CARA BIAR DATA DI EXCEL DENGAN DIFILTER

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia. Tidak hanya digunakan oleh pengusaha, pelajar, dan akademisi, tetapi juga oleh pengguna rumahan karena kemampuannya yang dapat diaplikasikan untuk berbagai keperluan. Salah satu fitur yang sangat penting dalam Microsoft Excel adalah kemampuan untuk filter dan mengurutkan data.

Cara Filter dan Mengurutkan Data di Excel

Filter dan pengurutan data sangatlah penting karena mempermudah kita untuk mencari dan menganalisis data. Dalam Microsoft Excel, terdapat beberapa cara untuk melakukan filter dan pengurutan data. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat dilakukan pada aplikasi Excel:

Cara Filter Data di Excel

Filter data adalah cara untuk menyaring data yang ingin kita tampilkan dalam sebuah tabel di Excel. Dengan filter data, kita dapat memilih data yang ingin dikategorikan atau ditampilkan dalam sebuah tabel. Berikut ini adalah cara melakukan filter data di Excel:

1. Pilih Data yang Ingin Difilter

Untuk memfilter data di Excel, pertama-tama kita harus memilih seluruh kolom atau baris data yang ingin difilter. Caranya adalah dengan menekan tombol Ctrl + Shift + 8 pada keyboard. Hal ini akan menandai seluruh sel data di dalam tabel kita.

2. Klik Tombol Filter

Setelah data yang ingin difilter terpilih, klik tombol Filter yang terletak di bagian bawah menu bar. Tombol Filter berupa gambar embun yang ada di sebelah kanan atas tabel kita.

CARA BIAR DATA DI EXCEL DENGAN DIFILTER

Setelah tombol Filter diklik, kita akan melihat menu filter yang muncul di bagian atas setiap kolom dalam tabel kita. Menu filter ini akan menampilkan semua nilai yang ada dalam kolom tersebut dan kita dapat memilih nilai mana yang ingin kita tampilkan dalam tabel kita.

3. Pilih Nilai yang Ingin Ditampilkan

Dalam menu filter, kita dapat memilih nilai yang ingin kita tampilkan dalam tabel kita dengan mencentang kotak yang terdapat di sebelah nilai tersebut. Untuk memilih lebih dari satu nilai, kita dapat mencentang lebih dari satu kotak dengan menahan tombol Ctrl pada keyboard. Setelah memilih nilai yang diinginkan, klik tombol OK untuk menampilkan nilai-nilai tersebut pada tabel kita.

Cara Mengurutkan Data di Excel

Selain filter data, pengurutan data juga sangat penting dalam Excel. Dengan pengurutan data, kita dapat mengetahui nilai-nilai terbesar atau terkecil dalam sebuah tabel dengan mudah. Berikut ini adalah cara untuk melakukan pengurutan data di Excel:

1. Pilih Data yang Ingin Diurutkan

Langkah pertama untuk melakukan pengurutan data adalah memilih data yang ingin diurutkan. Caranya sama dengan melakukan filter data, yaitu dengan menekan tombol Ctrl + Shift + 8 pada keyboard.

2. Klik Tombol Sort

Setelah data terpilih, klik tombol Sort yang terletak di bagian atas menu bar. Tombol Sort berupa gambar a-z dan z-a yang muncul di sebelah kanan atas tabel kita.

Cara Filter dan Mengurutkan Data di Excel

Setelah tombol Sort diklik, kita akan melihat menu pengurutan yang muncul di bagian atas setiap kolom dalam tabel kita. Pada menu pengurutan ini, kita dapat memilih apakah kita ingin mengurutkan data dengan nilai terbesar atau nilai terkecil. Kita juga dapat mengurutkan data berdasarkan beberapa kolom dengan mengklik tombol Add Level yang terletak di bagian bawah menu pengurutan.

Baca Juga :  Cara Membuat Scatter Diagram Di Excel

3. Pilih Kolom yang Ingin Diurutkan

Dalam menu pengurutan, kita dapat memilih kolom yang ingin diurutkan dengan mengklik tanda panah di sebelah kanan kolom tersebut. Kita juga dapat menentukan metode pengurutan, apakah dengan cara mengurutkan text secara alfabetikal atau mengurutkan angka berdasarkan nilai numerikalnya. Setelah memilih kolom dan metode pengurutan, klik tombol OK untuk melakukan pengurutan data.

Cara Mencari Data di Excel dengan Cepat

Selain filter dan pengurutan data, pencarian data juga sangat penting dan mempermudah kita untuk menemukan data yang kita butuhkan. Berikut adalah cara untuk mencari data di Excel dengan cepat:

1. Gunakan Tombol Ctrl + F

Cara termudah untuk mencari data di Excel adalah dengan menggunakan tombol Ctrl + F. Tombol ini akan membuka menu pencarian dan memungkinkan kita untuk mencari kata atau angka tertentu dalam tabel kita.

Famous Cara Mencari Data Di Excel Dengan Cepat References - Pojok Ponsel

2. Masukkan Kata atau Angka yang Ingin Dicari

Setelah menu pencarian muncul, kita dapat memasukkan kata atau angka yang ingin dicari pada kolom pencarian. Kita juga dapat menentukan apakah pencarian kita hanya pada satu kolom atau pada seluruh sel di dalam tabel kita. Setelah itu, klik tombol Find Next atau Find All untuk menemukan data yang kita cari.

FAQ

1. Apa itu filter data dan mengapa penting dalam Microsoft Excel?

Filter data adalah cara untuk menyaring data yang ingin kita tampilkan dalam sebuah tabel di Excel. Dengan filter data, kita dapat memilih data yang ingin dikategorikan atau ditampilkan dalam sebuah tabel. Filter data sangat penting dalam Microsoft Excel karena memudahkan kita untuk mencari dan menganalisis data.

2. Apa itu pengurutan data dan bagaimana cara melakukannya di Excel?

Pengurutan data adalah cara untuk menyusun data berdasarkan nilai atau kriteria tertentu seperti dari nilai terkecil ke terbesar atau dari A ke Z. Cara melakukannya di Excel adalah dengan memilih data yang ingin diurutkan, klik tombol Sort yang terletak di bagian atas menu bar, lalu memilih kolom yang ingin diurutkan dan metode pengurutan. Setelah itu, klik tombol OK untuk melakukan pengurutan data.

Video Tutorial Cara Filter dan Mengurutkan Data di Excel