CARA IMPORT DATA EXCEL KE CSV

Belajar cara import data dari Excel ke dalam database MySQL atau PostgreSQL bisa memberikan manfaat yang besar bagi para pengelola database. Hal ini akan memudahkan mereka dalam memasukkan data dalam jumlah besar ke dalam tabel database. Selain itu, dengan memahami cara import data dari Excel ke dalam database, mereka juga bisa memperbesar efisiensi dan efektivitas pemrosesan data di perusahaan mereka.

Namun, sebelum kita membahas cara import data dari Excel ke dalam database, penting untuk memahami terlebih dahulu apa itu Excel dan database.

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang populer dikembangkan oleh Microsoft. Aplikasi ini sering kali digunakan untuk memasukkan data dan menghitung angka pada tabel yang dibuat. Sedangkan database merupakan sistem yang digunakan untuk menyimpan, mengelola, dan memperbaharui informasi secara elektronik.

Dalam dunia bisnis, database dipakai sebagai alat transaksi yang menyimpan informasi termasuk data barang, karyawan, dan pelanggan. Database juga menjadi alat pekerjaan yang dapat menyelesaikan masalah bisnis.

Nah, selanjutnya mari kita pelajari bagaimana cara import data Excel ke dalam database MySQL atau PostgreSQL.

**Cara Import Data Excel ke MySQL**

MySQL merupakan rDBMS (Relational Database Management System) atau sistem manajemen basis data relasional terbesar dan paling populer saat ini. MySQL dikenal membantu memperbesar skala aplikasi yang berorientasi pada data yang besar dan cocok untuk penggunaan pada proyek perangkat lunak.

Berikut adalah tahapan cara import data Excel ke dalam database MySQL:

1. Buka panel phpMyAdmin di browser, kemudian pilih database yang akan menjadi tempat penyimpanan data.

2. Kemudian, klik tombol “Impor” di panel phpMyAdmin untuk membuka jendela impor.

3. Pilih file Excel (.xls atau .xlsx) yang akan di impor dengan mengklik tombol “Choose file”. Setelah itu, klik tombol “Go” di bagian paling bawah.

4. Jika sukses, maka akan muncul pesan “Import has been successfully finished, xx queries executed.” lengkap dengan jumlah data yang berhasil diimpor dan jumlah query yang dieksekusi.

**Cara Import Data Excel ke PostgreSQL**

PostgreSQL merupakan sebuah perangkat lunak database relational yang populer dan digunakan pada aplikasi yang membutuhkan banyak pembacaan dan penulisan data dengan tingkat keamanan tinggi serta keandalan yang baik.

Berikut adalah tahapan cara import data Excel ke dalam database PostgreSQL:

1. Buka terminal di komputer atau server yang menjalankan PostgreSQL, lalu jalankan perintah berikut untuk membuka jendela SQL dan membuat database yang akan digunakan sebagai tempat penyimpanan data:

CREATE DATABASE “nama_database”;

Pastikan untuk mengganti “nama_database” dengan nama database yang ingin dibuat.

2. Selanjutnya, buka jendela SQL dengan mengetik “psql nama_database”. Tampilan konsole akan berubah menjadi “nama_database=#”.

3. Buat tabel di dalam database PostgreSQL menggunakan perintah SQL berikut ini:

CREATE TABLE “nama_tabel”
(“id” serial primary key, “nama” varchar(50), “alamat” varchar(255),
“tanggal_lahir” date, “email” varchar(50), “telepon” varchar(20));

Pastikan untuk mengganti “nama_tabel” dengan nama tabel yang ingin dibuat, dan menyesuaikan kolom-kolom yang ada di dalam tabel sesuai dengan kebutuhan.

4. Setelah tabel berhasil terbuat, jangan tutup terminal SQL, buka terminal baru dan ketikkan perintah berikut:

copy “nama_tabel” FROM ‘/path/to/file.xls’ DELIMITER ‘,’ CSV HEADER;

Pastikan untuk mengganti “nama_tabel” dengan nama tabel yang sudah dibuat sebelumnya dan “/path/to/file.xls” dengan alamat file Excel(.xls atau .xlsx) yang akan diimpor.

5. Jika telah berhasil, akan muncul pesan “COPY x” di terminal yang merupakan merupakan sukses dalam mengimpor sebuah file ke database.

FAQ:

Q: Apakah semua jenis file Excel bisa diimpor ke dalam database MySQL dan PostgreSQL?
A: Tidak semua jenis file Excel bisa langsung diimpor ke dalam database MySQL dan PostgreSQL. Ada beberapa jenis format file Excel yang tidak kompatibel dengan database tersebut. Misalnya, format file yang sudah disimpan dalam sistem binary tidak bisa langsung diimpor ke MySQL atau PostgreSQL.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE YANG TERPROTEKSI DI EXCEL

Q: Bagaimana jika import data Excel ke MySQL atau PostgreSQL mengalami error?
A: Jika impor data Excel mengalami error, cari tahu terlebih dahulu error message yang muncul. Perhatikan dengan baik pesan error tersebut dan lakukan pengecekan kembali terhadap data yang akan diimpor. Cek apakah struktur data sudah sesuai dengan tabel yang akan digunakan. Jika masih bingung, cobalah mencari solusinya di forum-forum pengembangan MySQL dan PostgreSQL.

Video Youtube:

Berikut adalah video tutorial dari channel Programmer Zaman Now yang membahas cara import data Excel ke dalam database MySQL:

[Include link video disini]

Dalam tutorial tersebut, dijelaskan bagaimana cara mempersiapkan server, mengimpor modul/modul yang diperlukan, membuka file Excel menggunakan library Pandas, dan menyimpan data pada database MySQL.

Dengan mengikuti tutorial tersebut, Anda akan lebih mudah memahami bagaimana cara import data dari Excel ke dalam database secara efektif dan efisien.