Warga.Co.IdBerita Warga Indonesia dan Teknologi serta Informasi Terbaru
CARA HAPUS PAGE DI EXCEL
Menghapus halaman kosong dalam dokumen Microsoft Word atau spreadsheet Excel bisa sangat menjengkelkan. Faktanya, banyak pengguna yang tidak mengetahui bagaimana cara menghapus halaman kosong di Word atau Excel, sehingga menyebabkan rasa frustrasi dan waktu yang terbuang.
Jika Anda ingin mempelajari bagaimana caranya menghapus halaman kosong di Microsoft Word, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan. Berikut adalah tiga cara menghapus halaman kosong di Word:
1. Menggunakan Tombol Delete
Cara paling sederhana untuk menghapus halaman kosong di Word adalah dengan menggunakan tombol “Delete”. Pertama, arahkan kursor Anda ke halaman kosong yang ingin dihapus. Kemudian tekan tombol “Delete” pada keyboard. Selama tidak ada teks atau objek pada halaman kosong tersebut, maka halaman tersebut akan terhapus.
Contoh 1
Ada tiga cara sederhana untuk menghapus halaman kosong di Microsoft Word. Cara pertama adalah dengan menggunakan tombol “Delete”.
2. Menggunakan Tombol Backspace
Cara lain untuk menghapus halaman kosong di Word adalah dengan menggunakan tombol “Backspace”. Setelah Anda menemukan halaman kosong yang ingin dihapus, arahkan kursor ke halaman tersebut. Kemudian tahan tombol “Ctrl” dan tekan tombol “G”. Ketik nomor halaman yang ingin dihapus, kemudian tekan “Enter”. Setelah itu, tekan tombol “Backspace” sampai halaman tersebut terhapus.
Contoh 2
Cara lain untuk menghapus halaman kosong di Word adalah dengan menggunakan tombol “Backspace”.
3. Menggunakan Fitur “Page Break Preview”
Jika cara pertama dan kedua tidak berhasil, Anda dapat menggunakan fitur “Page Break Preview”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat tampilan dokumen secara keseluruhan dan menghapus halaman kosong yang tidak perlu. Caranya adalah sebagai berikut:
Klik tab “View” di menu utama.
Pilih “Page Break Preview”.
Halaman kosong akan terlihat dengan jelas.
Klik halaman kosong dan tekan tombol “Delete” atau “Backspace” sampai halaman kosong tersebut terhapus.
Contoh 3
Anda juga dapat menggunakan fitur “Page Break Preview” untuk menghapus halaman kosong di Word.
Cara Menghapus Halaman Kosong di Excel
Menghapus halaman kosong di Microsoft Excel mungkin terlihat sedikit berbeda dari Word, tetapi cara-cara yang digunakan justru mirip. Berikut adalah beberapa cara untuk menghapus halaman kosong di Excel:
1. Menggunakan Tombol Delete
Anda dapat menghapus halaman kosong di Excel dengan cara yang sama seperti di Word, yaitu dengan menggunakan tombol “Delete” pada keyboard. Pertama, buka spreadsheet Excel yang ingin dikoreksi. Kemudian arahkan kursor ke baris atau kolom kosong yang ingin dihapus. Tekan tombol “Delete” pada keyboard dan halaman kosong akan terhapus.
Contoh 4
Cara termudah untuk menghapus halaman kosong di Excel adalah dengan menggunakan tombol “Delete”.
2. Menggunakan Fitur “Go To”
Jika Anda memiliki banyak halaman kosong dalam spreadsheet Excel, fitur “Go To” dapat menjadi pilihan terbaik untuk menghapusnya. Caranya adalah sebagai berikut:
Klik tombol “Find & Select” di menu utama.
Pilih “Go To Special”.
Pilih “Blanks”.
Tekan “OK”.
Semua halaman kosong yang ada di spreadsheet akan terlihat dengan jelas. Sekarang tekan tombol “Delete” untuk menghapus halaman kosong tersebut.
Fitur “Go To” dapat membantu Anda menghapus halaman kosong di Excel dengan cepat.
