Cara Instal Android Di Laptop Windows 7 Ringan

Android merupakan sistem operasi yang sangat popular pada perangkat telepon pintar diseluruh dunia karena mudah digunakan, memiliki fitur lengkap dan tersedia di berbagai merek dan tipe perangkat. Namun, bagi sebagian orang yang ingin merasakan pengalaman menggunakan sistem operasi Android pada laptop atau PC, terkadang masih bingung tentang bagaimana cara untuk menginstallnya. Berikut adalah langkah-langkah cara untuk menginstall sistem operasi Android pada laptop/windows.

Cara Install Android di Laptop Windows Step by Step

Sebelum memulai langkah-langkah ini, persiapkan perangkat yang akan digunakan dengan spesifikasi minimum sebagai berikut:

  • Prosesor: Intel Pentium 1.6GHz Dual-Core atau lebih tinggi
  • RAM: 2GB atau lebih tinggi
  • Ruang kosong pada hard disk minimal 16 GB
  • Driver grafik yang kompatibel dengan DirectX 9 atau OpenGL 3.0

Langkah 1: Download Emulator Android Studio

Pertama-tama, unduh emulator Android Studio melalui website resminya (https://developer.android.com/studio). Setelah berhasil diunduh, lakukan instalasi program emulator tersebut pada laptop/windows. Pastikan untuk memberikan hak akses pada aplikasi ini untuk menginstall beberapa komponen pendukung.

Langkah 2: Buat Project Emulator Android

Setelah proses instalasi selesai, buka program Android Studio dan klik “Start a new Android Studio project”. Pada bagian project configuration, pilih “Phone and Tablet” pada pane yang terdapat pada sebelah kiri layar yang akan menampilkan “New Project” dialog. Pada dialog tersebut, pilih “Empty Activity” untuk membuat project baru tanpa konten khusus.

Pada proses pembuatan project, pengguna dapat memilih nama project dan lokasi penyimpanannya. Selanjutnya, klik tombol “Finish” untuk menyelesaikan proses pembuatan project tersebut.

Langkah 3: Buat Virtual Device

Setelah project sudah berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat virtual device untuk memungkinkan emulator Android berjalan pada laptop/windows. Klik menu “Tools”, lalu pilih “Android” dan kemudian masuk ke “AVD Manager”. Pada tampilan AVD Manager, klik “Create AVD” dan pilih jenis device yang diinginkan dan gambar sistem operasi yang akan digunakan (biasanya tersedia dalam beberapa pilihan).

Setelah itu, pilih konfigurasi emulator yang diinginkan seperti RAM, capacitor, dan lain-lain, kemudian klik “Finish” untuk menyelesaikan konfigurasi virtual device tersebut.

Langkah 4: Menginstall Sistem Operasi Android pada Laptop/Windows Anda

Dalam langkah ini, emulator Android Studio akan membuka virtual device yang telah dibuat sebelumnya dan akan menginstall sistem operasi Android secara otomatis. Seperti halnya dengan menginstall sistem operasi pada perangkat Android lainnya, pengguna harus menyetujui beberapa persyaratan dan melakukan beberapa pengaturan sederhana pada konfigurasi emulator tersebut.

Selama proses penginstalan,tidak dianjurkan untuk mengoperasikan aplikasi lain atau menyambungkan perangkat eksternal ke dalam laptop/windows untuk memastikan proses instalasi berjalan lancar. Setelah proses instalasi selesai, emulator tersebut siap digunakan.

Cara Install SDK Android Studio Offline Januari 2019

Langkah-langkah berikut ini adalah cara menginstall SDK Android Studio secara offline. Secara default, Android Studio akan mengunduh paket SDK terbaru dari server Google, tetapi kita juga dapat menginstal SDK secara offline jika tidak ingin menggunakan koneksi internet untuk mengunduh paket SDK tersebut.

Langkah 1: Download SDK Offline

Buka browser internet dan unduh file SDK offline dengan masuk ke https://developer.android.com/studio. Pilih “Download Options” pada tampilan awal, kemudian pilih “Command line tools only” untuk mendownload SDK offline saja.

Baca Juga :  Cara Membuat Windows Installer Di Flashdisk

Langkah 2: Buka Directories SDK Manager

Selanjutnya, buka Android Studio dan klik menu “File” di bagian atas layar. Pilih “Settings” kemudian masuk ke “Appearance and Behavior” dan pilih “Directories”. Pada kotak direktori yang muncul, carilah icon “SDK” dan tekan tombol “Edit” untuk membuka kotak dialog pengaturan.

Langkah 3: Set Direktori SDK Offline

Pada kotak pengaturan SDK, scroll ke bawah dan pilih “Android SDK Location”. Klik tombol “Browse” untuk mencari lokasi folder SDK offline yang sudah diunduh sebelumnya. Setelah file berhasil ditemukan, klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan tersebut.

Langkah 4: Update Packages SDK Offline

Pada tampilan Android Studio yang utama, klik menu “Tools” pada bagian atas layar dan pilih “SDK Manager”. Disini, pengguna dapat melihat paket SDK baru yang tersedia untuk update. Jika pengguna ingin menginstall paket tersebut, cukup membuat ceklis pada nama paket yang diinginkan dan klik tombol “Apply” untuk memulai penginstallan paket.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa keuntungan menginstall sistem operasi Android pada Laptop/Windows?

Jawaban: Salah satu keuntungan terbesar dari menginstall sistem operasi Android pada laptop/windows adalah untuk memfasilitasi sejumlah aplikasi yang tidak dapat dijalankan pada sistem operasi lain. Beberapa aplikasi Android seperti Instagram, Snapchat dan Messenger dapat lebih mudah dikelola melalui penggunaan mouse dan keyboard pada laptop/windows secara nyaman.

Pertanyaan 2: Apa nilai tambah dari cara menginstall SDK offline?

Jawaban: Menginstal SDK offline memungkinkan pengguna untuk menggunakan koneksi internet yang lebih cepat dan membuat proses instalasi lebih mudah. Selain itu, pengguna juga dapat melakukan penginstalan di komputer yang tidak terhubung ke internet tanpa khawatir akan terputus.

Video Tutorial Cara Install Android di Laptop Windows