CARA INSTAL ULANG WINDOWS 7 DENGAN FLASHDISK TANPA SOFTWARE

Jika Anda mengalami masalah pada komputer atau laptop Anda dan ternyata harus melakukan install ulang Windows 7, maka tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara mudah yang dapat dilakukan. Install ulang Windows 7 mungkin terdengar terlalu rumit, tetapi sebenarnya cukup mudah bahkan bagi orang yang tidak mengerti teknologi sekalipun. Berikut adalah beberapa cara mudah yang dapat Anda lakukan.

Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan CD/DVD

CARA INSTAL ULANG WINDOWS 7 DENGAN FLASHDISK TANPA SOFTWARE

Jika Anda memiliki CD/DVD instalasi Windows 7, maka cara ini dapat sangat mudah untuk dilakukan.

  1. Masukkan CD/DVD instalasi Windows 7 ke dalam drive komputer Anda.
  2. Nyalakan komputer/laptop Anda dan tekan tombol yang muncul di layar untuk masuk ke BIOS atau boot menu. Biasanya tombol yang harus ditekan adalah F2 atau Del. Setelah masuk ke dalam BIOS, pastikan bahwa pengaturan boot order sudah benar, sehingga CD/DVD akan dibaca terlebih dahulu.
  3. Tunggu hingga muncul layar instalasi Windows 7. Pilih bahasa yang Anda inginkan dan klik “Next”.
  4. Kemudian klik “Install Now”.
  5. Setuju dengan persyaratan lisensi dan klik “Next”.
  6. Pilih opsi “Custom (Advanced)” dan klik “Next”.
  7. Pilih partisi yang ingin Anda instal Windows 7 dan klik “Next”. Jika Anda ingin membuat partisi baru, klik “New” dan masukkan ukuran partisi yang diinginkan.
  8. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, komputer akan restart otomatis dan Windows 7 sudah berhasil diinstal ulang.

Cara Instal Ulang Windows 7 Menggunakan Flashdisk

cara instal ulang windows 7 menggunakan flashdisk

Jika Anda tidak memiliki CD/DVD instalasi Windows 7, maka cara instal ulang menggunakan flashdisk mungkin lebih mudah dan cepat.

  1. Unduh file ISO instalasi Windows 7 dari situs resmi Microsoft.
  2. Unduh dan instal aplikasi Rufus di komputer Anda.
  3. Sambungkan flashdisk ke komputer dan buka aplikasi Rufus.
  4. Pilih flashdisk yang akan Anda gunakan dan pastikan bahwa pengaturan di bawah opsi “Partition scheme” adalah “MBR”. Kemudian klik “Start”.
  5. Tunggu hingga selesai dan cabut flashdisk dari komputer.
  6. Colok flashdisk ke komputer/laptop yang ingin diinstal ulang.
  7. Start komputer/laptop dan tekan tombol yang muncul di layar untuk masuk ke BIOS atau boot menu. Biasanya tombol yang harus ditekan adalah F2 atau Del. Setelah masuk ke dalam BIOS, pastikan bahwa pengaturan boot order sudah benar, sehingga flashdisk akan dibaca terlebih dahulu.
  8. Tunggu hingga muncul layar instalasi Windows 7. Pilih bahasa yang Anda inginkan dan klik “Next”.
  9. Kemudian klik “Install Now”.
  10. Setuju dengan persyaratan lisensi dan klik “Next”.
  11. Pilih opsi “Custom (Advanced)” dan klik “Next”.
  12. Pilih partisi yang ingin Anda instal Windows 7 dan klik “Next”. Jika Anda ingin membuat partisi baru, klik “New” dan masukkan ukuran partisi yang diinginkan.
  13. Tunggu hingga proses instalasi selesai. Setelah selesai, komputer akan restart otomatis dan Windows 7 sudah berhasil diinstal ulang.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah data saya akan hilang saat melakukan install ulang Windows 7?

Jawaban: Ya, data yang ada di dalam komputer/laptop Anda akan hilang karena seluruh partisi akan dihapus selama proses instalasi. Oleh karena itu, pastikan untuk membackup seluruh data penting sebelum melakukan install ulang.

Baca Juga :  CARA MEMPERCEPAT APLIKASI WINDOWS 10

Pertanyaan 2: Apakah diperlukan activator atau serial key saat melakukan install ulang Windows 7?

Jawaban: Ya, setelah proses instalasi selesai, Anda harus mengaktifkan Windows 7 dengan menggunakan serial key yang dimiliki. Jika tidak memiliki serial key, maka dapat menggunakan activator yang tersedia di internet, tetapi sebaiknya hindari menggunakan activator ilegal karena dapat membahayakan komputer dan melanggar hukum.

Video Tutorial

Jadi, itulah beberapa cara mudah untuk melakukan install ulang Windows 7. Jika masih mengalami masalah atau kesulitan, sebaiknya konsultasikan ke teknisi komputer atau cari tutorial lebih lanjut di internet.