CARA INSERT FOTO VBA EXCEL DARI FILE

Komunitas software terus berkembang dengan inovasi-inovasi yang mendukung kebutuhan pengguna. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan VBA dalam Excel. VBA atau Visual Basic for Applications adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program dalam Microsoft Office, termasuk Excel. Dalam artikel kali ini, akan dibahas mengenai cara menyimpan program VBA dalam Excel, cara insert foto ke tabel database dengan macro VBA Excel, cara mengaktifkan VBA di Excel 2013, cara membuat file baru MS Word dari Excel dengan macro VBA, dan cara menggunakan VBA di Excel 2010.

Cara Menyimpan Program VBA dalam Excel

CARA INSERT FOTO VBA EXCEL DARI FILE

Program VBA dalam Excel dapat disimpan dengan mudah. Simak cara-cara berikut:

  1. Buka Microsoft Excel dan klik Alt + F11 untuk membuka Visual Basic.
  2. Pilih Project Explorer atau tekan Ctrl + R untuk menampilkannya.
  3. Pilih file yang ingin disimpan. Kemudian klik File > Export File.
  4. Selanjutnya, tentukan direktori dan nama file yang ingin disimpan.
  5. Klik Save dan program VBA dalam Excel berhasil disimpan.

Cara Insert Foto Ke Tabel Database Dengan Macro Vba Excel

Insert foto ke tabel database dengan macro VBA Excel

Saat membuat database dalam Excel, seringkali diperlukan insert foto ke tabel database. Hal ini dapat dilakukan dengan sangat mudah menggunakan macro VBA Excel. Berikut adalah cara-cara insert foto ke tabel database dengan macro VBA Excel:

  1. Buka file Excel yang ingin diinsert foto ke tabel database.
  2. Klik Alt + F11 untuk membuka Visual Basic. Kemudian pilih Insert > Userform.
  3. Tambahkan dua buah label, dua text box, satu buah command button, dan satu buah picture box pada Userform yang telah dibuat sebelumnya.
  4. Buka module dan tulis kode VBA sebagai berikut:

    Private Sub CommandButton1_Click()
    Dim xlcon As ADODB.Connection
    Set xlcon = New ADODB.Connection
    Dim adors As ADODB.Recordset
    Set adors = New ADODB.Recordset

    Call koneksi

    adors.Open “Insert into table values(‘” & TextBox1.Value & “‘,'” & TextBox2.Value & “‘,'” & Picture1.Value & “‘)”, xlcon, adOpenKeyset, adLockOptimistic
    Unload Me
    End Sub

    Private Sub CommandButton2_Click()
    Unload Me
    End Sub

    Public Sub koneksi()
    Set xlcon = New ADODB.Connection
    xlcon.CursorLocation = adUseClient
    xlcon.ConnectionString = “Provider=Microsoft.Jet.OLEDB.4.0;Data Source=” & ThisWorkbook.FullName & “;Extended Properties=’Excel 8.0;HDR=Yes;IMEX=1;'”
    xlcon.Open
    End Sub

    Private Sub CommandButton3_Click()
    Dim fDialog As FileDialog
    Set fDialog = Application.FileDialog(msoFileDialogFilePicker)
    fDialog.Filters.Clear
    fDialog.Filters.Add “Images”, “*.gif; *.jpg; *.jpeg; *.bmp; *.tif; *.tiff”
    fDialog.AllowMultiSelect = False
    If fDialog.Show = True Then
    Picture1.Picture = LoadPicture(fDialog.SelectedItems(1))
    Else: Exit Sub
    End If
    End Sub

  5. Buka kembali Userform dan klik Run atau F5 pada keyboard untuk menjalankan program.
  6. Isi data sesuai dengan kebutuhan dan pilih foto yang akan diinsert ke tabel database.
  7. Klik command button untuk insert data dan foto ke tabel database.
  8. Data dan foto berhasil ditambahkan ke tabel database.
Baca Juga :  Cara Membuat Garis Lurus Yang Bagus Di Excel

Cara Mengaktifkan VBA Di Excel 2013

Mengaktifkan VBA di Excel 2013

Untuk mengaktifkan VBA di Excel 2013, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Excel 2013 dan klik File > Options.
  2. Pilih Trust Center pada menu sebelah kiri.
  3. Klik Trust Center Settings pada menu Truth Center.
  4. Pilih Macro Settings pada menu Trust Center.
  5. Cheklist Enable all macros dan pilih Trust access to the VBA project object model.
  6. Klik OK dan pengaturan VBA di Excel 2013 berhasil diaktifkan.

Cara Membuat File Baru MS Word Dari Excel Dengan Macro VBA

Membuat file baru MS Word dari Excel dengan macro VBA

Dalam pekerjaan sehari-hari, seringkali membuat dokumen baru dalam Microsoft Word. Namun, proses ini dapat dipermudah dengan membuka dokumen baru langsung dari Excel menggunakan macro VBA. Berikut adalah langkah-langkah membuat file baru MS Word dari Excel dengan macro VBA:

  1. Buka file Excel yang ingin dibuat dokumen baru MS Word.
  2. Klik Alt + F11 untuk membuka Visual Basic.
  3. Pilih Insert > Module dan tuliskan kode VBA sebagai berikut:
    Sub word()
    Dim oWord As Object
    Dim oDoc As Object

    Set oWord = CreateObject(“Word.Application”)
    Set oDoc = oWord.Documents.Add

    oWord.Visible = True
    oDoc.Activate
    End Sub

  4. Selanjutnya, klik F5 pada keyboard atau klik Run untuk menjalankan program.
  5. File MS Word baru akan terbuka dengan otomatis di layar.
  6. Ubah nama dan simpan file tersebut.
  7. File MS Word baru dari Excel berhasil dibuat.

Cara Menggunakan VBA Di Excel 2010

Menggunakan VBA di Excel 2010

Untuk menggunakan VBA di Excel 2010, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Excel 2010 dan klik File > Options.
  2. Pilih Customize Ribbon pada menu sebelah kiri.
  3. Pilih Developer pada customize the ribbon.
  4. Cheklist Developer pada list box untuk menambah tab Developer pada ribbon Excel.
  5. Klik OK dan tab Developer akan terlihat di ribbon Excel 2010.
  6. Klik tab Developer dan pilih Visual Basic pada menu Developer.
  7. Visual Basic for Applications akan terbuka dan siap digunakan di Excel 2010.
Baca Juga :  CARA COPY RUMUS EXCEL KE FILE LAIN

FAQ

Apa itu VBA?

VBA atau Visual Basic for Applications adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat program dalam Microsoft Office, termasuk Excel.

Apakah VBA sulit dipelajari?

Untuk orang yang baru belajar pemrograman, VBA mungkin akan sedikit sulit dipelajari. Namun, dengan berlatih dan memahami konsep dasar pemrograman, VBA dapat dipahami dengan mudah dan digunakan untuk memudahkan pekerjaan dalam Microsoft Office.