CARA CEPAT MENGCOPY FILE EXCEL YANG TERDIRI DARI BANYAK SHEET

Jika Anda menggunakan Excel sebagai program spreadsheet Anda, maka tentu saja Anda akan sering menggunakan fitur copy, paste, dan cut. Ketiga fitur ini sangat penting untuk mempercepat pekerjaan pengolah data. Namun, apakah Anda sudah tahu cara menggunakan fitur copy di Excel dengan cepat dan mudah?

Cara Mengcopy di Excel dengan Cepat

Jika Anda masih menggunakan cara lama dengan menggunakan tombol Copy Paste, maka sebaiknya Anda segera beralih ke cara yang lebih cepat dan efektif. Berikut ini adalah cara mengcopy di Excel dengan cepat dan mudah.

  • Cara 1: Anda cukup menekan tombol Ctrl+C pada sel atau range yang ingin Anda salin. Kemudian tempatkan kursor pada sel atau range tempat Anda ingin menempelkan data tersebut dan tekan tombol Ctrl+V. Atau Anda juga dapat menggunakan kombinasi tombol Ctrl+X untuk mengcut data yang ingin dipindahkan.

  • Cara 2: Pada ribbon home, klik ikon copy pada grup clipboard. Kemudian pilih sel atau range yang ingin Anda salin. Tempatkan kursor pada sel atau range tempat Anda ingin menempelkan data tersebut dan klik ikon paste pada grup clipboard. Anda juga dapat menggunakan ikon cut untuk meng-cut data yang ingin dipindahkan.

  • Cara 3: Double click pada cell yang ingin Anda copy. Kemudian tekan tombol Ctrl+C untuk menyalin data tersebut. Tempatkan kursor pada sel atau range tempat Anda ingin menempelkan data tersebut dan tekan tombol Ctrl+V. Cara ini sangat efektif jika Anda hanya ingin memindahkan data pada beberapa cell saja.

Cara Mengcopy Lebih dari Satu Sheet Sekaligus

Jika Anda ingin mengcopy lebih dari satu sheet sekaligus, Anda bisa menggunakan cara berikut:

  • Cara 1: Pilih sheet pertama yang ingin Anda copy. Kemudian tekan dan tahan tombol Shift, lalu pilih sheet terakhir yang ingin Anda copy. Jika Anda ingin memilih sheet secara acak, bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Click. Setelah dipilih, Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga cara diatas untuk menyalin data tersebut.

  • Cara 2: Pilih sheet pertama yang ingin Anda copy. Kemudian di sheet yang pertama tersebut klik kanan dan pilih Move or Copy. Centang yang pada Create a copy dan kemudian pilih sheet kedua dimana Anda ingin menempatkan sheet tersebut. Cara ini juga bisa Anda gunakan untuk meng-copy sheet ke workbook yang lain.

  • Cara 3: Pilih kedua sheet yang ingin Anda copy. Kemudian tekan tombol Ctrl+C. Kemudian klik kanan pada workbook baru yang kosong dan pilih Paste Special. Kemudian pada jendela yang muncul, pilih Copy Sheets atau Copy Sheets with Formatting tergantung kebutuhan Anda.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan cara mengcopy di Excel.

Pertanyaan 1: Apakah ada cara cepat untuk mengcopy seluruh sheet pada sebuah workbook?

Jawaban: Ya, Anda bisa menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Click pada tombol sheet pertama dan terakhir dengan mengklik tombol sheet pertama dengan Ctrl ditekan, kemudian klik sheet terakhir untuk memilih seluruh sheet diantara keduanya. Kemudian Anda bisa menggunakan salah satu dari tiga cara diatas untuk menyalin seluruh sheet tersebut.

Baca Juga :  Cara Memindahkan Data Excel Ke Word Dalam Bentuk Kolom

Pertanyaan 2: Bagaimana cara mengcopy agar seluruh format pada sheet yang disalin bisa terbawa ke sheet yang dituju?

Jawaban: Salah satu cara untuk meng-copy sheet beserta formatnya adalah dengan menggunakan metode Paste Special. Pada langkah terakhir saat menyalin data, pilih ikon Paste Special atau tekan Ctrl+Alt+V. Kemudian pada jendela yang muncul, pilih Paste All atau Paste Formats tergantung kebutuhan Anda.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial yang menjelaskan cara mengcopy pada Excel: