CARA EDIT DATA CHART DI EXCEL

Excel adalah salah satu perangkat lunak pengolah angka yang terkenal di seluruh dunia. Software ini sangat populer karena membantu pengguna untuk melakukan pekerjaan yang kompleks dengan mudah pada aplikasi spreadsheetnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat grafik, mengedit gambar, mengurutkan data, dan membuat diagram di Excel secara sederhana dan mudah.

Cara Membuat Grafik di Excel dengan Variasi Data

Salah satu manfaat terbesar dari penggunaan Excel adalah kemampuannya untuk membuat grafik. Grafik sangat penting dalam pemrosesan data karena memberikan hasil visual yang mudah dipahami dan mendorong pemahaman lebih cepat. Mari kita pelajari cara membuat grafik di Excel.

  1. Buka Excel dan siapkan data yang akan digunakan untuk membuat grafik. Data ini harus diatur dalam kolom dan baris. Kolom akan menjadi sumbu vertikal pada grafik sedangkan baris akan menjadi sumbu horizontal. Pastikan data yang digunakan sudah lengkap dan tidak ada yang hilang.
  2. Pilih sel di mana Anda ingin menempatkan grafik. Kemudian, klik Insert pada menu paling atas dan pilih Jenis Grafik yang sesuai dengan datanya.
  3. Setelah memilih jenis grafik yang diinginkan, pilih Datasheet pada panel kontrol di sisi kanan. Mulai masukkan data yang dihasilkan pada langkah nomor 1.
  4. Anda bisa sesuaikan tampilan dari grafik tersebut dengan klik pada design, layout dan format pada menu paling atas.
  5. Jika sudah terlihat sesuai keinginan, simpan file dan chart bisa digunakan untuk menambah visualisasi pada laporan.

Edit Gambar Di Excel

Sedikit yang tahu bahwa Anda bisa mengedit gambar pada Excel. Namun, fitur ini merupakan keuntungan yang sangat penting karena memudahkan Anda untuk menambahkan gambar dan diagram, yang memberikan nilai tambah pada data dalam spreadsheet tersebut. Berikut adalah cara mengedit gambar di Excel:

  1. Siapkan gambar yang ingin diubah.
  2. Insert gambar tersebut pada lembar kerja Excel dengan memilih Insert pada menu paling atas dan klik Gambar. Dari sini, pilih gambar yang ingin dimasukkan.
  3. Pilih gambar dengan klik kanan mouse dan pilih Format Objek pada popup menu.
  4. Lalu akan muncul lembar kerja Format Objek. Pada bagian ini, Anda bisa mengubah format objek tersebut tergantung pada kebutuhan.
  5. Jika selesai, klik Ok dan gambar akan terlihat sesuai format yang diinginkan.

Cara Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad, Kelas, Tanggal

Masalah lain yang sering timbul saat penggunaan Excel adalah bagaimana mengurutkan data secara efektif. Ada berbagai cara untuk mengurutkan data di Excel, dan salah satu dari cara tersebut adalah mengurutkan data secara berdasarkan abjad, kelas dan tanggal. Berikut adalah cara melakukan pengurutan data di Excel :

  1. Pilih kolom data yang ingin diurutkan pada spreadsheet.
  2. Klik pada menu Pemrosesan Data pada menu paling atas.
  3. Pilih Urutkan dari panel kontrol.
  4. Dalam kotak dialog Urutkan, pilih jenis urutan yang diinginkan. Terdapat beberapa jenis urutan, yaitu urutan A-Z, Z-A, dan lainnya tergantung jenis data yang digunakan.
  5. Jika ingin mengurutkan dengan lebih dari satu kriteria, klik tombol Tambahkan Kriteria dan tambahkan kriteria lain yang diinginkan.
  6. Klik Ok dan data Anda telah terurut.

Cara Membuat Diagram di Excel (Chart) untuk Pemula

Excel juga memungkinkan pengguna untuk membuat diagram atau chart dengan mudah dan efisien, bahkan jika Anda belum pernah membuat diagram sebelumnya. Diagram ini dikenal sebagai salah satu metode untuk memvisualisasikan data dan memudahkan pengguna dalam menginterpretasi data tersebut. Berikut adalah cara membuat diagram di Excel:

  1. Pilih kolom atau baris data yang ingin Anda buat diagramnya pada spreadsheet.
  2. Klik pada menu Insert pada menu paling atas, kemudian pilih Jenis Grafik.
  3. Pilih salah satu Jenis Grafik yang sesuai dengan data yang Anda gunakan seperti Grafik Batang, Grafik Garis, Grafik Lingkaran, dan lainnya.
  4. Pilih Jenis Chart yang sesuai dengan data Anda. Anda juga bisa menambahkan sub-tipe dan efek visual yang ingin ditambahkan.
  5. Klik tombol Finish dan diagram Anda siap digunakan dalam spreadsheet tersebut.
Baca Juga :  Cara Membuat Data List Pada Excel

FAQ

Apa Fungsi Excel dalam Pengolahan Data?

Excel berguna dalam mengolah data, dimana pengguna dapat melakukan pekerjaan yang kompleks dengan mudah pada aplikasi spreadsheetnya. Excel dirancang untuk memudahkan pengguna dalam memasukkan, memformat dan memvisualisasikan data pada spreadsheet tersebut sehingga pekerjaan yang dilakukan akan lebih mudah.

Bagaimana Menggunakan PivotTable dalam Excel?

PivotTable dalam Excel berguna untuk memfasilitasi pengguna dalam mengekstrak data yang terdapat pada database terkait dari berbagai bidang dan tabel. Berikut adalah cara menggunakan PivotTable di Excel :

  1. Pilih data yang akan digunakan untuk PivotTable. Data ini harus diatur dalam kolom dan baris dengan baik.
  2. Pilih menu Insert pada menu paling atas dan klik PivotTable.
  3. Pilih lokasi data untuk PivotTable pada lembar kerja yang tersedia.
  4. Pilih bidang yang diinginkan pada PivotTable Fields menu. Berikut adalah beberapa jenis bidang yang dapat digunakan dalam PivotTable: Value, Row, Column dan Filter.
  5. Atur bidang yang dipilih dan ubah format sesuai dengan kebutuhan.
  6. Klik Ok dan PivotTable siap digunakan.

Video Tutorial Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah

Berikut adalah video tutorial cara membuat grafik di Excel dengan mudah :

Sekarang Anda telah memiliki pemahaman yang lebih baik tentang cara membuat grafik, mengedit gambar, mengurutkan data, dan membuat diagram di Excel. Jangan ragu untuk mencoba sendiri dan jadilah ahli dalam pengolahan data Excel. Selamat mencoba!