Cara Instal Corel Draw 12 Di Windows 10

CorelDRAW adalah salah satu software desain grafis yang paling populer di dunia, digunakan oleh jutaan orang untuk membuat segala macam desain, mulai dari membuat logo hingga desain brosur dan kartu nama. Namun, bagi beberapa orang, menginstal CorelDRAW bisa menjadi sesuatu yang menakutkan dan membingungkan. Jangan khawatir, di sini kami akan membahas cara instal CorelDRAW secara lengkap dan mudah dipahami.

Cara Instal Corel Draw 12 Di Windows 10
Cara Instal CorelDRAW

Bagi pemula yang belum pernah menginstal CorelDRAW sebelumnya, hal ini bisa menjadi sedikit menakutkan karena ada berbagai opsi dan langkah yang harus ditempuh. Namun, jika Anda mengikuti panduan ini dengan seksama, Anda akan berhasil menginstal CorelDRAW dengan mudah. Perlu diingat, panduan ini dikhususkan untuk instalasi CorelDRAW X8 pada sistem operasi Windows.

Langkah 1: Download CorelDRAW X8

Langkah pertama dalam menginstal CorelDRAW adalah mengunduh programnya. Buka browser Anda dan kunjungi situs resmi CorelDRAW untuk mengunduh software. Pastikan Anda mengunduh file instalasi yang sesuai dengan sistem operasi komputer Anda. Setelah selesai mengunduh, file instalasi CorelDRAW akan tersimpan di folder download komputer Anda.

Langkah 2: Ekstrak File Instalasi CorelDRAW

Jalankan file instalasi CorelDRAW yang sudah Anda download sebelumnya. Kemudian, ekstrak file instalasi CorelDRAW dengan mengklik tombol unzip. Proses pengunduhan dan ekstraksi file akan membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah itu, Anda akan melihat sebuah jendela baru di layar komputer Anda.

Langkah 3: Pilih Bahasa Instalasi

Pada jendela instalasi CorelDRAW, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan selama proses instalasi. Pilih bahasa yang Anda inginkan, kemudian klik tombol “OK”.

Langkah 4: Menerima Syarat dan Ketentuan

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk membaca dan menerima syarat dan ketentuan dari CorelDRAW. Pastikan Anda membaca dengan seksama dan memahami syarat dan ketentuan tersebut sebelum menerima. Jika Anda tidak setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut, Anda tidak akan dapat melanjutkan proses instalasi.

Langkah 5: Pilih Jenis Instalasi

Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi yang ingin Anda lakukan. Pilih opsi “Typical” untuk instalasi standar atau opsi “Custom” jika Anda ingin melakukan instalasi yang disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 6: Pilih Komponen yang Ingin Diinstal

Jika Anda memilih opsi “Custom” pada langkah sebelumnya, pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk memilih komponen CorelDRAW X8 yang ingin Anda instal. Jika Anda memilih opsi “Typical”, opsi ini akan dilewati dan instalasi akan dijalankan secara otomatis dengan menginstal semua komponen.

Langkah 7: Pilih Lokasi Instalasi

Pada halaman selanjutnya, Anda diminta untuk memilih lokasi folder tempat menginstal CorelDRAW X8. Anda juga bisa memilih opsi “Upgrade Previous Versions” jika ingin melakukan upgrade versi CorelDRAW yang lama. Jika Anda tidak ingin menginstal CorelDRAW di lokasi yang ditunjukkan, Anda dapat memilih opsi “Browse” dan memilih lokasi folder yang diinginkan.

Langkah 8: Mulai Proses Instalasi

Setelah secara benar memilih lokasi instalasi, klik tombol “Install” untuk memulai proses instalasi CorelDRAW. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada spesifikasi komputer Anda.

Langkah 9: Aktifkan CorelDRAW

Setelah selesai menginstal CorelDRAW X8, Anda dapat memulai program ini dengan klik tombol “Finish”. Namun, sebelum bisa menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya, buka CorelDRAW X8 dan pilih opsi “Activate Now”. Kemudian, masukkan nomor serial yang diberikan kepada Anda saat membeli software CorelDRAW X8.

Cara Instal CorelDRAW X7
Cara Instal CorelDRAW X7

Jika Anda memiliki versi CorelDRAW yang lebih lama, misalnya CorelDRAW X7, Anda bisa mengikuti panduan ini untuk menginstal software tersebut secara lengkap dan benar.

