CARA BUAT COPY DATA VERTIKAL MENJADI HORIZOBTAL DI EXCEL

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara copy paste di Excel tanpa merubah format. Merupakan suatu hal yang tidak asing bagi kita yang sering menggunakan Microsoft Excel sebagai program pengolah data. Copy paste sering dilakukan untuk mempermudah pengolahan data sehingga tidak perlu menuliskan data dari awal lagi. Akan tetapi, jika kita melakukan copy paste di Excel, seringkali format dari data yang kita salin tidak terbawa dengan benar dan menyebabkan data menjadi tidak rapi. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut, kita akan membahas cara agar dapat melakukan copy paste di Excel tanpa merubah format.

Cara Copy Paste Di Excel Tanpa Merubah Format

1. Gunakan Fitur “Paste Special”

Cara pertama yang dapat kita gunakan untuk melakukan copy paste di Excel tanpa merubah format adalah dengan menggunakan fitur “Paste Special”. Fitur ini dapat membantu kita untuk menyelesaikan masalah yang kerap terjadi pada saat melakukan copy paste di Excel, yaitu format data yang berantakan.

Berikut ini langkah-langkah penggunaan fitur “Paste Special”:

a. Lakukan copy data seperti biasa
b. Pilih sel yang akan kita tempatkan data yang akan disalin
c. Pilih menu “Paste Special” pada toolbar atau gunakan shortcut Ctrl + Alt + V
d. Pilih opsi “Values” untuk hanya menempelkan nilai dari data yang disalin tanpa formatnya
e. Klik “OK”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita dapat menyalin data tanpa merubah format pada file Excel kita.

2. Lakukan Copy Paste Menggunakan “Paste Preview”

Cara selanjutnya yang dapat kita gunakan untuk melakukan copy paste di Excel tanpa merubah format data adalah dengan menggunakan “Paste Preview”. Fitur ini dapat membantu kita untuk melihat sebelum menempelkan data, sehingga memungkinkan kita untuk mengontrol agar format data tetap rapi dan tidak berantakan.

Berikut ini langkah-langkah untuk menggunakan Paste Preview pada Excel:

a. Lakukan copy data seperti biasa
b. Pilih sel yang akan kita tempatkan data yang akan disalin
c. Pilih menu “Paste” pada toolbar atau gunakan shortcut Ctrl + V
d. Diikuti dengan “Paste Special” > “Paste Preview” atau gunakan shortcut Alt + P
e. Pilih opsi “Keep Source Formatting” untuk menempelkan data dengan format yang sama seperti sumbernya atau pilih “Merge Formatting” untuk menempelkan data dengan format yang sama seperti yang ada di tempat tujuan
f. Klik “OK” untuk menyelesaikan proses copy paste

Dengan cara seperti ini, kita dapat menyalin data tanpa merubah format dan mengatur ulang tata letak data yang dihasilkan.

FAQ

Q: Apakah menggunakan fitur “Paste Special” membuat kita tidak bisa menyalin format yang sama?
A: Tidak. Fitur “Paste Special” menyediakan beberapa opsi termasuk menjaga format yang sama dengan data sumbernya ketika sedang melakukan copy paste. Hanya saja, dengan menggunakan fitur ini kita juga dapat menentukan bagian mana dari data yang ingin kita salin, seperti hanya nilai atau hanya rumus.

Q: Apakah “Paste Preview” hanya digunakan untuk mengetahui preview data saja sebelum menempelkan?
A: Tidak. Fitur “Paste Preview” juga dapat digunakan untuk menempelkan data secara langsung, dengan memilih opsi yang diinginkan dari menu yang tersedia pada panel paste preview. Selain itu, fitur ini juga menyediakan opsi pengaturan lainnya seperti menjaga format, hanya menempelkan nilai, dan lain-lain.

Video Youtube

Untuk memperkaya informasi yang telah dibahas di atas, dapat disertakan video tutorial mengenai cara melakukan copy paste di Excel tanpa merubah format. Video tutorial tersebut dapat membantu memperjelas cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Berikut ini adalah video tutorialnya:

Baca Juga :  CARA BLOK CELL OTOMATIS KE AKHIR DATA DI EXCEL
[youtube video=”JOyr_qq8ozQ”]

Kesimpulan

Melakukan copy paste di Excel adalah hal yang sangat sering dilakukan oleh semua pengguna Excel. Namun, sering kali format data tidak terbawa dengan benar dan menyebabkan data menjadi berantakan. Oleh karena itu, kita dapat menggunakan fitur “Paste Special” atau “Paste Preview” pada Excel untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan menggunakan salah satu dari fitur tersebut, kita dapat menyalin data tanpa merubah format dan mengatur ulang tata letak data yang dihasilkan. Video tutorial juga dapat membantu untuk memperjelas cara-cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Semoga informasi ini dapat berguna untuk anda yang sedang mencari cara untuk melakukan copy paste di Excel tanpa merubah format!