CARA CEPAT MEMBUAT DATA BANYAK DI WORD DARI EXCEL

Hi Sobat Penulis Artikel Pilar, dalam artikel kali ini kita akan membahas cara membuat grafik di Excel serta cara membuat file baru MS Word dari Excel dengan Macro VBA dan cara memasukkan tabel Excel ke Word. Yuk simak!

Cara Membuat Grafik di Excel

Grafik adalah salah satu cara yang efektif dalam memvisualisasikan data. Ada beberapa cara untuk membuat grafik di Excel, diantaranya :

Cara Membuat Grafik dengan Chart Wizard

Langkah awal dalam membuat grafik di Excel adalah dengan menggunakan Chart Wizard. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih data yang akan dibuat grafik
  2. Klik tombol Chart Wizard pada toolbar
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan, misalnya Bar
  4. Atur lokasi grafik, misalnya pada spreadsheet yang sama atau pada worksheet yang baru
  5. Klik Next dan atur informasi lain seperti label sumbu dan judul grafik
  6. Klik Finish

Setelah selesai, grafik akan terlihat pada worksheet Excel. Sobat juga dapat menyesuaikan grafik dengan mengklik elemen grafik dan mengubah propertinya pada bagian Chart Options yang terletak pada task pane.

Cara Membuat Grafik dengan Shortcut

Sobat juga dapat menggunakan shortcut untuk membuat grafik di Excel. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Pilih data yang akan dibuat grafik
  2. Tekan kombinasi tombol Alt + F1 pada keyboard
  3. Grafik akan terlihat pada worksheet Excel

Setelah itu, Sobat dapat menyesuaikan grafik seperti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Membuat Analisis Regresi Dengan Excel

Cara Membuat File Baru MS Word dari Excel dengan Macro VBA

Macro VBA adalah tools yang digunakan untuk membuat script atau program dalam Microsoft Office. Dalam konteks membuat file baru MS Word dari Excel, kita dapat menggunakan Macro VBA untuk membuat kode program yang dapat mengambil data dari Excel dan membuat file baru di MS Word.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi Excel dan buat data yang ingin diambil
  2. Buka VBA Editor dengan menekan kombinasi tombol Alt + F11
  3. Pilih Insert > Module
  4. Ketik kode program berikut :
  5. Sub Copy_To_Word()
    Dim objWord
    Dim objDoc
    Dim objSelection
    Set objWord = CreateObject("Word.Application")
    Set objDoc = objWord.Documents.Add()
    Set objSelection = objWord.Selection
    objSelection.TypeText Worksheets("Sheet1").Range("A1:D10").Value
    objDoc.SaveAs "C:\My Documents\Test.docx"
    objWord.Quit
    Set objSelection = Nothing
    Set objDoc = Nothing
    Set objWord = Nothing
    End Sub
      
  6. Simpan kode program dengan menekan kombinasi tombol Ctrl + S
  7. Klik pada worksheet Excel dan tekan kombinasi tombol Alt + F8
  8. Pilih makro Copy_To_Word dan klik Run
  9. File baru di MS Word akan terbuat dengan data dari Excel

Itulah cara membuat file baru MS Word dari Excel dengan Macro VBA yang mudah untuk dilakukan. Dalam penggunaannya, Sobat dapat menyesuaikan range yang ingin diambil serta direktori tempat menyimpan file baru.

Cara Memasukkan Tabel Excel ke Word

Selain membuat file baru MS Word dari Excel dengan Macro VBA, Sobat juga dapat memasukkan tabel Excel ke dalam dokumen MS Word. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka aplikasi MS Word dan buat dokumen baru
  2. Pilih tab Insert > Table > Excel Spreadsheet
  3. Pilih file Excel yang ingin dimasukkan tabelnya
  4. Akan muncul tabel Excel pada dokumen MS Word
  5. Sobat dapat menyesuaikan tabel dengan menekan tombol Tab untuk menambah kolom atau Shift + Tab untuk menghapus kolom
Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Absen Di Microsoft Excel 2010 Wiki How

Setelah selesai, Sobat dapat menyimpan dokumen MS Word dengan tabel Excel tersebut sebagai file terpisah atau mengatur informasi lain seperti pengaturan margin, pengaturan font, dan sebagainya. Cara ini sangat berguna dalam memudahkan penyusunan dokumen yang lebih representatif dan teratur.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Macro VBA?

Macro VBA adalah tools yang digunakan untuk membuat script atau program dalam Microsoft Office.

Apakah saya dapat memasukkan tabel Excel ke dalam dokumen MS Word?

Ya, Sobat dapat memasukkan tabel Excel ke dalam dokumen MS Word dengan memilih tab Insert > Table > Excel Spreadsheet dan memilih file Excel yang ingin dimasukkan tabelnya.

Cara membuat grafik di Excel juga dapat disimak dari video tutorial berikut :

Itulah penjelasan singkat mengenai cara membuat file baru MS Word dari Excel dengan Macro VBA, cara memasukkan tabel Excel ke dalam dokumen MS Word, serta cara membuat grafik di Excel. Semoga bermanfaat bagi Sobat Penulis Artikel Pilar!