CARA COPY DATA FORMAT PPH 21 1721-1 KE EXCEL

Mungkin Anda sering mengalami kesulitan ketika harus menggabungkan data dari aplikasi Excel ke dalam dokumen Word atau ketika harus meng-copy isi sheet dari Excel tanpa harus melakukan copy-paste satu per satu. Nah, artikel ini akan memberikan solusi untuk semua masalah tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan ketika membutuhkan copy-paste data dari Excel ke Word atau sebaliknya serta cara meng-copy isi sheet dengan mudah.

Cara Copy-Paste Data Excel ke Word dengan Mudah

Saat menggabungkan data dari Excel ke dalam dokumen Word, terkadang format yang berbeda bisa membuat dokumen menjadi tidak rapi atau malah terlihat tidak profesional. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar copy-paste data Excel ke Word menjadi lebih mudah dan terlihat rapi:

1. Gunakan fitur ‘Paste Special’

Jika Anda hanya ingin menyalin data tanpa format atau hanya menyalin format tanpa data, Anda bisa menggunakan fitur ‘Paste Special’. Caranya adalah:

  1. Buka file Excel yang ingin Anda salin atau copy.
  2. Pilih sel atau area data yang ingin Anda copy.
  3. Tekan tombol ‘Ctrl + C’ pada keyboard Anda untuk menyalin data tersebut.
  4. Buka file Word yang ingin Anda tempelkan data Excel tersebut.
  5. Pastikan kursor Anda berada di tempat yang tepat atau di mana Anda ingin menempelkan data tersebut.
  6. Tekan tombol ‘Ctrl + Alt + V’ pada keyboard Anda untuk membuka ‘Paste Special’ window.
  7. Pilih pilihan ‘Unformatted Text’ atau ‘Formatted Text’ sesuai dengan kebutuhan Anda.
  8. Klik tombol ‘OK’ untuk menempelkan data Anda.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Perkalian Di Excel 2007

2. Gunakan Tabel atau Grafik Built-in

Jika Anda ingin menambahkan data Excel ke dalam dokumen Word dalam bentuk tabel atau grafik, Anda tidak perlu membuatnya dari awal. Word sudah menyediakan fitur built-in untuk tabel dan grafik yang bisa Anda gunakan. Caranya adalah:

  1. Buka file Word yang ingin Anda tempelkan data Excel tersebut.
  2. Pastikan kursor Anda berada di tempat yang tepat atau di mana Anda ingin menempelkan data tersebut.
  3. Pilih menu ‘Insert’ dan pilih ‘Table’ atau ‘Chart’ sesuai dengan keperluan Anda.
  4. Pilih ‘From Excel’ jika Anda ingin menggunakan data Excel atau ‘Manually’ jika Anda ingin membuatnya sendiri.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya seperti memilih tipe tabel atau grafik yang diinginkan, serta memilih data yang akan digunakan.
  6. Klik tombol ‘OK’ untuk menempelkan tabel atau grafik tersebut ke dalam dokumen Word.

3. Gunakan Format-painter atau Style

Jika Anda ingin menyalin format data Excel sesuai dengan dokumen Word Anda, Anda bisa menggunakan fitur ‘Format-painter’ atau ‘Style’. Caranya adalah:

  1. Buka file Excel yang ingin Anda salin atau copy.
  2. Pilih sel atau area data yang ingin Anda copy.
  3. Gunakan ikon ‘Format-painter’ atau ‘Style’ untuk menyalin format Anda.
  4. Buka file Word yang ingin Anda tempelkan data Excel tersebut.
  5. Pastikan kursor Anda berada di tempat yang tepat atau di mana Anda ingin menempelkan data tersebut.
  6. Tekan tombol ‘Ctrl + V’ pada keyboard Anda untuk menempelkan data tersebut.
  7. Gunakan ikon ‘Format-painter’ atau ‘Style’ untuk menyalin format Anda.

Cara Meng-Copy Isi Sheet dengan Mudah

Copy isi sheet atau memindahkan seluruh data dari satu sheet ke sheet yang lain adalah tugas dasar di Microsoft Excel. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda meng-copy isi sheet dengan mudah:

Baca Juga :  CARA EXTRACT FILE EXCEL KE CORELDRAW

1. Gunakan Menu ‘Move or Copy Sheet’

Jika Anda ingin menggandakan sheet yang Anda miliki, Anda bisa menggunakan fitur built-in dari Excel yaitu ‘Move or Copy Sheet’. Caranya adalah:

  1. Klik kanan pada sheet yang ingin Anda copy.
  2. Pilih ‘Move or Copy Sheet’ pada dropdown-menu.
  3. Pilih workbook baru atau worksheet yang sudah ada dari dropdown-menu ‘To book’ atau ‘Before sheet’ atau ‘After sheet’.
  4. Centang ‘Create a copy’ jika Anda ingin menduplikasi sheet tersebut.
  5. Klik tombol ‘OK’ untuk menyelesaikan proses copy.

2. Gunakan Shortcut Keyboard

Selain menggunakan menu ‘Move or Copy Sheet’, Anda juga bisa menggunakan shortcut keyboard untuk meng-copy isi sheet. Shortcut keyboard yang bisa digunakan adalah:

  1. Pilih sel atau area yang ingin Anda copy.
  2. Tekan tombol ‘Ctrl + C’ pada keyboard Anda untuk menyalin data tersebut.
  3. Buka sheet baru atau worksheet yang sudah ada, atau buka workbook baru.
  4. Tempatkan kursor Anda pada cell tempat Anda ingin menempelkan data Excel tersebut.
  5. Tekan tombol ‘Ctrl + V’ pada keyboard Anda untuk menempelkan data tersebut.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah ada cara yang lebih mudah untuk copy-paste data dari Excel ke Word?

Jawaban 1: Ya, ada. Anda bisa menggunakan fitur ‘Pastelink’ untuk lebih mudah menampilkan data Excel di dalam dokumen Word. Caranya adalah:

  1. Buka file Excel yang ingin Anda salin atau copy.
  2. Pilih sel atau area data yang ingin Anda copy.
  3. Tekan tombol ‘Ctrl + C’ pada keyboard Anda untuk menyalin data tersebut.
  4. Buka file Word yang ingin Anda tempelkan data Excel tersebut.
  5. Pastikan kursor Anda berada di tempat yang tepat atau di mana Anda ingin menempelkan data tersebut.
  6. Klik kanan pada dokumen Word tersebut dan pilih ‘Pastelink’ pada dropdown-menu.
  7. Pilih ‘Microsoft Excel Worksheet Object’ dari daftar jenis koneksi.
  8. Klik tombol ‘OK’ untuk menempelkan data Anda.
Baca Juga :  CARA IMPORT DATA EXCEL KE MYOB

Pertanyaan 2: Bagaimana cara membuat grafik di Microsoft Excel?

Jawaban 2: Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat grafik di Microsoft Excel:

  1. Buka file Excel yang ingin Anda gunakan.
  2. Pilih sel atau area data yang ingin Anda jadikan sebagai grafik.
  3. Klik menu ‘Insert’ dan pilih ‘Chart’.
  4. Pilih tipe grafik yang diinginkan dan klik tombol ‘OK’.
  5. Ubah format grafik sesuai dengan keinginan Anda.

Video Cara Copy Data Excel dari Horizontal ke Vertikal

Berikut adalah video yang dapat membantu Anda dalam memahami cara copy data Excel dari horizontal ke vertikal: