CARA BUKA DATA YANG KE HIDE DI EXCEL

Excel adalah program pengolah data yang sangat populer di kalangan pengguna komputer. Mungkin banyak dari kita yang pernah menggunakan Microsoft Excel untuk mengelola data dan membuat laporan. Akan tetapi, terkadang kita ingin menyembunyikan data pada Excel agar tidak terlihat oleh orang lain yang bukan merupakan pihak yang berkepentingan. Berikut ini adalah cara-cara untuk menyembunyikan data pada Excel.

Cara Menyembunyikan Baris dan Kolom pada Excel

Kita dapat menyembunyikan baris dan kolom pada Excel dengan mudah. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Pilih baris atau kolom yang ingin disembunyikan.
  2. Klik kanan pada baris atau kolom yang dipilih.
  3. Pilih opsi “Sematkan” pada menu yang muncul.
  4. Baris atau kolom yang dipilih akan disembunyikan.

Jika kita ingin menampilkan kembali baris atau kolom yang telah disembunyikan, langkah-langkahnya yaitu:

  1. Pilih baris atau kolom yang ada di sebelah kiri atau kanan baris atau kolom yang disembunyikan.
  2. Klik kanan pada baris atau kolom yang dipilih.
  3. Pilih opsi “Sematkan” pada menu yang muncul.
  4. Baris atau kolom yang telah disembunyikan akan ditampilkan kembali.

Cara Menyembunyikan Sel pada Excel

Selain menyembunyikan baris dan kolom pada Excel, kita juga dapat menyembunyikan sel. Langkah-langkahnya yaitu:

  1. Pilih sel atau rentang sel yang ingin disembunyikan.
  2. Klik kanan pada sel atau rentang sel yang dipilih.
  3. Pilih opsi “Format Cells” pada menu yang muncul.
  4. Pada jendela “Format Cells”, pilih opsi “Custom” pada tab “Number”.
  5. Masukkan tanda semicolon (;) pada kotak yang kosong di bawah opsi “Type”.
  6. Klik tombol “OK” untuk menyelesaikan.
Baca Juga :  BAGAIMANA CARA EXCEL MENYIMPAN DATA SENDIRI TANPA MENYIMPANG ULANG

Sel yang dipilih akan disembunyikan dan sel-sel lainnya akan bergeser untuk mengisi ruang yang kosong. Jika kita ingin menampilkan kembali sel yang telah disembunyikan, kita dapat melakukannya dengan cara yang sama seperti cara menyembunyikan sel tadi.

FAQ

1. Mengapa perlu menyembunyikan data pada Excel?

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu menyembunyikan data pada Excel. Salah satunya adalah untuk menjaga kerahasiaan data yang tidak perlu dipublikasikan kepada semua orang. Selain itu, dalam beberapa kasus, kita mungkin ingin mendapatkan kesan minimalis pada laporan kita dengan menyembunyikan beberapa baris atau kolom yang tidak penting.

2. Apakah data yang disembunyikan pada Excel benar-benar aman dari orang yang tidak seharusnya melihatnya?

Tidak sepenuhnya. Meskipun kita telah menyembunyikan data pada Excel, terdapat cara-cara tertentu yang dapat dilakukan untuk mengembalikan data yang disembunyikan tersebut. Namun, hal ini membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih dalam dan tidak akan mudah dilakukan oleh orang awam. Oleh karena itu, meskipun tidak sepenuhnya aman, menyembunyikan data pada Excel masih cukup efektif untuk menjaga kerahasiaan data dalam kondisi normal dan mencegah pemilik data dari orang-orang yang tidak seharusnya melihatnya.

Check out the video below for more information: