CARA DATA EXCEL KE WORD

Cara memasukkan data dari Excel ke Word memang seringkali dipakai oleh banyak orang untuk mempermudah pekerjaannya dalam melakukan tugas di kantor. Pasalnya, dengan melakukan copy-paste data dari Excel ke Word, maka kita dapat menghemat waktu dan tenaga yang cukup signifikan.

Cara Memasukkan Data Excel ke Word Dengan Cepat

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasukkan data dari Excel ke Word dengan cepat, diantaranya:

  • Copy-paste data
  • Import data
  • Gunakan add-ins

1. Copy-Paste Data

Cara memasukkan data dari Excel ke Word yang paling umum dan mudah dilakukan adalah dengan menggunakan fitur copy-paste. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka file Excel yang ingin di-copy ke Word.
  • Pilih area atau sel yang ingin di-copy.
  • Klik tombol copy atau tekan tombol CTRL + C pada keyboard.
  • Buka file Word yang akan diisi dengan data dari Excel.
  • Pilih posisi di mana data Excel ingin ditempatkan.
  • Klik tombol paste atau tekan tombol CTRL + V pada keyboard.

2. Import Data

Selain menggunakan fitur copy-paste, kita juga bisa menggunakan fitur import data yang tersedia di aplikasi Microsoft Word. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buka file Word yang ingin diisi dengan data dari Excel.
  • Buka menu Insert, lalu klik tabel.
  • Pilih bagian “Tabel Excel” pada opsi “Eksis Konten”.
  • Pilih file Excel yang ingin di-import.
  • Pilih tabel atau lembar yang ingin di-import.
  • Klik tombol OK.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT ADD IN EXCEL

3. Gunakan Add-ins

Jika Anda sering memasukkan data dari Excel ke Word, maka bisa mempertimbangkan untuk menggunakan add-ins. Beberapa add-ins yang berguna untuk mempermudah proses memasukkan data dari Excel ke Word di antaranya adalah:

  • DataLinker
  • XLnotes
  • TableSmith

Cara Membuat Link Data Otomatis Ke Word

Tentu saja, ketika memasukkan data dari Excel ke Word, kita juga ingin menjaga konsistensi data dan memastikan bahwa informasi yang diteruskan ke dalam dokumen Word tetap akurat dan up-to-date. Jadi, bagaimana cara membuat link data otomatis ke Word dari file Excel?

1. Copy Tabel Pada Excel

Pertama-tama, pastikan bahwa tabel yang di-copy dari Excel ke Word sudah benar dan sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu, copy seluruh tabel dengan menekan CTRL+C ataupun klik kanan dan memilih Copy.

2. Buka Word dan Masukkan Tabel

Buka file Word yang akan diisi dengan tabel Excel. Setelah itu, klik tempat di mana tabel akan ditempatkan. Kemudian, lakukan klik kanan dan pilih “Keep Source Formatting & Link Data” pada bagian Paste Options. Dengan melakukan langkah ini, maka tabel akan ter-copy dan di-link secara otomatis ke file Excel.

3. Edit Tabel

Jika ingin melakukan perubahan pada tabel Excel, maka cukup buka file Excel yang berisi tabel tersebut, lakukan perubahan yang dibutuhkan, dan simpan. Setelah itu, kembali ke file Word dan lakukan pengaturan data pada tabel dengan klik Update Link Data.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan link data otomatis dari Excel ke Word?

Link data otomatis adalah sebuah fitur yang tersedia di aplikasi Microsoft Word yang memungkinkan pengguna untuk melakukan integrasi data antara file Excel dan Word. Dengan fitur ini, data yang di-copy dari Excel ke Word akan ter-link secara otomatis. Dengan demikian, jika terjadi perubahan pada data Excel, maka data di Word pun akan ikut terupdate.

Baca Juga :  Cara Merekap Data Di Sheet Sheet Excel

2. Apa manfaat dari menggunakan link data otomatis dari Excel ke Word?

Manfaat dari menggunakan link data otomatis antara Excel dan Word adalah memudahkan pengguna untuk mempertahankan akurasi dan konsistensi data dalam file Word. Selain itu, pengguna juga dapat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu melakukan update manual terhadap data di file Word apabila terjadi perubahan pada data Excel.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara memasukkan data dari Excel ke Word dengan cepat: