CARA BIKIN PILIHAN DI EXCEL

Cara Bikin Pilihan Di Excel – Mama Baca adalah salah satu tutorial yang sangat berguna bagi Anda yang ingin memiliki kemampuan dalam membuat pilihan di Excel. Excel merupakan aplikasi populer yang digunakan untuk mengolah data dan membuat tabel. Dalam aplikasi Excel, pengguna dapat dengan mudah membuat pilihan atau dropdown list untuk memudahkan data input.

Contoh Penggunaan Pilihan Di Excel

Sebagai contoh, jika anda ingin membuat sebuah tabel rekapitulasi nilai mahasiswa, maka pilihan sangat berguna untuk mempermudah penginputan nilai. Anda dapat membuat pilihan untuk kolom Jenis Kelamin, Jurusan, atau Status Mahasiswa seperti:

CARA BIKIN PILIHAN DI EXCEL

Dari gambar di atas, terlihat bahwa data yang dapat dimasukkan pada kolom Jurusan hanya terbatas pada pilihan yang telah ditentukan yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Sistem Informasi.

Cara Membuat Pilihan Di Excel

Berikut ini adalah cara membuat pilihan di Excel:

1. Buatlah List Pilihan

Pertama, Anda harus membuat list pilihan yang akan ditampilkan pada pilihan di Excel. Anda dapat membuat list pilihan di awal atau setelah membuat pilihan di Excel. Untuk membuat list pilihan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih cell atau range sel yang akan digunakan untuk list pilihan. Dalam contoh ini, cell B1 sampai B3 digunakan untuk list pilihan.
  2. Ketik data yang akan menjadi pilihan di cell yang telah Anda pilih. Dalam contoh ini, data yang dimasukkan adalah Akuntansi, Manajemen, dan Sistem Informasi.
Baca Juga :  cara membuat menghapus list pada excel Cara membuat checklist di excel 2013

2. Tentukan Sel Pilihan

Selanjutnya, tentukan sel pilihan di mana pilihan akan ditampilkan. Untuk menentukan sel pilihan, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih cell tempat Anda ingin menampilkan pilihan. Dalam contoh ini, cell C3 digunakan untuk menampilkan pilihan.
  2. Klik tab ‘Data’ pada Ribbon.
  3. Pilih ‘Validasi Data’ pada grup ‘Data Tools’.

3. Pilih Jenis Pilihan

Pilih jenis pilihan yang akan digunakan. Ada dua jenis pilihan di Excel: Dropdown dan Daftar Kotak Centang. Untuk contoh ini, kita akan membuat Drop Down. Untuk membuat Drop Down, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih ‘List’ pada kotak ‘Allow’
  2. Klik kotak ‘Source’ dan pilih cell di mana pilihan telah dibuat. Dalam contoh ini, cell B1 sampai B3.

4. Set Properties

Terakhir, atur properties untuk pilihan yang telah dibuat. Properties ini akan menentukan bagaimana pilihan akan ditampilkan dan bagaimana pilihan akan dioperasikan. Untuk melakukan hal ini, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih opsi ‘In-cell dropdown’ jika Anda ingin menampilkan pilihan sebagai dropdown di cell. Jika tidak, hapus tanda centang dari opsi ini.
  2. Pilih opsi ‘Ignore blank’ jika Anda ingin menganggap sel kosong sebagai kesalahan. Jika tidak, hapus tanda centang dari opsi ini.

Setelah selesai, klik ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan.

Cara Membuat Daftar Kotak Centang di Excel

Jika Anda ingin membuat daftar kotak centang (checkbox) di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buat List Pilihan

Pertama, buat list pilihan yang akan ditampilkan pada daftar kotak centang:

  1. Pilih cell atau range sel yang akan digunakan untuk list pilihan.
  2. Ketik data yang akan menjadi pilihan di cell yang telah Anda pilih.

2. Tentukan Sel Pilihan

Selanjutnya, tentukan sel di mana daftar kotak centang akan ditampilkan:

  1. Pilih cell tempat Anda ingin menampilkan daftar kotak centang.
  2. Klik tab ‘Developer’ pada Ribbon. Jika tab ‘Developer’ tidak terlihat, ikuti instruksi pada panduan ini untuk menampilkannya.
  3. Pilih ‘Insert’ pada grup ‘Controls’.
  4. Pilih jenis kotak centang yang Anda inginkan. Pilih ‘Checkbox’ untuk membuat daftar kotak centang.
Baca Juga :  Cara Menandai Data Di Excel Kurang Dari

3. Atur Properti Kotak Centang

Terakhir, atur properti untuk kotak centang yang telah dibuat. Properties ini akan menentukan bagaimana kotak centang akan ditampilkan dan bagaimana kotak centang akan dioperasikan:

  1. Klik kanan kotak centang dan pilih opsi ‘Format Control’. Opsi ini berfungsi untuk mengatur properti kotak centang.
  2. Pilih ‘Control’ pada tab ‘Format’.
  3. Pilih cell di mana list pilihan telah dibuat pada kotak ‘Input range’.

Setelah selesai, klik ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan.

FAQ

Bagaimana Cara Mengaktifkan Tab Developer di Excel?

Tab Developer pada Excel merupakan tab yang jarang digunakan dan sering kali disembunyikan oleh Microsoft. Untuk mengaktifkan Tab Developer, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pada Ribbon Excel, klik menu ‘File’ lalu pilih ‘Options’.
  2. Pada jendela Option Excel, pilih ‘Customize Ribbon’ di sisi kiri.
  3. Pada area Customize Ribbon dan Toolbar, pilih ‘Developer’ lalu klik tombol ‘Add’ di antara kedua panel.
  4. Akhirnya, klik ‘OK’ untuk menyimpan pengaturan.

Bagaimana Cara Menambahkan Video Youtube ke Excel?

Terkadang, video dapat menjelaskan lebih detail dari pada kata-kata. Jika Anda ingin menambahkan video di Excel, maka ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka YouTube, cari video yang ingin Anda sisipkan ke Excel. Setelah menemukannya, klik tombol ‘Bagikan’ di bawah video.
  2. Pilih opsi ‘Sematkan’ dari menu drop down.
  3. Sekarang, salin kode HTML yang terlihat seperti <iframe width="560" height="315" src="https://www.youtube.com/embed/VIDEO_ID" frameborder="0" allow="autoplay; encrypted-media" allowfullscreen></iframe>.
  4. Buka Excel dan pilih sel di mana Anda ingin menambahkan video.
  5. Klik tab ‘Developer’ pada Ribbon dan pilih ‘Insert’ pada grup ‘Controls’.
  6. Pilih ‘More Controls’ dan pilih ‘Microsoft Web Browser’ pada daftar.
  7. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan video, dan klik tombol ‘Properties’.
  8. Di sana, pilih tab ‘Alat Object’ dan pada kotak ‘Address’ masukkan kode HTML yang telah Anda salin tadi.
  9. Kemudian, pastikan opsi ‘Scrollbars’ ditunjukkan ke ‘3 – fmScrollBarsBoth’ sehingga Anda dapat menavigasi video dengan mudah.
Baca Juga :  CARA MELIHAT RECENT FILE EXCEL DI TASKBAR

Demikianlah contoh tutorial yang akan membantu Anda membuat pilihan di Excel dengan mudah, selamat mencoba.