CARA INSTAL WINDOWS 7 PAKAI CD AWAL

Anda pasti sering mendengar istilah “instal ulang Windows”. Biasanya, tindakan tersebut dilakukan ketika sistem operasi Anda mengalami kesalahan atau kerusakan yang sulit diperbaiki oleh perbaikan biasa. Salah satu versi Windows yang masih banyak digunakan hingga saat ini adalah Windows 7, dan di artikel ini kami akan membahas cara instal ulang Windows 7 menggunakan CD dan flashdisk.

Cara Instal Windows 7 dengan CD

Langkah pertama adalah mempersiapkan CD instalasi Windows 7. Jika Anda tidak memiliki CD instalasi, Anda dapat mengunduh file ISO dari situs web Microsoft dan membakarnya ke dalam CD. Pastikan Anda memiliki kunci produk Windows 7 yang sah karena Anda akan memerlukannya selama instalasi. Setelah mempersiapkan semua yang dibutuhkan, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Masukkan CD instalasi Windows 7 ke dalam drive CD / DVD-ROM Anda.
  2. Restart komputer Anda dan tekan tombol yang ditunjukkan di layar untuk masuk ke boot menu. Biasanya tombol tersebut adalah F2, F10, atau Del, tergantung pada merek dan model komputer Anda.
  3. Pilih drive CD / DVD-ROM sebagai perangkat boot pertama. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari pengaturan BIOS.
  4. Komputer Anda akan boot dari CD instalasi Windows 7. Tunggu hingga muncul layar “Select Language and other preferences”. Pilih bahasa, format tanggal dan jam, dan opsi keyboard yang Anda inginkan, lalu klik “Next”.
  5. Di layar berikutnya, klik “Install Now” untuk memulai instalasi.
  6. Baca dan terima Persyaratan Lisensi, lalu klik “Next”.
  7. Pilih opsi “Custom (advanced)” karena Anda akan melakukan instalasi bersih. Pilih partisi sistem Anda yang akan dihapus dan klik “Delete”. Pilih partisi kosong atau buat partisi baru untuk instalasi, lalu klik “Next”.
  8. Instalasi Windows 7 akan dimulai. Tunggu hingga proses selesai. Komputer akan restart beberapa kali selama proses instalasi.
  9. Saat instalasi selesai, Anda akan diminta untuk mengatur nama pengguna dan kata sandi. Masukkan detail yang Anda inginkan dan klik “Next”.
  10. Pilih opsi “Use Recommended settings” untuk mengaktifkan update otomatis dan sistem keamanan.
  11. Masukkan kunci produk Windows 7 Anda dan klik “Next”.
  12. Tunggu hingga proses aktivasi selesai.
  13. Setelah proses aktivasi selesai, Windows 7 siap digunakan!

Cara Instal Windows 7 dengan Flashdisk

Jangan khawatir jika Anda tidak memiliki CD instalasi Windows 7 karena Anda dapat melakukan instalasi dengan bantuan flashdisk. Untuk membuat media instalasi flashdisk, Anda memerlukan file ISO instalasi Windows 7 dan software pembuat bootable flashdisk seperti Rufus atau WinToFlash. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Colokkan flashdisk Anda ke komputer dan pastikan Anda telah memindahkan semua file penting dari flashdisk Anda. Seluruh data pada flashdisk akan dihapus selama proses pembuatan bootable flashdisk.
  2. Unduh file ISO instalasi Windows 7 dari situs web resmi Microsoft.
  3. Unduh dan instal software pembuat bootable flashdisk seperti Rufus atau WinToFlash.
  4. Buka Rufus atau WinToFlash dan pilih file ISO instalasi Windows 7 yang telah Anda unduh.
  5. Pilih flashdisk Anda sebagai perangkat tujuan untuk membuat bootable flashdisk. Pastikan Anda telah memilih perangkat dengan benar karena seluruh data pada perangkat tersebut akan dihapus.
  6. Klik “Start” untuk memulai pembuatan bootable flashdisk.
  7. Tunggu hingga proses selesai. Komputer Anda sekarang siap untuk melakukan instalasi Windows 7 menggunakan flashdisk sebagai media instalasi. Pastikan booting melalui USB sudah diaktifkan.
  8. Restart komputer Anda dan tekan tombol yang ditunjukkan di layar untuk masuk ke boot menu. Pilih flashdisk sebagai perangkat boot pertama. Tekan F10 untuk menyimpan pengaturan dan keluar dari pengaturan BIOS.
  9. Anda akan masuk ke layar instalasi Windows 7. Ikuti langkah-langkah pada bagian sebelumnya untuk menginstal Windows 7 menggunakan CD.
Baca Juga :  CARA MEMBUKA APLIKASI WINDOWS 8

FAQ

1. Apa bedanya instalasi bersih (clean install) dengan instalasi upgrade?

Instalasi bersih menghapus seluruh data dan pengaturan yang ada pada komputer Anda sebelum instalasi sistem operasi yang baru. Hal ini memastikan bahwa sistem operasi baru diinstal pada sistem yang bersih dan bekerja secara optimal. Instalasi upgrade, di sisi lain, mempertahankan seluruh data dan pengaturan yang telah ada sebelum instalasi sistem operasi baru. Instalasi upgrade lebih mudah dilakukan namun sistem operasi yang dihasilkan mungkin tidak berjalan dengan optimal karena masih terdapat file atau pengaturan lama yang tidak sesuai dengan sistem operasi baru.

2. Apakah kunci produk Windows 7 masih dapat digunakan?

Meski Windows 7 sudah tidak lagi mendapatkan dukungan dari Microsoft, Anda masih dapat menggunakan kunci produk Windows 7 Anda untuk menginstal sistem operasi di komputer lain, asalkan kunci produk tersebut adalah kunci produk yang sah. Namun, karena Windows 7 tidak lagi mendapatkan update keamanan, Microsoft merekomendasikan penggantian sistem operasi menjadi yang lebih baru untuk menjaga keamanan komputer Anda.

Video Tutorial: Cara Instal Windows 7 Lengkap dengan CD dan Flashdisk

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sekarang dapat melakukan instal ulang sistem operasi Anda dengan mudah. Pastikan Anda mempersiapkan semua yang dibutuhkan, seperti CD instalasi atau file ISO dan kunci produk Windows yang sah. Ingatlah untuk memilih instalasi bersih untuk hasil yang optimal dan menjaga keamanan komputer Anda dengan sistem operasi yang selalu diupdate keamanannya. Terima kasih telah membaca artikel ini dan semoga bermanfaat!