CARA INSTAL WINDOWS 7 VIRTUALBOX 4.1.10

Jika Anda ingin mencoba menggunakan Windows 8 hanya untuk beberapa waktu atau hanya ingin mencoba beberapa fitur tanpa melakukan instalasi langsung pada PC Anda, maka VirtualBox adalah pilihan yang tepat untuk Anda. VirtualBox adalah aplikasi open-source yang memungkinkan Anda untuk membuat mesin virtual yang berjalan di dalam sistem operasi yang ada pada PC Anda. Proses instalasi Windows 8 di VirtualBox juga sangat mudah, dan dalam artikel ini, saya akan memberi tahu Anda langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk melakukan instalasi.

Langkah 1: Unduh dan Instal VirtualBox

CARA INSTAL WINDOWS 7 VIRTUALBOX 4.1.10

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal VirtualBox di PC Anda. Anda dapat mengunduh VirtualBox dari situs web resminya, www.virtualbox.org. Setelah mengunduh file instalasi, jalankan file tersebut dan ikuti petunjuk yang ditampilkan pada layar. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi VirtualBox.

Langkah 2: Membuat Mesin Virtual

Cara Instal Windows 8 Di VirtualBox

Setelah menginstal VirtualBox, langkah selanjutnya adalah membuat mesin virtual. Untuk melakukan itu, klik tombol “New” pada jendela utama aplikasi VirtualBox. Beri nama mesin virtual Anda, dan pastikan untuk memilih jenis sistem operasi yang ingin Anda instal. Dalam kasus ini, pilih “Windows 8” sebagai jenis sistem operasinya. Kemudian, pilih ukuran memori RAM yang ingin Anda sediakan untuk mesin virtual, dan klik “Next”.

Langkah 3: Buat Hard Disk Virtual

Langkah berikutnya adalah membuat hard disk virtual. Pilih opsi “Create a virtual hard disk now” dan klik “Create”. Pilih jenis hard disk virtual yang ingin Anda buat, dan lagi-lagi klik “Next”. Pilih ukuran dan lokasi untuk hard disk virtual Anda, dan klik “Create”.

Langkah 4: Konfigurasi Mesin Virtual

Setelah membuat mesin virtual dan hard disk virtual, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi mesin virtual Anda. Di jendela utama aplikasi VirtualBox, klik dua kali pada mesin virtual yang baru saja Anda buat untuk mengkonfigurasinya. Pilih tab “Storage” di jendela konfigurasi, dan buka opsi untuk “Empty” pada kolom “Controller: IDE”. Kemudian, klik pada tombol “Choose Virtual Optical Disk File”, dan pilih file ISO Windows 8 yang ingin Anda instal di mesin virtual Anda.

Langkah 5: Mulai Mesin Virtual

Setelah sepenuhnya mengkonfigurasi mesin virtual Anda, langkah terakhir adalah memulai mesin virtual dan memulai instalasi Windows 8. Klik tombol “Start” pada jendela utama aplikasi VirtualBox, dan Anda akan melihat mesin virtual Anda mulai berjalan. Ikuti langkah-langkah instalasi untuk menginstal Windows 8 pada mesin virtual Anda.

FAQ

Apakah saya memerlukan lisensi Windows 8 untuk menginstalnya di VirtualBox?

Ya, Anda masih memerlukan lisensi Windows 8. Meski Anda menginstal Windows 8 di mesin virtual, Anda masih harus memiliki lisensi yang valid untuk menggunakannya secara legal.

Apakah mesin virtual berjalan lebih lambat daripada menggunakan sistem operasi langsung pada PC?

Ya, mesin virtual biasanya berjalan lebih lambat daripada sistem operasi langsung pada PC Anda. Ini karena mesin virtual harus menggunakan sumber daya komputer untuk menjalankan sistem operasi, serta aplikasi dan program yang ditentukan.

Baca Juga :  Cara Install Windows 7 Dengan Flashdisk Ntldr

Ringkasan: Menginstal Windows 8 di VirtualBox adalah cara yang baik untuk mencoba atau menguji fitur-fiturnya tanpa melakukan instalasi langsung pada PC Anda. Langkah-langkahnya cukup mudah, dan dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat dengan mudah menginstal Windows 8 di mesin virtual. Meskipun mesin virtual biasanya berjalan lebih lambat daripada sistem operasi langsung pada PC Anda, itu masih merupakan cara yang baik dan mudah untuk mencoba Windows 8.