Cara Format Komputer Windows 10

Cara memperbaiki layar berkedip pada komputer Windows 10 adalah salah satu masalah yang lazim terjadi pada pengguna Windows. Jenis masalah tersebut terkadang tidak dapat diatasi dengan mudah oleh pengguna Windows 10 yang belum begitu memahami troubleshooting dasar. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas beberapa tips lengkap mengenai bagaimana cara mengatasi layar berkedip pada komputer Windows 10 serta cara meredupkan level kecerahan layar di komputer Windows 10 dan MacOS.

Cara Memperbaiki Layar Berkedip Pada Komputer Windows 10

Layar berkedip dapat terjadi pada komputer Windows 10 karena beberapa masalah seperti masalah driver, masalah GPU, masalah listrik, dan banyak lagi. Berikut adalah beberapa tips dasar untuk memperbaiki masalah layar berkedip pada komputer Windows 10:

  1. Cek Koneksi Monitor dan Komputer

    Jika masalah yang terjadi pada layar tidak terlalu serius, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh koneksi antara monitor dan komputer yang tidak stabil. Coba lepas dan pasang kembali kabel VGA atau HDMI untuk melihat apakah masalah bisa diatasi.

  2. Cek Driver VGA dan GPU

    Jika masalah berkedip terjadi setiap saat, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh masalah driver yang tidak diinstal dengan benar atau driver yang rusak. Buka device manager untuk melihat apakah ada tanda seru pada driver VGA atau GPU, atau cek versi driver VGA atau GPU terbaru apakah sudah diinstal atau belum. Jika belum, download dan instal driver terbaru dari situs resmi masing-masing produsen hardware.

  3. Matikan Mode Eksklusif Fullscreen

    Beberapa program atau game mungkin menggunakan mode eksklusif fullscreen yang membuat masalah layar berkedip. Coba ubah pengaturan program atau game tersebut untuk tidak menggunakan mode eksklusif fullscreen atau matikan fungsi ini pada pengaturan Windows 10.

  4. Cek Kabel Power

    Jika layar masih berkedip setelah mengikuti beberapa tips dasar diatas, bisa jadi masalah tersebut disebabkan oleh masalah listrik. Cek keadaan kabel power dan hubungannya ke listrik, atau coba menggunakan kabel power yang berbeda untuk melihat apakah masalah bisa diatasi.

Cara Meredupkan Tingkat Kecerahan Layar di Komputer Windows 10 dan MacOS

Beberapa pengguna komputer atau laptop mungkin memilih untuk memperkecil kecerahan layar untuk mengurangi ketegangan mata. Berikut adalah beberapa tips dasar untuk meredupkan tingkat kecerahan layar di komputer Windows 10 dan MacOS:

  1. Gunakan Pengaturan Display Built-in Windows 10

    Pengaturan display Windows 10 memungkinkan pengguna untuk memperkecil kecerahan sajian, menu, dan layar di seluruh sistem. Pengguna bisa mencari kunci keyboard Fn, biasanya diikuti dengan up atau down arrow untuk menyesuaikan tingkat kecerahan layar secara manual.

  2. Gunakan Pengaturan Display Built-in MacOS

    Jika Anda menggunakan MacOS, klik pada ikon Apple pada pojok kiri atas kemudian klik System Preferences > Display. Setelah itu, gunakan slider di bawah Brightness untuk mengatur tingkat kecerahan layar.

  3. Gunakan Aplikasi Alternatif

    Ada banyak aplikasi alternatif yang tersedia untuk meredupkan atau mengatur tingkat kecerahan layar pada komputer atau laptop. Beberapa aplikasi alternatif tersebut termasuk f.lux, Redshift, Twilight, dan banyak lagi. Anda bisa mendownload dan menggunakan salah satu aplikasi tersebut untuk meredupkan atau mengatur tingkat kecerahan layar pada komputer atau laptop Anda.

FAQ

Berikut adalah dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pengguna Windows 10 seputar masalah layar berkedip dan pengaturan kecerahan layar, beserta jawabannya:

Baca Juga :  Cara Install Manageengine Windows

1. Apakah masalah layar berkedip selalu disebabkan oleh masalah hardware?

Tidak selalu. Masalah layar berkedip dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk masalah koneksi, masalah driver, masalah software, dan banyak lagi. Ketika terjadi masalah layar berkedip, tidak semua masalah selalu disebabkan oleh hardware.

2. Apakah meredupkan kecerahan layar dapat mengurangi ketegangan mata?

Iya. Meredupkan kecerahan layar memang dapat membantu mengurangi ketegangan mata ketika Anda bekerja dalam waktu yang lama di depan komputer atau laptop. Perhatikan juga untuk menjaga jarak dan posisi mata Anda terhadap layar.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial singkat yang menunjukkan bagaimana cara melakukan troubleshooting dasar pada masalah layar berkedip pada komputer Windows 10:

Demikianlah beberapa tips dasar untuk mengatasi layar berkedip pada komputer Windows 10 serta cara meredupkan level kecerahan layar di komputer Windows 10 dan MacOS beserta FAQ dan video tutorial. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam mengatasi masalah tersebut atau memperkecil ketegangan mata saat bekerja dengan komputer atau laptop.