CARA CEPAT SORTIR DATA EXCEL DENGAN PATOKAN KOLOM TERTENTU

Pemahaman pada dasar Microsoft Excel adalah hal yang perlu kita kuasai. Salah satu yang paling sering digunakan adalah mengisi data ke dalam sebuah tabel. Saat kita mengisi data pada sebuah tabel dengan mengklik sel satu per satu, pasti akan memakan waktu yang sangat lama, terutama jika data yang akan diisi dalam jumlah yang banyak.

Kolom hanya perlu diisi pada satu baris saja, kemudian data tersebut akan secara otomatis mengisi sel sel berikutnya pada kolom tersebut. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mengisi data yang sama pada kolom secara otomatis, sehingga akan memudahkan kita dalam bekerja di Excel.

Cara Mengisi Data Yang Sama pada Kolom Secara Otomatis Menggunakan Excel

Mengisi data pada kolom yang sama secara otomatis menggunakan Excel merupakan cara yang lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat menyederhanakan pekerjaan kita dalam pembuatan daftar nama, alamat, atau kolom lainnya. Berikut adalah cara mengisi data yang sama pada kolom secara otomatis menggunakan Excel:

1. BUATLAH TABEL MENGGUNAKAN EXCEL

Pertama-tama, buatlah tabel menggunakan Excel dengan jumlah kolom dan baris yang diinginkan. Contohnya, kita akan membuat tabel dengan kolom nama depan, nama belakang, umur, dan alamat.

2. MASUKKAN DATA YANG INGIN DIISI

Setelah tabel terbentuk, masukkan data yang ingin diisi pada kolom. Misalnya, pada kolom “alamat” kita ingin mengisi data “Jl. Gatot Subroto” pada sel A2, kemudian kita akan auto fill data tersebut pada sel-sel berikutnya pada kolom tersebut.

3. KLIK SEL YANG INGIN DIISI

Klik pada sel yang ingin diisi, yaitu sel A2 pada kolom alamat.

4. KLIK PADA KOTAK DI SEBELAH KIRI BAWAH SEL YANG DIPILIH

Baca Juga :  Cara Mendelet Data Sama Di Excel

Kotak yang dimaksud berada di sebelah kiri bawah sel A2.
*/gambar1.jpg h2=Cara Mengisi Data yang Sama pada Kolom Secara Otomatis/img alt=”Gambar 1″/p

Perhatikan gambar di atas, kotak yang dimaksud adalah kotak yang dilingkari warna merah. Klik pada kotak tersebut, kemudian tarik ke bawah atau sel-sel yang akan kita auto fill data, hingga sel-sel yang ingin diisi terpilih. Pada gambar di atas, kita akan auto fill data pada sel A3, A4, A5, dan seterusnya.

5. KLIK KANAN PADA SEL YANG DIPILIH

Setelah sel-sel yang ingin diisi dipilih, klik kanan pada sel yang dipilih. Akan muncul menu pop-up, pilih “Fill Series”.

6. PILIH PILIHAN “DAYS” PADA MENU “TYPE”

Pada menu pop-up, terdapat pilihan “Type”, pilih “Days” pada kolom “Series in”.

7. KLIK OK

Lalu, klik “OK”.

Maka, sel-sel yang dipilih akan terisi data pada kolom yang sama secara otomatis sesuai dengan data yang kita inputkan pada sel pertama.

8. AUTO FILL MENGGUNAKAN SHORTCUT “CTRL + D”

Jika ingin auto fill menggunakan shortcut, tekan “CTRL + D” pada sel yang ingin diisi.

Lalu, dengan cara ini kita sudah berhasil mengisi data pada kolom yang sama secara otomatis. Namun, terdapat juga cara lain yang dapat kita gunakan untuk mengisi data pada kolom secara otomatis.

Mengisi Data pada Kolom Secara Otomatis dengan Menggunakan Rumus

Selain menggunakan cara di atas, kita juga dapat mengisi data pada kolom secara otomatis dengan menggunakan rumus. Contohnya, memiliki data tanggal yang dinyatakan dalam format hari, bulan, dan tahun. Kita ingin mengisi data tersebut secara otomatis ke dalam sel-sel kolom pada Excel. Berikut adalah caranya:

Baca Juga :  CARA ACAK DATA DI EXCEL HANYA DUA PILIHAN

1. BUATLAH TABEL

Sama seperti cara sebelumnya, pertama-tama kita harus membuat tabel menggunakan Excel dengan jumlah kolom dan baris yang diinginkan.

2. MASUKKAN DATA PERTAMA PADA KOLOM YANG INGIN DIAUTO FILL

Pada contoh ini, kita akan mengisi tanggal pada kolom A. Kita masukkan data pada A2.

3. KETIKKAN RUMUS PADA SEL YANG INGIN DIAUTO FILL

Selanjutnya, ketikkan rumus pada sel yang ingin kita auto fill. Pada contoh ini, pada sel A3, ketikkan rumus =A2+1. Kemudian, tekan “Enter”.

4. AUTO FILL MENGGUNAKAN SHORTCUT “CTRL + R”

Jika ingin mengisi rumus pada sel-sel berikutnya pada kolom A, cukup tekan “CTRL + R”, maka data pada sel-sel berikutnya akan diisi secara otomatis sesuai dengan rumus yang kita ketikkan.

Nah, itulah cara untuk mengisi data yang sama pada kolom secara otomatis menggunakan Excel, baik dengan cara mengisi langsung pada sel, maupun menggunakan rumus.

FAQ

1. Apakah ada cara lain selain rumus dan cara auto fill pada Excel?
Ada, salah satu cara lain adalah dengan menggunakan fitur “Flash Fill” pada Excel. Fitur ini akan mengenali pola pengisian data yang kita ingin auto fill, sehingga proses auto fill dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

2. Apa keuntungan dari menggunakan fitur auto fill pada Excel?
Keuntungan dari menggunakan fitur auto fill pada Excel adalah dapat menghemat waktu dan usaha dalam mengisi data pada kolom yang sama. Selain itu, auto fill juga mencegah kesalahan pengetikan karena data yang diisi akan sama persis pada sel-sel yang sama.

Video Tutorial

*/youtube_video_url/ddk23kfs958 h2=Cara Mengisi Data yang Sama pada Kolom Secara Otomatis menggunakan Excel/img alt=”Gambar 2″/p

Baca Juga :  Cara Mengedit Data Source Mail Merge Mdb Ke Excel

Demikian tulisan kami tentang cara mengisi data yang sama pada kolom secara otomatis menggunakan Excel. Semoga bermanfaat!