Baca Juga :  Cara Membuat Ftp Di Windows Server 2012

Langkah 1: Download CorelDRAW X7

Seperti saat menginstal CorelDRAW X8, langkah pertama saat menginstal CorelDRAW X7 adalah dengan mengunduh programnya terlebih dahulu. Buka browser Anda dan kunjungi situs resmi CorelDRAW X7 untuk mengunduh software. Pastikan Anda mengunduh file instalasi yang sesuai dengan sistem operasi Windows Anda.

Langkah 2: Ekstrak File Instalasi CorelDRAW

Jalankan file instalasi CorelDRAW X7 yang sudah Anda download sebelumnya. Kemudian, ekstrak file instalasi CorelDRAW X7 dengan mengklik tombol unzip. Proses pengunduhan dan ekstraksi file akan membutuhkan waktu beberapa menit. Setelah itu, Anda akan melihat sebuah jendela baru di layar komputer Anda.

Langkah 3: Pilih Bahasa Instalasi

Pada jendela instalasi CorelDRAW X7, Anda akan diminta untuk memilih bahasa yang akan digunakan selama proses instalasi. Pilih bahasa yang Anda inginkan, kemudian klik tombol “OK”.

Langkah 4: Menerima Syarat dan Ketentuan

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk membaca dan menerima syarat dan ketentuan dari CorelDRAW X7. Pastikan Anda membaca dengan seksama dan memahami syarat dan ketentuan tersebut sebelum menerima. Jika Anda tidak setuju dengan syarat dan ketentuan tersebut, Anda tidak akan dapat melanjutkan proses instalasi.

Langkah 5: Pilih Jenis Instalasi

Pada halaman selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis instalasi yang ingin Anda lakukan. Pilih opsi “Typical” untuk instalasi standar atau opsi “Custom” jika Anda ingin melakukan instalasi yang disesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Langkah 6: Pilih Komponen yang Ingin Diinstal

Jika Anda memilih opsi “Custom” pada langkah sebelumnya, pada halaman berikutnya Anda akan diminta untuk memilih komponen CorelDRAW X7 yang ingin Anda instal. Jika Anda memilih opsi “Typical”, opsi ini akan dilewati dan instalasi akan dijalankan secara otomatis dengan menginstal semua komponen.

Langkah 7: Pilih Lokasi Instalasi

Pada halaman selanjutnya, Anda diminta untuk memilih lokasi folder tempat menginstal CorelDRAW X7. Anda juga bisa memilih opsi “Upgrade Previous Versions” jika ingin melakukan upgrade versi CorelDRAW yang lama. Jika Anda tidak ingin menginstal CorelDRAW di lokasi yang ditunjukkan, Anda dapat memilih opsi “Browse” dan memilih lokasi folder yang diinginkan.

Langkah 8: Mulai Proses Instalasi

Setelah secara benar memilih lokasi instalasi, klik tombol “Install” untuk memulai proses instalasi CorelDRAW X7. Proses instalasi akan memakan waktu beberapa menit tergantung pada spesifikasi komputer Anda.

Langkah 9: Aktifkan CorelDRAW

Setelah selesai menginstal CorelDRAW X7, Anda dapat memulai program ini dengan klik tombol “Finish”. Namun, sebelum bisa menggunakannya, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Caranya, buka CorelDRAW X7 dan pilih opsi “Activate Now”. Kemudian, masukkan nomor serial yang diberikan kepada Anda saat membeli software CorelDRAW X7.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa bedanya CorelDRAW X7 dan X8?

CorelDRAW X8 adalah versi CorelDRAW terbaru yang dirilis setelah CorelDRAW X7. Meskipun keduanya memiliki fitur yang sama, CorelDRAW X8 memiliki kelebihan dalam beberapa aspek, seperti kemampuan sebelumnya dalam pengolahan font dan jenis huruf.

2. Apa perbedaan antara CorelDRAW dan Adobe Illustrator?

CorelDRAW dan Adobe Illustrator adalah dua software desain grafis yang paling populer di dunia. Keduanya memiliki kemampuan yang sama, namun memiliki perbedaan dalam hal tampilan dan penggunaan.

Secara umum, CorelDRAW memberikan kesan yang lebih sederhana dan mudah digunakan, sedangkan Adobe Illustrator lebih fokus pada kinerja tinggi dan penggunaan yang lebih kompleks. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi personal pengguna.

Video Tutorial: Cara Menginstal CorelDRAW X8

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara menginstal CorelDRAW X8 yang bisa membantu Anda untuk lebih memahami langkah-langkahnya secara visual:

Dengan mengikuti panduan-panduan di atas dan FAQ-nya, Anda sekarang sudah bisa menginstal CorelDRAW dengan mudah dan benar. Selamat mencoba!