CARA CEPAT MENCARI DATA DI EXCEL PER SHEET

Apakah kamu sering kesulitan mencari data ganda di Microsoft Excel? Jangan khawatir, di artikel ini kami akan memberikan cara cepat untuk mencari data ganda di Excel.

Langkah-Langkah Mencari Data Ganda di Excel

1. Buka file Excel yang ingin kamu cek keberadaan duplikat data-nya.

2. Pilih seluruh data yang ingin di-check duplikat-nya. Cara termudah adalah dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl + A.

3. Setelah seluruh data terpilih, pilih menu Home dan klik Conditional Formatting di bagian kanan atas.

4. Pilih opsi Highlight Cells Rules dan pilih opsi Duplicate Values. Pada opsi ini, kamu diminta untuk memilih warna yang ingin diberikan pada sel yang berisikan data duplikat tersebut. Saat kamu memilih warna, setiap sel yang samadengan dublikat akan dimasukkan ke dalam kelompok data sesuai warna yang kamu pilih.

5. Selesai! Seluruh bentuk data duplikat kini sudah dikelompokkan dalam kelompok warna yang kamu pilih tadi.

FAQ

1. Apa itu data duplikat?

Data duplikat adalah suatu kondisi dimana terdapat data yang sama di dalam satu atau beberapa sel yang berbeda dalam sebuah spreadsheet.

2. Mengapa penting untuk mencari data duplikat?

Mencari data duplikat penting dilakukan untuk memastikan kualitas data yang ada dalam sebuah spreadsheet atau data yang digunakan untuk analisis lebih lanjut. Selain itu, mencari dan menghilangkan data duplikat juga dapat membantu mengoptimalkan waktu dan efisiensi dalam mengelola data.

Video Tutorial: Cara Cepat Mencari Data Ganda di Excel

Kenali Lebih Jauh Fungsi-Fungsi di Excel Untuk Lebih Memudahkan Penanganan Data

Cara Mencari Data Ganda / Duplikat di Excel dengan Cepat di Excel 2007

1. Buka file Excel yang ingin kamu cek keberadaan duplikat data-nya.

2. Pilih seluruh data yang ingin di-check duplikat-nya. Cara termudah adalah dengan menggunakan keyboard shortcut Ctrl + A.

3. Pilih menu Data dan klik Remove Duplicates di bagian paling kanan bawah.

4. Pilih seluruh kolom yang ingin di-check duplikat-nya. Kamu dapat memilih satu kolom saja atau beberapa kolom sekaligus dengan menekan Ctrl pada keyboard sebelum kamu memilih sel.

5. Setelah selesai memilih kolom yang ingin di-check, klik OK.

6. Selesai! Seluruh bentuk data duplikat kini sudah dihapuskan dari halaman Excel.

FAQ

1. Apa perbedaan cara memeriksa data ganda menggunakan Highlight Cells Rules dan Remove Duplicates?

Highlight Cells Rules hanya digunakan untuk menandai/meng-highlight data yang duplikat saja dan tidak akan menghapus data tersebut dari halaman spreadsheet. Sementara Remove Duplicates digunakan untuk menghapus seluruh data duplikat yang ada di dalam halaman spreadsheet.

2. Saya sudah mengikuti langkah-langkah menghapus data duplikat namun masih ada data duplikat yang tersisa. Apa yang harus saya lakukan?

Jika kamu masih menemukan data duplikat setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, ada kemungkinan fitur Remove Duplicates tidak dapat menghapus data yang kamu maksud karena adanya perbedaan yang sangat kecil/tidak terlihat pada data tersebut. Kamu dapat menggunakan fitur Find and Replace untuk mengganti data duplikat dengan data baru agar lebih mudah dihapus.

Baca Juga :  cara membuat list dropdown di excel dari sheet berbeda Excel membuat menggabungkan concat

Video Tutorial: Cara Mencari Data Duplikat dan Menghapusnya Dengan Mudah di Microsoft Excel

Kesimpulan

Mencari data duplikat di Microsoft Excel ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat dengan mudah menemukan dan menghapus duplikat data yang ada pada halaman spreadsheet.