CARA BIKIN EXCEL DI HP

Cara membuat tabel di Excel merupakan salah satu keterampilan dasar bagi setiap orang yang ingin mendalami penggunaan aplikasi spreadsheet. Melalui aplikasi Excel, kita dapat membuat berbagai tabel, grafik, dan memudahkan kita dalam mengatur data-data pekerjaan, keuangan, dan lainnya.

Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah

Bagi Anda yang baru belajar menggunakan Excel, berikut beberapa langkah mudah untuk membuat tabel dengan Excel:

  1. Langkah pertama tentu saja membuka aplikasi Microsoft Excel yang ada pada laptop atau PC Anda.
  2. Selanjutnya, buatlah file baru atau buka file yang sudah pernah dibuat sebelumnya.
  3. Pilihlah lembar kerja dimana tabel akan ditempatkan dengan mengekliknya.
  4. Lalu, aturlah ukuran tabel yang ingin dibuat dengan mengklik dan menyeret kursor.
  5. Kemudian, buatlah judul tabel dengan mengetikkan nama tabel pada sel pertama di baris paling atas.
  6. Setelah itu, isilah data pada kolom-kolom yang ada di bawah judul tabel tersebut.
  7. Selanjutnya, tambahkan fitur autofilter agar mudah mencari data yang diinginkan.

Dalam waktu singkat, Anda sudah berhasil membuat tabel dengan menggunakan Microsoft Excel. Tentu saja, masih banyak fitur-fitur yang bisa digunakan dalam mengedit dan memformat tabel tersebut seperti mengubah warna, font, dan jenis tulisan.

3 Cara Mudah Membuat Tabel di Excel dengan HP

Jika Anda sedang tidak berada di dekat laptop atau PC untuk membuat sebuah tabel, Anda dapat memanfaatkan aplikasi Microsoft Excel pada smartphone. Berikut 3 cara mudah membuat tabel di Excel dengan HP:

  1. Cara 1: Menggunakan Microsoft Excel Mobile
  2. Anda dapat mengunduh aplikasi Microsoft Excel Mobile di Google Play Store atau App Store melalui HP Anda. Setelah terunduh, buka aplikasi tersebut dan buat file Excel baru seperti biasa. Kemudian, Anda bisa langsung mulai membuat tabel dengan format yang Anda inginkan di HP.

  3. Cara 2: Menggunakan Aplikasi Spreadsheet di HP
  4. Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi Microsoft Excel Mobile, Anda dapat mengunduh aplikasi spreadsheet lain seperti Google Sheets atau WPS Office di HP Anda. Setelah memiliki aplikasi tersebut, buat file baru dan pilihlah jenis format file yang diinginkan. Kemudian, buatlah tabel seperti biasa dengan HP Anda.

  5. Cara 3: Menggunakan Web Excel
  6. Jika Anda tidak ingin repot mengunduh aplikasi di HP, Anda dapat menggunakan web Excel yang ada pada browser di HP Anda. Caranya sangatlah mudah, kunjungi situs Office.com, pilihlah aplikasi Excel dan masukkan akun Microsoft Anda. Selanjutnya, Anda dapat langsung membuat dan mengedit tabel di HP Anda.

Baca Juga :  CARA PRINT FILE EXCEL

FAQ

Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel merupakan aplikasi spreadsheet yang berfungsi untuk membantu pengguna dalam mengatur data, membuat tabel, grafik, dan lebih efektif dalam menghitung data di bidang pekerjaan, keuangan, analisis bisnis, dan lainnya.

Apa saja fitur-fitur yang ada pada Microsoft Excel?

Beberapa fitur yang terdapat pada Microsoft Excel antara lain:

  • Membuat tabel dan grafik
  • Menggunakan rumus matematika
  • Menerapkan fitur autofilter
  • Mengedit format font dan cell
  • Menggunakan fungsi LOGIC seperti : IF, AND, OR, dll
  • Menggunakan fungsi Lookup seperti : VLOOKUP dan HLOOKUP

Video Tutorial Cara Membuat Tabel di Excel dengan Mudah

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat tabel di Excel baik menggunakan PC atau smartphone. Dengan menggunakan Microsoft Excel, Anda akan lebih mudah mengatur data dan membuat keputusan yang cerdas di dalam bidang pekerjaan, keuangan, analisis bisnis, dan lainnya.