Microsoft Office Suite adalah salah satu aplikasi yang sangat penting bagi semua orang, khususnya dalam lingkungan pekerjaan. Ada tiga aplikasi Office Suite yang sangat sering digunakan, yakni Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint. Dari ketiga aplikasi tersebut, Microsoft Excel adalah yang paling sering dipakai untuk membuat tabel atau grafik untuk analisis data.
Cara Copy Tabel dari Excel ke Ms. Word Supaya Rapi
Saat kita memakai Microsoft Excel dan Ms. Word sekaligus, seringkali kita membutuhkan fitur copy paste untuk memindahkan sebuah tabel yang kita buat di Excel ke dalam dokumen Ms. Word yang sedang kita tulis. Tapi, terkadang ketika proses copy paste itu dilakukan, tabel yang terlihat pada dokumen Ms. Word tidak sesuai dengan ketentuan yang sudah kita buat. Bagaimana caranya agar tabel-tabel tersebut tetap terlihat rapi saat dicopy dari Excel ke Ms. Word?
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti agar tabel dari Excel bisa terlihat rapi saat dipindahkan ke dokumen Ms. Word:
-
Pertahankan Formatting Tabel saat Copy dari Excel
Saat kita men-copy paste sebuah tabel dari Excel ke Ms. Word, tabel tersebut akan di-paste dalam bentuk gambar. Ini akan menghilangkan semua perhitungan dan kemampuan pengeditan langsung pada tabel yang dipilih. Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda harus memastikan bahwa formatting tabel yang hendak di-copy tersebut dipertahankan.
Cara untuk mempertahankan formatting tabel tersebut adalah dengan melakukan Paste khusus. Caranya:
- Pilih tabel pada Excel yang hendak di-copy.
- Copy table.
- Buka file Ms. Word yang akan ditambahkan tabelnya.
- Pilih tempat dimana tabel tersebut akan diletakkan.
- Klik kanan dan pilih Paste Special.
- Pilih Microsoft Office Excel Worksheet Object dan terakhir tekan tombol OK.
Sekarang, tabel yang sudah di-copy dari Excel ke Ms. Word akan tetap terlihat rapi sesuai dengan format yang ada pada file Excel.
-
Buat Tabel sesuai dengan Keinginan Anda
Jika langkah pertama masih belum membantu memperbaiki tampilan tabel pada Ms. Word, maka Anda harus membuat tabel dari nol menggunakan Ms. Word. Berikut adalah cara untuk membuat tabel pada Ms. Word:
- Buka file dokumen Ms. Word yang hendak diisi dengan tabel.
- Klik tab Insert pada tab folder.
- Pilih tabel, kemudian bentuk tabel dengan memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan.
- Anda juga bisa menyesuaikan ukuran font pada setiap sel untuk memperbaiki tampilan tabel.
Dengan membuat tabel dari Ms. Word, maka kesalahan formatting yang mungkin terjadi ketika membuka hasil copy paste dari Excel bisa dihindari.
Cara Cepat Copy Tabel dari Excel ke PowerPoint
Microsoft PowerPoint adalah aplikasi yang sangat sering digunakan untuk membuat presentasi. Dalam membuat presentasi, seringkali kita membutuhkan tabel yang diambil dari aplikasi Microsoft Excel. Bagaimana caranya supaya tabel dari Excel tampil secara rapi dan teratur pada slide presentasi di PowerPoint?
Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti yang akan menunjukkan beberapa cara untuk memindahkan tabel dari Microsoft Excel ke dalam aplikasi Microsoft PowerPoint:
-
Cara Pertama: Copy Paste Untuk Tabel yang Sederhana
Jika Anda memiliki tabel Excel yang sederhana (tanpa adanya format, data tabel cukup sedikit) dan ingin menambahkan tabel tersebut ke slide PowerPoint, maka langkah pertama yang harus diambil adalah menyalin tabel Excel tersebut. Setelah itu, paste ke dalam PowerPoint slide.
Jika tampilan tabel yang di-copy tetap tidak beraturan di PowerPoint, maka pada tab Edit, pilih Paste Special. Secara default, PowerPoint akan menampilkan gambar dari tabel Excel dan tidak menampilkan data secara terpisah, artinya jika Anda ingin mengedit data, maka harus dilakukan melalui Excel. Untuk menampilkan data di PowerPoint, pilih Microsoft Excel Worksheet Object pada daftar menu kemudian klik tombol Ok.
-
Cara Kedua: Gunakan Utilitas Tabel PowerPoint
Selain cara pertama, Anda juga bisa menggunakan fitur utilitas tabel PowerPoint pada aplikasi Microsoft PowerPoint. Fitur ini akan mengekstrak dan mengubah setiap bagian dari tabel dari PowerPoint dan menempatkan dalam bentuk tabel. Setelah diubah ke dalam bentuk tabel, Anda dapat mengedit data secara langsung dari PowerPoint.
- Buka file Ms. PowerPoint pada slide dan tempatkan kursor di slide tempat tabel baru akan ditempatkan.
- Pilih tab Insert pada Ribbon menu.
- Klik Table and choose Excel Spreadsheet.
- Pilih file excel yang hendak digunakan.
- Pada dialog box yang muncul, Anda bisa memilih untuk menampilkan tabel dari Excel sebagai gambar atau dalam bentuk tabel yang dapat diedit.
- Setelah memilih tabel yang diinginkan, klik Ok.
- Setelah memasukkan tabel ke dalam slide PowerPoint, maka Anda bisa mengedit tabel tersebut dari PowerPoint seperti mengedit tabel biasa pada Excel.
FAQ
-
Bagaimana cara membuat tabel pada Microsoft Excel?
Untuk membuat tabel pada Microsoft Excel, pastikan aplikasi Excel sudah terbuka baik pada Windows atau Mac. Klik tab Insert di dalam folder ribbon, lalu klik tombol Table. Setelah itu, gunakan mouse untuk memilih jumlah kolom dan baris yang diinginkan, atau gunakan opsi tabel yang direkomendasikan. Klik tombol Ok dan tabel siap digunakan.
-
Apakah ada cara untuk mengubah tabel yang sudah dimasukkan ke Ms. Word menjadi tabel yang bisa diedit di Excel?
Tabel yang sudah dimasukkan ke dalam dokumen Ms. Word akan berubah menjadi gambar. Jika ingin mengubah tabel tersebut menjadi tabel yang bisa diedit di Excel, maka kita harus menyalin tabel tersebut ke Excel dengan langkah sebagai berikut:
- Salin tabel yang hendak diubah ke dalam file Excel (yang belum disimpan sebelumnya).
- Buka Excel dan klik tab Home.
- Pada bagian paste rujukan, klik tombol Paste.
- Select Use Destination Styles (E) pada menu dropdown Paste Options yang muncul.
- Pada menu paste options, pilih Match Destination Table Style and Link to Excel, lalu klik tombol Ok.
- Tabel sudah siap diedit di Excel.
Video Youtube
Berikut ini adalah video tutorial yang membahas tentang cara membuat tabel dari Microsoft Excel dan menempatkannya ke dalam aplikasi Microsoft PowerPoint.