FAQ
1. Apa yang harus saya lakukan jika saya tidak yakin halaman kosong harus dihapus atau tidak?
Sebelum Anda menghapus halaman kosong di Microsoft Word atau Excel, pastikan bahwa halaman tersebut memang benar-benar kosong dan tidak ada teks atau objek yang tersembunyi. Jika Anda tidak yakin, arahkan kursor ke halaman tersebut atau “highlight” seluruh dokumen untuk melihat apakah ada yang tidak pantas terlihat.
2. Apakah ada cara untuk menghindari halaman kosong saat saya bekerja dengan dokumen Word atau spreadsheet Excel?
Ya, Anda dapat menghindari halaman kosong di Word atau Excel dengan melakukan beberapa hal. Pertama, pastikan bahwa margin dan ukuran kertas Anda sudah disesuaikan dengan baik. Kedua, pastikan bahwa Anda tidak menambahkan halaman kosong secara tidak sengaja ketika mengetik atau mengedit dokumen. Terakhir, pastikan bahwa semua teks atau objek di dokumen sudah diatur dengan rapi sehingga tidak ada bagian kosong di antaranya.
Video Tutorial: Cara Menghapus Halaman Kosong di Microsoft Word dan Excel
Berikut adalah video tutorial untuk membantu Anda mempelajari cara menghapus halaman kosong di Microsoft Word dan Excel:
Rekomendasi:
CARA MENGHAPUS HALAMAN KOSONG DI EXCEL Apakah kamu sering merasa kesulitan saat menghapus halaman kosong di Microsoft Word atau Excel? Kamu tidak sendirian. Tak sedikit orang yang merasa bingung dan akhirnya menyerah dengan situasi tersebut. Padahal menghapus halaman kosong sebenarnya cukup mudah dan dapat dilakukan dalam…
CARA MENGHAPUS BLANK DI EXCEL Menggunakan Microsoft Office, terutama Excel dan Word memang sangat membantu dalam menyimpan dan mengolah data. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah saat harus menghapus halaman kosong atau cell yang kosong. Sebenarnya, hal ini bisa diatasi dengan mudah, asalkan pengguna tahu caranya.…
CARA MENGHAPUS BLANK CELL DI EXCEL Microsoft Excel dan Word adalah aplikasi yang sangat populer dan penting bagi banyak orang baik dalam lingkup kantor maupun pribadi. Namun, seringkali kita merasa kesulitan dalam menghapus halaman atau cell kosong pada aplikasi ini. Oleh karena itu, dalam artikel ini…
Cara Menentukan Baris Dan Kolom Berisi Data Di Excel Apakah Anda sering menggunakan Excel atau Word pada pekerjaan atau tugas sekolah? Jika iya, pastinya beberapa fitur seperti menghapus baris atau kolom, menambah baris atau kolom, atau bahkan menambah sel baru sudah sangat familiar untuk Anda. Namun, apakah Anda tahu…
CARA MENGHILANGKAN COMMENT DI EXCEL Jika Anda sering menggunakan Microsoft Word atau Excel, Anda mungkin pernah mengalami masalah dengan komentar atau angka 0 yang muncul di dokumen Anda. Tapi jangan khawatir, keduanya dapat mudah dihilangkan dengan beberapa langkah sederhana. Kami akan membahas cara menghilangkan komentar…
CARA HAPUS BARIS KOSONG DI EXCEL Cara Menghapus Cell Kosong di Excel Secara Massal: Go To Special Excel adalah aplikasi pengolah data yang populer digunakan oleh banyak orang. Salah satu kegiatan di Excel yang sering dilakukan adalah menghapus cell kosong secara massal. Anda bisa melakukan proses…
Membuat Halaman Di Excel 2010 Apakah Anda sering menggunakan Microsoft Excel atau Microsoft Word untuk membuat dokumen-dokumen penting? Jika ya, maka pasti sudah mengerti bagaimana pentingnya nomor halaman dalam dokumen tersebut. Namun, apakah Anda tahu cara membuat nomor halaman di Microsoft Excel dan Microsoft Word…
JELASKAN CARA MEMASUKKAN DATA PADA LEMBAR KERJA EXCEL Data yang kami peroleh menyebutkan beberapa informasi terkait cara membuat halaman pada lembar kerja Word dan memasukkan data pada lembar kerja Excel. Pada artikel kali ini, kita akan membahas kedua topik ini secara mendalam. Merujuk pada sumber, setidaknya ada 5…
CARA MEMBUAT HALAMAN DI EXCEL 2007 Pilar Postingan Kreatif: Cara Mudah Membuat Halaman dan Nomor di Microsoft Excel dan Word Apakah Anda sering mengalami masalah dengan tata letak dokumen di Microsoft Excel atau Word? Salah satu langkah penting dalam membuat dokumen yang baik adalah dengan memastikan…
CARA MEMBUAT BATAS HALAMAN PADA EXCEL Halaman adalah komponen penting dalam dokumen. Ada halaman yang biasa saja, namun ada beberapa halaman yang memerlukan penanganan khusus, seperti pada dokumen laporan, tugas, jurnal, dll. Pada penanganan khusus tersebut, halaman akan dinomori secara unik sesuai dengan kebutuhan. Dalam artikel…
CARA MENGHILANGKAN HEADER DI EXCEL Anda mungkin pernah mengalami kesulitan dalam menghapus halaman header di Excel. Terkadang, pengguna mengalami masalah di mana header di satu halaman tidak ingin muncul namun tetap ada pada halaman selanjutnya. Nah, pada artikel ini, kami akan berbagi tip untuk menghilangkan…
Cara Membuat Gambar Landscape Di Makalah Word Dari Excel Microsoft Word merupakan salah satu aplikasi pengolah kata yang paling populer dan sering digunakan di dunia. Dalam penggunaannya, terdapat banyak hal yang bisa dilakukan oleh pengguna untuk memaksimalkan penggunaannya. Salah satunya adalah dengan membuat halaman landscape pada halaman tertentu saja…
CARA MENGHAPUS TULISAN DI EXCEL SEKALIGUS Cara Menghapus Tulisan di Berbagai Aplikasi Cara Menghapus Tulisan di PDF Pada PC dan Android Terkadang, saat membuka file PDF, kita menemukan tulisan yang ingin dihapus agar hasil pembacaan lebih baik. Bagaimana caranya menghapus tulisan di PDF pada PC dan…
Cara Menyisipkan Baris Di Excel Di Data Yang Sama Microsoft Excel adalah salah satu software spreadsheet yang digunakan untuk mengelola, menghitung, dan menganalisa data dalam bentuk angka. Dalam penggunaannya, seringkali kita membutuhkan fitur untuk menyisipkan baris atau kolom. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menyisipkan baris di Excel…
cara membuat macros halaman di excel 2010 Membuat macro… Cara Membuat Halaman di Excel Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling populer di dunia. Selain bisa digunakan untuk menghitung angka, Excel juga bisa digunakan untuk membuat halaman. Dalam artikel ini, akan dijelaskan bagaimana cara membuat halaman di…
Cara Membuat Halaman Berbeda Di Excel Cara membuat nomor halaman pada Word untuk skripsi tentunya sangat penting untuk dipahami oleh mahasiswa sebagai salah satu persyaratan dalam menyelesaikan tugas akhir. Dalam membuat tugas akhir, seperti skripsi atau tesis, nomor halaman haruslah teratur dan konsisten untuk memudahkan pembaca…
Membuat Kepala Tabel Di Setiap Halaman Excel Pilar pertama dalam postingan ini adalah tentang cara membuat kepala tabel berulang di setiap halaman pada Microsoft Word dan Excel. Untuk membuat kepala tabel berulang, Anda perlu mengikuti beberapa langkah sederhana. Cara Membuat Kepala Tabel Berulang di Microsoft Word 1.…
CARA COPY DATA EXCEL SEHINGGA RUMUSNYA TIDAK HILANG Excel merupakan salah satu program pengolah data yang sangat populer digunakan di seluruh dunia, tidak heran jika banyak orang yang ingin belajar tentang cara menggunakan Excel. Namun, terkadang dalam penggunaannya, muncul beberapa kendala yang membuat penggunanya merasa kesulitan. Salah satu…
CARA MENGHAPUS ROW KOSONG DI EXCEL Jika Anda bekerja dengan Excel, Anda pasti tahu betapa pentingnya menghapus row atau kolom kosong. Data yang bersih dan rapi akan membuat pekerjaan dengan Excel terasa lebih mudah dan efisien. Namun, untuk beberapa orang, menghapus row kosong di Excel bisa…
