Microsoft Excel adalah salah satu program yang paling banyak digunakan di dunia. Banyak orang yang menggunakan Excel untuk berbagai kebutuhan, mulai dari pengolahan angka hingga pembuatan grafik dan tabel. Salah satu fitur yang paling sering digunakan di Excel adalah drop down list atau daftar turun. Di sini kami akan memberi tahu cara membuat drop down list di Excel
Cara Bikin Ceklis Di Excel
Untuk membuat drop down list di Excel, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan drop down list di dalamnya.
2. Pilih sel tempat Anda ingin menempatkan drop down list.
3. Klik tab “Data” yang terdapat di menu tab Excel.
4. Klik “Data Validation”.
5. Pilih “List” dari dropdown yang tersedia di dalam jendela dialog “Allow” pada tab “Settings”.
6. Masukkan daftar item yang ingin ditampilkan di dalam drop down list di dalam kotak “Source”. Anda dapat menuliskannya secara manual atau cukup memilih sel yang ingin Anda tampilkan dan menambahkan semicolon (;).
7. Klik “OK” untuk menyelesaikan fungsi.
Itu adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membuat drop down list di Excel. Sekarang, jika Anda ingin mencetak sel yang berisi drop down list, cukup klik tanda panah kecil yang muncul di sebelah kanan sel drop down list untuk melihat daftar item yang tersedia.
Cara Buat Drop Down List Di Excel
Sebenarnya, membuat drop down list di Excel juga dapat dilakukan dengan cara yang berbeda. Berikut ini langkah-langkahnya:
1. Buka Excel dan buat tabel dengan header dan item.
2. Pilih sel yang ingin Anda tambahkan drop down list.
3. Klik tab “Developer”.
4. Klik “Insert” dan pilih “Combo Box”.
5. Hapus label dan daftar item default pada combo box.
6. Klik “Properties” pada combo box.
7. Ubah value pada “ListFillRange” dengan range sel yang berisi daftar item di tabel Anda.
8. Tutup “Properties” dan “Developer”.
9. Sekarang, saat Anda mengklik kotak combo, daftar item yang Anda tetapkan muncul.
Cara Membuat Dropdown List Bertingkat Di Excel
Jika Anda ingin membuat drop down list bertingkat di Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:
1. Buka Excel dan buat tabel yang mencakup semua item dan sub-item yang akan tampil dalam drop down list bertingkat.
2. Pilih sel yang akan menampung drop down list pertama. Klik “Data Validation” pada tab “Data”.
3. Di jendela dialog “Data Validation”, pilih “List” pada bagian “Allow”.
4. Pada bagian “Source”, ketik formula “=$A$2:$A$5”. Tentu saja, Anda perlu mengganti alamat sel dengan alamat sel yang Anda ingin tampilkan dalam drop down list bertingkat.
5. Klik “OK” dan drop down list pertama akan disimpan di sel yang Anda tentukan. Lakukan langkah-langkah yang sama untuk drop down list kedua. Namun, input di bagian “Source” sekarang harus diubah menjadi formula “=INDIRECT($B$1)” dengan kondisi bahwa Anda meletakkan drop down list kedua di atas drop down list pertama.
6. Lakukan hal yang sama untuk drop down list ketiga. Input pada bagian “Source” sekarang harus diubah menjadi formula “=INDIRECT(B2)” (keseluruhan formula akan terlihat seperti “=$A$2:$A$5”) untuk drop down list ketiga jika drop down list kedua berada di sel B1.
7. Saat item dipilih dalam drop down list pertama, drop down list kedua dan ketiga lalu muncul.
Fungsi IF Bertingkat Menghitung Bmi
Jika Anda ingin membuat rumus Excel yang dapat menghitung BMI, Anda dapat menggunakan rumus IF bertingkat di Excel. Ini adalah langkah-langkah untuk membuat rumus:
1. Buka dokumen Excel baru dan buat kolom “Berat Badan” dan kolom “Tinggi Badan”.
2. Buat kolom baru dan beri nama “BMI.”
3. Tulis rumus BMI di kolom baru itu: “= IF(C2>0, (B2/(C2*C2))*703, “” )”
4. Salah satu rumus ini akan menentukan apakah kolom Tinggi Badan berisi data. Rumus ini hanya akan berfungsi jika data Tinggi Badan jauh lebih besar dari nol.
Saat rumus dijalankan, kolom BMI akan menghitung nilai BMI dari berat dan tinggi badan.
FAQ
1. Mengapa drop down list begitu penting di Excel?
Drop down list sangat penting di Excel karena menambahkan kemudahan bagi pengguna untuk memilih nilai pada sebuah cell dengan mudah. Ini juga mempercepat input data, mengurangi kesalahan input manusia, dan menambah kontrol atas jenis data yang dimasukkan ke dalam lembar kerja Excel.
2. Dapatkah saya menggunakan gambar sebagai input dalam drop down list di Excel?
Tidak, Excel hanya mengizinkan teks untuk digunakan sebagai input di dalam drop down list.