CARA INSTAL WINDOWS 8.1 FLASHDISK USB JALAN TIKUS

Jika Anda ingin memasang atau memperbaiki Windows pada komputer Anda, sering kali menggunakan flashdisk adalah cara terbaik untuk melakukannya. Artikel ini akan memberikan panduan cara mudah memasang Windows menggunakan flashdisk, serta tips untuk memperbaiki masalah umum yang terkait dengan flashdisk, juga informasi tentang bagaimana mengajukan pertanyaan dan menjawab beberapa pertanyaan umum tentang topik ini.

Cara Mudah Instal Windows Menggunakan Flashdisk

Ada beberapa alasan mengapa menggunakan flashdisk adalah cara terbaik untuk memasang atau memperbaiki Windows Anda. Banyak komputer laptop yang tidak memiliki CD-Rom, sehingga tidak mungkin memasang Windows melalui CD. Selain itu, memasang Windows dari flashdisk jauh lebih cepat dibandingkan dari CD, biasanya hanya memakan waktu beberapa menit. Berikut adalah panduan cara mudah memasang Windows menggunakan flashdisk:

Langkah 1: Siapkan flashdisk dan file ISO

Pertama, Anda perlu menyediakan flashdisk yang memiliki kapasitas minimal 4GB. Pastikan untuk menyalin atau memindahkan semua file penting dari flashdisk ke tempat lain karena format flashdisk akan dihapus selama proses. Selanjutnya, Anda perlu mendownload file ISO dari Windows yang ingin diinstal. File ISO adalah file gambar dari seluruh disk instalasi Windows yang telah dikompresi menjadi satu file. Anda bisa mendownload file ISO dari situs web Microsoft.

Langkah 2: Membuat flashdisk bootable

Setelah file ISO diunduh, langkah selanjutnya adalah membuat flashdisk bootable dengan menggunakan sebuah program. Untuk membuat flashdisk bootable, Anda bisa menggunakan beberapa program gratis seperti Rufus, WinToFlash, atau Universal USB Installer. Pilih program yang Anda inginkan dan unduh dari situs web mereka.

Buka program yang telah Anda unduh dan sambungkan flashdisk ke komputer Anda. Pastikan flashdisk terdeteksi oleh komputer. Setelah itu, Anda perlu memilih file ISO yang telah diunduh, dan pilih flashdisk sebagai tempat untuk menyimpan file instalasi Windows. Pastikan bahwa semua pengaturan telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda dan klik tombol “create” atau “start” untuk memulai proses pembuatan flashdisk bootable. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran file ISO dan kecepatan flashdisk dan komputer Anda.

Langkah 3: Memasang Windows dari flashdisk

Setelah flashdisk bootable berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang Windows dari flashdisk. Sambungkan flashdisk ke komputer yang ingin diinstal dengan Windows dan pastikan bahwa booting dari flashdisk diaktifkan dalam pengaturan BIOS komputer Anda. Setelah itu, restart komputer dan ikuti instruksi pada layar untuk memasang Windows seperti biasa. Pastikan untuk memilih flashdisk sebagai tempat instalasi Windows dan ikuti instruksi pada layar untuk menyelesaikan proses instalasi.

Cara Memperbaiki Flashdisk Write Protected di Windows 7 dengan Mudah

Sering kali kita mengalami masalah dengan flashdisk, salah satunya adalah ketika flashdisk tiba-tiba menjadi write protected, dan kita tidak bisa melakukan apa pun termasuk memformat flashdisk. Berikut adalah cara mudah memperbaiki flashdisk write protected di Windows 7:

Langkah 1: Cek pengunci pada flashdisk

Beberapa flashdisk memiliki switch atau pengunci kecil di sampingnya yang dapat memungkinkan atau mencegah penulisan ke flashdisk. Pastikan bahwa switch atau pengunci tidak dalam posisi diaktifkan (on) ketika Anda mencoba menulis ke flashdisk. Jika switch dalam posisi aktif, geserlah ke posisi non aktif (off).

Langkah 2: Coba format menggunakan Command Prompt

Pastikan bahwa flashdisk Anda terhubung ke komputer dan buka Command Prompt. Caranya, klik tombol Start dan ketik “cmd” pada kotak pencarian. Klik kanan pada Command Prompt dan pilih “Run As Administrator”. Ketik “diskpart” pada baris perintah. Setiap perintah yang Anda ketik akan diselesaikan dengan menekan “Enter”. Setelah masuk ke Diskpart, ketik “list disk” untuk menampilkan daftar disk yang terhubung pada komputer Anda.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 8.1 FLASHDISK USB JALAN TIKUS RUFUS

Perhatikan jumlah disk yang terdaftar dan cari nomor disk yang sama dengan flashdisk Anda pada daftar. Setelah menemukannya, ketik “select disk x”, dimana x adalah nomor dari flashdisk Anda. Setelah disk flashdisk dipilih, ketik “attributes disk clear readonly” pada baris perintah. Perintah ini akan menghilangkan write protection pada flashdisk Anda.

Selanjutnya, ketik “clean” pada baris perintah untuk menghapus partisi apa pun pada flashdisk. Setelah proses itu selesai, ketik “create partition primary” untuk membuat partisi utama pada flashdisk dan ketik “format fs=ntfs quick” untuk memformat flashdisk ke sistem file NTFS. Setelah proses format selesai, ketik “exit” untuk keluar dari Diskpart.

Langkah 3: Coba software pihak ketiga

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, coba menggunakan software pihak ke-3 seperti ChipGenius, HD Tune, HP USB Disk Storage Format Tool, atau USB WriteProtector. Software ini dapat membantu memperbaiki berbagai masalah pada flashdisk, termasuk write protection, dan mengembalikan flashdisk ke kondisi awalnya. Namun, pastikan untuk mendownload software dari sumber terpercaya dan melakukan scan antivirus sebelum menginstalnya pada komputer Anda.

FAQ

Bagaimana cara menghindari flashdisk yang rusak?

Untuk menghindari flashdisk yang rusak, pastikan bahwa Anda melakukan tindakan preventif, seperti selalu menyimpan flashdisk pada tempat yang kering, hindari mematikan komputer atau mencabut flashdisk saat sedang transfer data, dan menggunakan antivirus terbaik untuk mencegah infeksi virus atau malware.

Apakah saya perlu membeli flashdisk berkualitas tinggi untuk memasang atau memperbaiki Windows?

Tidak selalu. Anda bisa menggunakan flashdisk murah dan biasa saja untuk memasang atau memperbaiki Windows. Namun, pastikan untuk selalu membeli flashdisk dari merek yang terpercaya dan menggunakan flashdisk yang memiliki kapasitas lebih besar dari kapasitas file ISO yang ingin Anda unduh. Selain itu, pilihlah flashdisk yang memiliki kecepatan transfer data lebih cepat, karena akan mempercepat proses instalasi atau perbaikan Windows.

Video Youtube

Berikut adalah video tutorial cara membuat flashdisk bootable dan memasang Windows menggunakan flashdisk: