CARA BESARKAN SKALA FILE DI EXCEL

Dalam dunia bisnis dan pekerjaan, seringkali kita membutuhkan aplikasi seperti Microsoft Excel dan PDF untuk membantu dalam menyelesaikan tugas. Namun, terkadang kita dihadapkan pada beberapa kendala, seperti ukuran file PDF yang terlalu besar atau tabel Excel yang tidak muat ketika di-print. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Cara Besarkan Ukuran File PDF, Online & Offline dengan Mudah

Ketika bekerja dengan file PDF, ukuran file yang besar dapat menjadi masalah. Hal ini karena file dengan ukuran yang besar dapat menghambat proses transfer data maupun mengonsumsi ruang penyimpanan yang banyak. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk memperbesar ukuran file PDF.

1. Menggunakan Adobe Acrobat

Salah satu cara untuk memperbesar ukuran file PDF adalah dengan menggunakan Adobe Acrobat. Dalam program ini, terdapat fitur “Optimize PDF” yang memungkinkan kita untuk mengompresi file PDF dan memperbesar ukurannya.

  1. Buka file PDF yang ingin kita perbesar ukurannya di Adobe Acrobat.
  2. Pilih menu “File” dan kemudian klik “Save As Other” lalu pilih “Reduced Size PDF”.
  3. Setelah itu, kita akan ditampilkan dengan beberapa opsi untuk mengatur kepadatan gambar dalam PDF. Kita dapat memilih salah satu opsi yang tersedia atau kita dapat mengatur secara manual dengan menghapus layer gambar pada PDF.
  4. Klik “OK” dan simpan perubahan.

Dengan menggunakan metode ini, kita dapat memperbesar ukuran file PDF dengan cepat dan mudah. Namun, kelemahan dari metode ini adalah ketika menghapus layer gambar secara manual, beberapa gambar dapat menjadi kurang berkualitas atau kurang jelas dibandingkan dengan gambar aslinya.

2. Menggunakan Situs Online Compress PDF

Selain menggunakan Adobe Acrobat, kita juga dapat memperbesar ukuran file PDF dengan menggunakan situs online Compress PDF. Situs ini memungkinkan kita untuk memperbesar ukuran file PDF hingga 200 MB dan dapat diakses secara gratis.

  1. Buka situs Compress PDF dan klik tombol “Select PDF file”.
  2. Pilih file PDF yang ingin kita perbesar ukurannya.
  3. Pilih opsi “Size” pada menu Select Compression Settings dan atur ukurannya sesuai dengan kebutuhan kita.
  4. Klik “Compress PDF” dan tunggu hingga proses kompresi selesai.
  5. Setelah proses selesai, kita akan mendapatkan file PDF baru yang telah diperbesar ukurannya.

Dengan cara ini kita dapat memperbesar ukuran file PDF secara efektif dan mudah. Selain itu, fitur yang tersedia pada situs Compres PDF bisa membantu kita untuk mengatur kepadatan dan kualitas gambar pada file PDF, sehingga kemungkinan untuk kehilangan kualitas gambar bisa diminimalkan.

Cara Print Tabel Excel Agar Tidak Terpotong

Saat bekerja dengan tabel Excel, terkadang kita mengalami kendala ketika ingin mencetak tabel tersebut. Anda mungkin pernah mengalami tabel yang terpotong atau tidak muat ketika dicetak. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Mengatur Skala Kertas

Salah satu cara untuk mencetak tabel Excel secara penuh adalah dengan menjalankan opsi Print dan mengatur skala papernya. Berikut ini adalah beberapa langkah yang perlu diikuti:

  1. Buka file Excel yang ingin kita cetak.
  2. Pilih tabel yang ingin dicetak.
  3. Klik “Page Layout” di atas menu bar.
  4. Pilih “Size” lalu atur ukuran kertas sesuai dengan kebutuhan kita. Dalam kasus ini, pilih “A4” untuk ukuran standar.
  5. Setelah itu, klik lagi pada menu “Page Layout” dan pilih “Scale to Fit”. Pada opsi ini, kita dapat mengatur agar tabel ditampilkan dengan ukuran yang sesuai dengan kertas yang kita pilih. Kita dapat memilih opsi “Fit All Columns on One Page” atau “Fit All Rows on One Page” tergantung pada kebutuhan kita.
  6. Klik pada tombol Cetak dan kita akan mendapatkan tabel Excel yang tercetak secara penuh pada lembar kertas.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT LIST PEKERJAAN DI EXCEL

Dengan menggunakan cara ini, kita dapat mencetak tabel Excel secara penuh dan efektif. Namun, Metode ini terkadang tidak efektif jika ukuran tabel dan kertas yang digunakan terlalu berbeda.

2. Membagi Tabel Menjadi Beberapa Lembar Kertas

Jika tabel Excel yang ingin kita cetak terlalu besar, kita dapat memecahnya menjadi beberapa lembar kertas. Berikut ini adalah cara-cara untuk memecah tabel Excel menjadi beberapa lembar kertas:

  1. Buka file Excel yang ingin kita cetak.
  2. Pilih tabel yang ingin dicetak.
  3. Pilih bagian atas tabel yang ingin dicetak pada lembar pertama, kemudian pilih menu “Page Layout” dan “Print Area” dan klik “Set Print Area”.
  4. Pilih atau buat buffer pada bagian tepi tabel (seperti 1 kolom atau 1 baris) yang kita tidak ingin cetak.
  5. Setelah buffer diatur, pilih “File” dan “Print”.
  6. Klik opsi “Print Active Sheets” kemudian pilih “Print Entire Workbook”.
  7. Klik “OK” untuk memulai proses pencetakan. Sekarang tabel Anda tersedia sebagai beberapa lembar kertas.

Dengan menggunakan cara ini, kita dapat mencetak tabel Excel yang besar dengan mudah. Namun, kekurangan dari metode ini adalah kita harus mengatur secara manual beberapa lembar tabel agar terlihat rapi dan sesuai dengan ukuran kertas.

FAQ

Apa itu PDF?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format, yaitu format file yang diciptakan oleh Adobe Systems. PDF digunakan untuk menampilkan dokumen dengan tampilan yang sama di semua platform, tidak tergantung pada sistem operasi atau perangkat yang digunakan. PDF juga mampu menyimpan gambar, grafik, dan dokumen dalam satu file yang dapat dengan mudah dibuka dan dibaca oleh banyak aplikasi.

Apa keuntungan menggunakan Excel?

Menggunakan Excel memiliki berbagai keuntungan, antara lain:

  • Memudahkan dalam mengatur dan menganalisis data yang sudah di-input.
  • Menghasilkan tampilan grafik maupun tabel yang menarik dan mudah dibaca.
  • Memudahkan dalam menghitung data matematis dan statistik.
  • Dapat digunakan untuk menghitung laporan keuangan, mengatur jadwal, dan membuat perencanaan proyek.
  • Memiliki dukungan adanya macros dan VBA untuk otomasi tugas yang sering dilakukan dalam Excel.

Video Tutorial: Cara Merubah Huruf Kecil Menjadi Huruf Besar Di Excel Dengan Keyboard

Sekian tips dan trik untuk bekerja dengan aplikasi Excel dan PDF yang dapat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas Anda. Dengan menggunakan cara-cara di atas, kita dapat mengatasi beberapa kendala saat menggunakan Excel dan PDF dengan lebih mudah dan efektif.