BAGAIMANA CARA MEMBERIKAN NOMOR PADA EXCEL Microsoft Excel dan Word adalah dua software yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan sehari-hari baik itu untuk pekerjaan di kantor, tugas kuliah, maupun pekerjaan rumahan. Kedua software ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu kita dalam membuat dokumen atau pekerjaan…
CARA CEPAT MENGHAPUS DATA DOBLE DI KOLOM EXCEL 2017 Cara Cepat Menghapus Baris dan Kolom Kosong pada Excel Menghapus baris dan kolom kosong pada Excel adalah salah satu tugas yang sering dilakukan oleh para pengguna aplikasi ini. Hal ini karena kehadiran baris dan kolom kosong pada sebuah tabel dapat…
CARA MEMBUAT TULISAN DRAFT DI EXCEL Pengertian Watermark Watermark adalah gambar yang diletakkan di atas dokumen yang berfungsi untuk menandakan dokumen tersebut adalah dokumen resmi atau draft dan tidak dapat diubah atau digandakan tanpa izin. Watermark dapat berupa logo perusahaan atau tanda khusus lainnya. Cara membuat…
CARA MEMBUAT DRAFT DI EXCEL Apakah Anda seringkali ingin membuat sebuah post di Instagram atau Twitter, namun belum memiliki konten? Salah satu solusinya adalah dengan membuat draft terlebih dahulu dan menyimpannya untuk diubah saat Anda telah memiliki ide konten yang jelas. Di dalam artikel ini,…
Cara Mebuat Penomoran Pada Wordard Excel Penomoran pada Microsoft Word dan Excel merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk memudahkan dalam membuat daftar atau membuat nomor halaman. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat penomoran pada Microsoft Word dan Excel dengan benar. Untuk itu, dalam…
Cara Membuat Header Dan Footer Di Excel Pada saat menggunakan program Microsoft Excel, kita seringkali membutuhkan header dan footer untuk menambahkan informasi tambahan pada dokumen kita. Hal ini sangat penting untuk memberikan informasi penting pada setiap halaman dokumen yang kita buat. Dalam artikel ini, kita akan mempelajari…
CARA MENGGABUNGKAN FILE WORD KE EXCEL Word atau Microsoft Word adalah salah satu software yang banyak digunakan di seluruh dunia. Kegunaannya pun beragam, mulai dari menulis dokumen, memo, laporan hingga surat. Saat menggunakan Word, terkadang Anda membutuhkan beberapa file Word yang ingin digabung menjadi satu file.…
CARA BUAT LANDSCAPE PADA EXCEL Apakah Anda sering kali merasa repot ketika ingin membuat tampilan dokumen di Word menjadi landscape? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan cara yang mudah dan simpel untuk membuat tampilan landscape di Word. Selain itu, kami juga akan memberikan…
Membuat Halaman Otomatis Di Excel Pernahkah Anda merasa kesulitan untuk membuat nomor otomatis di Excel? Atau mungkin ingin membuat nomor halaman otomatis di Word? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan membahas cara membuat nomor otomatis di Excel dan nomor halaman otomatis di Word…
CARA MENGATUR HALAMAN DI EXCEL Excel merupakan spreadsheet yang sangat populer digunakan dalam dunia bisnis dan keuangan. Untuk mengoptimalkan penggunaan Excel, penting untuk mengatur halaman agar mudah dibaca dan dicetak. Berikut adalah cara mengatur halaman di Excel untuk memastikan tampilan yang terorganisir dan bebas error.…
CARA MENGHILANGKAN BARIS KOSONG DI EXCEL Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia. Dengan kemampuannya dalam mengelola data dan kemudahan penggunaannya, Excel sudah menjadi pilihan utama bagi banyak orang dalam memecahkan masalah data, termasuk baris kosong. Menghilangkan Baris Kosong di Excel…