangkat keras sebagai cadangan jika diperlukan.

Langkah 4: Boot dari media instalasi

Selanjutnya, pastikan bahwa media instalasi yang sudah dibuat di langkah kedua sudah di-mount atau terpasang pada komputer Anda. Kemudian pastikan bahwa sistem boot pada komputer telah diatur untuk menjalankan media instalasi tersebut. Anda dapat melakukan hal ini dengan masuk ke “BIOS” atau “UEFI” komputer dan mengatur opsi “Boot” untuk menjalankan USB atau DVD sebagai perangkat boot utama.

Langkah 5: Masuk ke proses instalasi

Setelah media instalasi dimuat, komputer Anda akan boot ke dalam menu instalasi. Pilih opsi “Install Now” dan ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan instalasi Windows 8.1 Pro:

  1. Ikuti layar instruksi untuk memasukkan kode produk Windows 8.1 Pro.
  2. Baca dan terima persyaratan lisensi pengguna akhir dan pilih opsi “Custom: Install Windows only (advanced)”.
  3. Pilih partisi hard disk atau partisi kosong dari daftar yang ditampilkan.
  4. Tekan tombol “Next” untuk memulai proses instalasi.
  5. Tunggu hingga instalasi selesai. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam tergantung pada kecepatan komputer Anda.
Baca Juga :  CARA INSTALL POWERSHELL DI WINDOWS 7

Langkah 6: Konfigurasi awal sistem

Setelah proses instalasi Windows 8.1 Pro selesai, maka Anda perlu melakukan beberapa konfigurasi untuk menyesuaikan sistem sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut adalah beberapa konfigurasi awal yang perlu Anda lakukan:

  • Buat akun pengguna
  • Pilih pengaturan terbaru sistem
  • Install driver perangkat keras
  • Install program perangkat lunak yang dibutuhkan.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah saya perlu menghapus data yang ada di hard disk sebelum memasang Windows 8.1 Pro?

Jawaban: Jika Anda ingin menjaga data yang ada di hard disk terpusat dan aman, maka Anda perlu mencari opsi backup data. Ada beberapa perangkat lunak backup dan recovery seperti MiniTool Partition Wizard, Acronis True Image. Pastikan Anda membackup semua data penting sebelum memulai instalasi baru untuk menghindari kehilangan data yang tidak perlu.

Pertanyaan 2: Apakah saya perlu menginstal semua driver setelah memasang Windows 8.1 Pro?

Jawaban: Ya, Anda perlu menginstal driver untuk semua perangkat keras Anda setelah memasang Windows 8.1 Pro. Drivers dapat didownload dari situs web produsen perangkat keras atau dalam beberapa kasus Windows 8.1 Pro akan mendeteksi setiap perangkat keras dan menginstal driver secara otomatis. Yakinlah bahwa driver terbaru untuk perangkat keras Anda sangat membantu menjaga kinerja sistem tetap lancar dan cepat.

Video: Cara Instal Windows 8.1 Pro

Berikut adalah video tutorial tentang cara menginstal sistem operasi Windows 8.1 Pro. Video ini diunggah di Youtube oleh salah satu pengguna internet dengan akun “Windows 8 Tutorials”. Video tutorial ini menjelaskan tentang langkah-langkah instalasi sistem operasi Windows 8.1 Pro dari awal hingga selesai.

Sekarang Anda sudah memiliki panduan yang tepat dan detail tentang cara instalasi Windows 8.1 Pro yang sukses. Pastikan Anda benar-benar memahami setiap langkah dan persyaratan yang diperlukan sebelum mulai proses instalasi. Selalu pastikan untuk membuat backup data terlebih dahulu sebelum memulai proses instalasi baru. Semoga artikel ini dapat membantu Anda berhasil menginstal Windows 8.1 Pro dengan mudah dan lancar.