CARA FILTER DI EXCEL LEBIH DARI 1 DATA

Filter data di Excel merupakan salah satu fitur yang sangat bermanfaat bagi pengguna Excel. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menemukan data yang mereka butuhkan dalam sebuah tabel dengan cepat dan akurat. Anda dapat mencari data berdasarkan kriteria tertentu seperti rentang tanggal, nama produk, jumlah penjualan, dan lain sebagainya.

CARA FILTER DI EXCEL LEBIH DARI 1 DATACara Filter Data Di Excel Dengan Rumus

Ketika pengguna ingin mencari data tertentu di Excel, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan filter data. Filter data dapat dilakukan secara manual atau dengan menggunakan rumus pada Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan filter data dengan menggunakan rumus Excel:

  1. Pilih sel di luar tabel
  2. Tuliskan rumus =FILTER(tabel data,kriteria)
  3. Tentukan bagian tabel yang ingin difilter dan tentukan kriteria yang ingin digunakan
  4. Klik enter dan hasil filter akan muncul pada sel yang dipilih pada langkah pertama

Contoh:

Cara Menampilkan Data Tertentu dengan Fitur Autofilter (Filter) pada Ms

Pada contoh di atas, kita akan mencari data berdasarkan jenis kelamin (kolom C) yang bernilai ‘Pria’. Langkah pertama adalah menuliskan rumus =FILERTABEl(A1:C12,”Pria”) pada sel D1 di luar table. Klik enter dan hasilnya akan muncul pada sel D1. Hasil yang muncul adalah semua data yang memiliki nilai ‘Pria’ pada kolom jenis kelamin.

PANDUAN: Cara Filter Di Excel [LENGKAP]Panduan Lengkap Cara Filter di Excel

Ada beberapa cara untuk melakukan filter data di Excel. Berikut adalah tutorial cara filter data di Excel:

Baca Juga :  CARA PENGURANGAN EXCEL

Cara Filter Data Menggunakan Autofilter

  1. Pilih sel pada tabel yang ingin difilter
  2. Buka menu Data di toolbar dan pilih Filter
  3. Klik pada tombol panah di kolom yang ingin difilter
  4. Pilih kriteria yang ingin digunakan
  5. Klik OK dan data yang sesuai dengan kriteria yang dipilih akan muncul

Dalam filter dengan Autofilter, hanya ada satu kriteria yang dapat dipilih. Pilihan kriteria digunakan untuk memfilter data yang ingin dicari. Misalnya, jika kita ingin mencari data jumlah penjualan yang lebih dari 8000, maka kita bisa memilih kriteria angka lebih besar dari 8000 di dalam Autofilter.

Cara Filter Data Menggunakan Advanced Filter

  1. Buat kriteria filter pada data range
  2. Tentukan lokasi output
  3. Masukan rumus FILTER()
  4. Klik OK dan data yang sesuai dengan kriteria yang diatur akan muncul pada output yang dipilih

Advanced Filter digunakan untuk menentukan beberapa kriteria filter untuk satu data. Advanced Filter memiliki beberapa opsi dalam menentukan kriteria filter seperti mulai dari tanggal, nama produk, dan lain sebagainya. Advanced Filter juga memberikan kemampuan untuk menentukan kriteria menggunakan logika ‘and’ dan ‘or’.

FAQ

1. Apa perbedaan antara Autofilter dan Advanced Filter di Excel?

Jawaban: Autofilter adalah fitur sederhana untuk memfilter data dengan kriteria tunggal, sementara Advanced Filter adalah fitur yang lebih kompleks dengan kemampuan untuk memfilter data berdasarkan beberapa kriteria.

2. Apa fungsi dari rumus FILTER pada Excel?

Jawaban: Rumus FILTER pada Excel digunakan untuk memfilter data pada range yang diberikan berdasarkan beberapa kriteria filter. Hasil filter akan ditampilkan pada range tertentu pada lembar kerja yang diberikan.

Video Tutorial