Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara menemukan data yang sama atau duplikat di Excel. Sebagai orang yang bekerja dengan Excel, mungkin seringkali kita memerlukan analisa data yang akurat dan konsisten. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan menemukan data yang sama atau duplikat. Langsung saja, berikut adalah cara-cara untuk menemukan data yang sama di Excel.
1. Menggunakan fitur conditional formatting
Fitur conditional formatting merupakan salah satu fitur yang sangat berguna untuk melakukan filter data pada Excel. Dengan fitur ini, kita bisa dengan mudah menemukan data yang sama atau duplikat. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
– Pilih data yang akan di cek
– Klik conditional formatting pada ribbon excel
– Pilih Duplicate Values
– Atur format yang akan diberikan pada data yang duplikat
– Klik OK
Setelah langkah-langkah tersebut selesai dilakukan, maka Excel akan memberi tahu kita secara langsung dengan format yang telah kita berikan untuk data yang duplikat.
2. Menggunakan rumus COUNTIF
Rumus COUNTIF merupakan rumus yang sangat berguna untuk menghitung kemunculan suatu tipe data pada range sel yang kita tentukan. Rumus ini juga bisa digunakan untuk menemukan data yang sama atau duplikat. Berikut adalah langkah-langkahnya:
– Ketik fungsi COUNTIF pada sel baru
– Tentukan range sel pada argumen pertama pada COUNTIF
– Masukkan kriteria yang ingin dicari pada argumen kedua
– Klik enter pada keyboard
Setelah langkah-langkah tersebut selesai dilakukan, Excel akan memberitahukan kepada kita jumlah sel yang mempunyai kriteria yang kita cari. Jika jumlahnya lebih dari satu, berarti kita telah menemukan data duplikat.
Mungkin ada beberapa pertanyaan yang muncul ketika kita akan mencari data yang sama atau duplikat di Excel. Berikut beberapa FAQ (Frequently Asked Question) yang paling sering muncul:
1. Apa dampak ketika kita memiliki data duplikat di Excel?
Jawab: Ketika kita memiliki data duplikat di Excel, maka hal tersebut bisa mempengaruhi hasil analisa data yang kita buat. Kita tidak dapat mengetahui secara pasti angka akhir yang benar karena terdapat data duplikat yang mengganggu. Selain itu, data duplikat juga dapat menambah beban pada proses analisa data.
2. Bagaimana cara menghapus data duplikat di Excel?
Jawab: Terdapat dua cara untuk menghapus data duplikat di Excel. Cara pertama adalah dengan menggunakan fitur Remove Duplicates. Langkah-langkah untuk menggunakan fitur ini adalah sebagai berikut:
– Pilih data yang akan dihapus duplikatnya
– Klik tab Data pada ribbon Excel
– Pilih Remove Duplicates
– Tentukan kriteria data yang ingin dijadikan acuan untuk remove duplicates
– Klik OK
Setelah langkah-langkah tersebut selesai dilakukan maka, Excel akan menghapus data duplikat pada sel yang telah kita seleksi.
Cara kedua untuk menghapus data duplikat adalah dengan menggunakan rumus IF dan VLOOKUP. Berikut langkah-langkahnya:
– Buat kolom baru untuk menandai data yang duplikat
– Ketik fungsi IF pada sel pertama pada kolom tadi dengan menggunakan rumus berikut: =IF(VLOOKUP(A2,$A$1:$A1,1,FALSE)=A2,”Duplicate”,””)
– Salin rumus pada sel yang lain
– Pilih sel yang akan dihapus duplikatnya
– Klik tab Data pada ribbon Excel
– Pilih Advanced Filter
– Tentukan kriteria data yang ingin dijadikan acuan untuk Advanced Filter seperti pada gambar
– Klik OK
Setelah langkah-langkah tersebut selesai dilakukan, maka Excel akan menghapus data duplikat pada sel yang kita seleksi dengan cara menandai sel yang duplikat terlebih dahulu.
Sekian pembahasan tentang cara menemukan data yang sama atau duplikat di Excel. Jika masih memiliki pertanyaan lain, silahkan tulis di kolom komentar. Berikut adalah video Youtube yang bisa membantu Anda lebih memahami cara menemukan data duplikat di Excel.
Demikian artikel Pilar yang dapat kami sajikan kali ini. Artikel ini diharapkan dapat bermanfaat bagi Anda yang bekerja dengan Excel terutama dalam melakukan analisa data. Jangan lupa untuk selalu mencari informasi terkait Excel agar kita dapat menggunakan software ini dengan baik dan benar. Terima kasih.