CARA EDIT FILE EXCEL DI ANDROID

Mungkin Anda pernah mengalami kesulitan saat hendak mengedit file Excel atau PDF di perangkat seluler Anda, seperti smartphone atau tablet. Namun, kini Anda tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengedit file-file tersebut langsung di perangkat seluler Anda! Berikut adalah beberapa cara mengedit file Excel dan PDF di perangkat seluler:

Cara Mengedit File PDF Di Microsoft Edge

CARA EDIT FILE EXCEL DI ANDROID

Jika Anda memakai perangkat seluler dengan sistem operasi Windows 10, maka Anda sudah pasti memiliki browser Microsoft Edge. Microsoft Edge kini telah mendukung fitur PDF yang memungkinkan Anda untuk membuka, mengedit, dan menyimpan file PDF tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, pastikan Anda sudah memperbarui browser Microsoft Edge ke versi terbaru.
  2. Buka file PDF yang ingin Anda edit di Microsoft Edge.
  3. Ketuk ikon “Edit” yang terletak di atas file PDF untuk membuka menu “Annotate” (Penandai).
  4. Anda dapat menambahkan teks, gambar, tanda tangan, atau highlight di file PDF tersebut. Setelah selesai, klik “Save” untuk menyimpan perubahan Anda.

Jika Anda mengalami kesulitan menggunakan fitur PDF pada Microsoft Edge, Anda dapat mencoba browser lain seperti Google Chrome atau Mozilla Firefox yang juga sudah mendukung fitur PDF.

Cara Edit Excel di Android

Cara Edit Excel di Android

Jika Anda memiliki perangkat seluler dengan sistem operasi Android, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Google Sheets untuk mengedit file Excel Anda secara langsung. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi Google Sheets melalui Google Play Store.
  2. Buka aplikasi Google Sheets dan login dengan akun Google Anda.
  3. Pilih opsi “Buat spreadsheet baru” atau “Impor file dari perangkat” untuk membuka file Excel yang ingin Anda edit.
  4. Anda dapat menambah, menghapus, atau mengedit data pada file Excel tersebut. Saat selesai, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Office Mobile yang tersedia di Google Play Store untuk mengedit file Excel. Namun, aplikasi tersebut memerlukan langganan Office 365 untuk dapat mengakses fitur lengkapnya.

[Tutorial] Cara Edit File Excel Di Iphone

Cara Edit File Excel Di Iphone

Jika Anda memakai perangkat seluler dengan sistem operasi iOS, maka Anda dapat menggunakan aplikasi Numbers yang tersedia di App Store untuk mengedit file Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, unduh aplikasi Numbers pada App Store.
  2. Buka aplikasi Numbers dan pilih opsi “Buat Dokumen Baru” atau “Impor Dokumen” untuk membuka file Excel yang ingin Anda edit.
  3. Anda dapat menambah, menghapus, atau mengedit data pada file Excel tersebut. Saat selesai, klik “Simpan” untuk menyimpan perubahan Anda.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi Microsoft Excel yang tersedia di App Store untuk mengedit file Excel. Namun, aplikasi tersebut memerlukan langganan Office 365 untuk dapat mengakses fitur lengkapnya.

Cara Edit File Excel di Hp

Cara Edit File Excel di Hp

Jika Anda ingin mengedit file Excel di perangkat seluler lain seperti HP, maka Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Sheets dan Numbers seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Salah satu fitur yang sering dibutuhkan ketika mengedit file Excel adalah memisahkan kalimat yang tergabung dalam satu kolom menjadi beberapa kolom tersendiri. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang ingin Anda edit pada aplikasi Google Sheets atau Numbers.
  2. Pilih kolom yang ingin Anda pisahkan.
  3. Klik pada menu “Data” lalu pilih opsi “Split text to column” atau “Bagi teks ke kolom”.
  4. Pilih opsi “Custom” atau “Kustom” jika kalimat yang ingin Anda pisahkan tidak memiliki pemisah seperti koma atau titik koma.
  5. Tentukan karakter pemisah yang ingin Anda gunakan.
  6. Klik “Split” atau “Bagi” untuk memisahkan kalimat tersebut ke dalam beberapa kolom.
Baca Juga :  Cara Membuat 1 Angka Mewakili Kalimat Pada Excel

FAQ

Berikut adalah video yang menjelaskan cara mengedit file Excel di Android:

Apakah aplikasi Google Sheets dan Numbers gratis untuk diunduh?

Ya, kedua aplikasi tersebut dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store. Namun, aplikasi Microsoft Excel memerlukan langganan Office 365 untuk dapat mengakses fitur lengkapnya.

Bisakah saya mengedit file PDF di perangkat seluler dengan sistem operasi iOS?

Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Reader yang tersedia di App Store untuk mengedit file PDF di perangkat seluler dengan sistem operasi iOS. Namun, sebagian fitur pada aplikasi tersebut memerlukan langganan untuk dapat diakses.