CARA BIKIN KUADRAT DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program yang dibuat oleh Microsoft yang paling banyak digunakan di dunia untuk mengelola data dan mengolanya menjadi berbagai macam format. Salah satu rumus yang sering digunakan di Excel adalah rumus kuadrat dan akar kuadrat. Rumus ini sangat berguna untuk menghitung hasil kuadrat dan akar kuadrat dari suatu angka. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menulis kuadrat dan akar kuadrat di Excel menggunakan rumus serta tahapan langkah-langkahnya.

Cara Menulis Kuadrat di Excel Menggunakan Rumus

Untuk menulis kuadrat di Excel menggunakan rumus, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Pilih cell tempat Anda ingin mengetik kuadrat.
  2. Ketik tanda sama dengan (=) di awal cel yang Anda pilih.
  3. Tuliskan angka yang ingin Anda kuadratkan, kemudian ikuti tanda pangkat dua, yaitu tanda tiga panah (^) diikuti angka dua.
  4. Tekan enter pada keyboard atau klik centang di sebelah kanan rumus yang telah Anda ketik.

Contoh:

CARA BIKIN KUADRAT DI EXCEL

Setelah Anda menekan enter atau centang, maka hasilnya akan muncul di cell itu sendiri. Hasilnya adalah hasil dari kuadrat angka yang telah Anda ketik di langkah 3.

Cara Menulis Akar Kuadrat di Excel Menggunakan Rumus

Cara untuk menulis akar kuadrat di Excel menggunakan rumus, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pilih cell tempat Anda ingin menulis akar kuadrat.
  2. Ketik tanda sama dengan (=) di awal cel yang Anda pilih.
  3. Tuliskan tanda akar yaitu tanda kurung buka (dan angka yang ingin Anda kuadratkan) diikuti tanda pangkat satu setelahnya, yaitu tanda seru (!).
  4. Tekan enter pada keyboard atau klik centang di sebelah kanan rumus yang telah Anda ketik.
Baca Juga :  CARA MERAPIKAN FILE CSV KE EXCEL

Contoh:

Contoh Cara Menulis Akar Kuadrat di Excel Menggunakan Rumus

Setelah Anda menekan enter atau centang, maka hasilnya akan muncul di cell itu sendiri. Hasilnya adalah hasil dari akar kuadrat dari angka yang telah Anda ketik di langkah 3.

FAQ

1. Apa itu rumus kuadrat dan akar kuadrat di Excel?

Rumus kuadrat dan akar kuadrat di Excel adalah rumus yang digunakan untuk menghitung hasil kuadrat dan akar kuadrat dari suatu angka di dalam program Excel. Dalam rumus kuadrat, angka yang ingin di kuadratkan ditulis di dalam tanda kurung dan diikuti tanda pangkat dua. Sedangkan dalam rumus akar kuadrat, angka yang ingin dihitung akarnya ditulis di dalam tanda kurung dan diikuti tanda pangkat satu dalam bentuk tanda seru (!).

2. Apakah rumus kuadrat dan akar kuadrat hanya dapat digunakan pada program Excel?

Rumus kuadrat dan akar kuadrat dapat digunakan pada berbagai program spreadsheet selain Excel seperti Google Sheets dan Open Office Calc. Namun, mungkin terdapat selisih cara penulisan dan pengoperasian rumus pada masing-masing program spreadsheet tersebut.

Video Tutorial Cara Menulis Kuadrat dan Akar Kuadrat di Excel

Berikut adalah sebuah video tutorial tentang cara menulis kuadrat dan akar kuadrat di Excel: