CARA EKSPORT DATA GOOGLE FORM KE EXCEL

Google Form adalah salah satu fitur terbaik yang dimiliki oleh Google untuk membantu penggunanya dalam mengumpulkan data atau informasi secara online. Dalam penggunaannya, Google Form sangat mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap sehingga cukup mempermudah penggunanya. Data yang sudah terkumpul pada Google Form, bisa di ekspor ke dalam berbagai format termasuk Microsoft Excel. Pada artikel ini, kita akan membahas cara menghubungkan Google Form ke Excel serta cara download hasil Google Form ke Microsoft Excel.

1. Cara Menghubungkan Google Form ke Excel

Sebelum menghubungkan Google Form dengan Excel, ada beberapa hal yang perlu disiapkan yaitu:

  • Akun Google
  • Google Form yang sudah terisi dengan data
  • Google Spreadsheet kosong

Setelah semua persiapan di atas sudah tersedia, berikut adalah cara menghubungkan Google Form ke Excel:

  1. Buka Google Form yang akan dihubungkan dengan Excel.
  2. Pilih menu “Respon”
  3. Pilih tombol “Lihat Respons di Spreadsheet”
  4. Google Spreadsheet baru akan terbuat otomatis dengan nama yang sama dengan judul Google Form yang sudah dibuat.
  5. Untuk mengekspor data dari Google Spreadsheet ke Microsoft Excel, buka Google Spreadsheet terlebih dahulu.
  6. Pilih File > Unduh > Microsoft Excel (.xlsx)
  7. File Excel akan terdownload dan siap digunakan.

Sangat mudah dan simpel bukan? Dalam beberapa langkah saja, kita sudah bisa menghubungkan Google Form dengan Excel. Setiap data yang masuk akan terupdate otomatis dan bisa langsung diolah di Excel.

Baca Juga :  Cara Mengambil Data Autosaved Excel

2. Cara Download Hasil Google Form ke Microsoft Excel

Setelah data sudah terkumpul pada Google Form, maka langkah selanjutnya adalah mengunduh hasilnya ke Microsoft Excel. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk mengunduh hasil Google Form ke Microsoft Excel:

  1. Buka Google Form yang sudah terkumpul datanya.
  2. Pilih menu “Respon”.
  3. Pilih tombol “Lihat Respons di Spreadsheet”.
  4. Google Spreadsheet baru akan terbuat otomatis dengan nama yang sama dengan judul Google Form yang sudah dibuat.
  5. Setelah masuk ke Spreadsheet, pilih “File” dan klik “Download” lalu pilih “Microsoft Excel (.xlsx)”
  6. Selesai. File Excel telah terdownload dan siap digunakan.

Dalam mengunduh hasil Google Form ke Microsoft Excel, hanya membutuhkan beberapa langkah saja. Ketika berhasil di download, informasi yang ada pada Google Form pun akan terpindah dengan rapi ke dalam sebuah file Excel.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan jika data pada Google Form tidak muncul di Excel?

Jawaban: Setelah menghubungkan Google Form ke Excel, jika data tidak muncul di Excel, coba masuk ke Google Spreadsheet terlebih dahulu. Kemudian, pastikan bahwa data telah terkumpul dengan benar dan tidak ada kesalahan dalam isi form. Jika masih belum muncul, cek kembali koneksi internet anda lalu coba kembali.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mencari Google Form yang sudah diisi sebelumnya?

Jawaban: Untuk mencari Google Form yang sudah diisi sebelumnya, cari di “Drive” pada akun Google anda. Pilih direktori “Dokumen Google” dan cari formulir yang telah diisi. Klik formulir tersebut dan pilih menu “Respon”. Anda akan melihat semua jawaban yang sudah diisi saat itu.

Video Tutorial

Berikut merupakan video tutorial singkat mengenai cara menghubungkan Google Form ke Excel serta cara download hasil Google Form ke Microsoft Excel:

Baca Juga :  Cara Membuat Jadwal Kerja Tahunan Dengan Excel

Kesimpulan

Menghubungkan antara Google Form dan Excel merupakan solusi yang tepat ketika kita ingin mengoleksi nilai atau jawaban dari suatu survei atau kuis. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengolah dan menganalisa data. Dengan mengunduh hasil Google Form ke Microsoft Excel, kita akan mendapatkan keuntungan yaitu lebih fleksibel dan mudah untuk mengolah data. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat bagi anda.