CARA AMBIL SEBAGIAN DATA DI EXCEL

Excel adalah salah satu program komputer yang sering digunakan untuk melakukan pengolahan data, entah itu dalam bentuk angka, teks, atau gabungan keduanya. Namun, terkadang kita membutuhkan informasi yang cukup spesifik dari data yang kita miliki, seperti mengambil angka tengah dari sebuah deretan angka, atau mengambil sebagian teks dari sebuah kolom. Nah, di dalam artikel ini saya akan membahas cara-cara untuk melakukan hal tersebut di Excel.

Mengambil Angka Tengah

Seringkali kita harus mencari nilai tengah dari sebuah deretan angka, namun melakukan hal tersebut secara manual bisa cukup melelahkan dan memakan waktu. Nah, di sinilah Excel bisa sangat berguna, karena terdapat fungsi yang bisa digunakan untuk mengambil nilai tengah dari sebuah deretan angka.

Pertama-tama, kita perlu mempersiapkan datanya. Misalnya, kita memiliki deretan angka seperti di bawah ini:

CARA AMBIL SEBAGIAN DATA DI EXCEL

Nah, untuk mengambil nilai tengah dari deretan angka tersebut, kita bisa menggunakan fungsi MEDIAN. Caranya adalah dengan mengetikkan formula =MEDIAN(A1:F1) pada sebuah sel, dan kemudian menekan tombol Enter.

Hasilnya akan muncul di dalam sel tersebut, seperti di bawah ini:

Hasil MEDIAN

Sebagai catatan, fungsi MEDIAN hanya berlaku untuk deretan angka yang merupakan bilangan genap dan memiliki jumlah data yang sama di setiap sel. Jika jumlah data di dalam sel tersebut berbeda, atau deretan angka tersebut merupakan bilangan ganjil, maka Excel akan menampilkan hasil yang berbeda.

Mengambil Sebagian Teks

Selain angka, Excel juga bisa digunakan untuk mengambil sebagian teks dari sebuah kolom. Misalnya, kita memiliki kolom nama seperti di bawah ini:

Contoh Kolom Nama

Sayangnya, dalam kolom tersebut terdapat informasi yang tidak perlu, seperti gelar akademik atau jabatan. Nah, untuk mengambil hanya bagian terpenting dari setiap nama tersebut, kita bisa menggunakan fungsi LEFT, MID, atau RIGHT.

Jika kita ingin mengambil hanya bagian pertama dari setiap nama, seperti Alia atau Satya, maka kita bisa menggunakan fungsi LEFT. Caranya adalah dengan mengetikkan formula =LEFT(A2,FIND(" ",A2)-1) pada sebuah sel, dan kemudian menekan tombol Enter.

Hasilnya akan muncul di dalam sel tersebut, seperti di bawah ini:

Hasil LEFT

Bagian pertama dari setiap nama berhasil diambil, dan sekarang kita bisa menghapus bagian lain yang tidak diperlukan.

Jika kita ingin mengambil sebagian teks dari posisi tertentu dalam sebuah sel, maka kita bisa menggunakan fungsi MID. Misalnya, jika kita ingin mengambil nomor telepon dari kolom tersebut, yang terletak di antara tanda kurung, maka kita bisa menggunakan formula =MID(A2,FIND("(",A2)+1,FIND(")",A2)-FIND("(",A2)-1).

Hasilnya akan muncul di dalam sel tersebut, seperti di bawah ini:

Hasil MID

Selain itu, jika kita ingin mengambil hanya bagian terakhir dari sebuah teks, misalnya hanya nama depan atau nama belakang, maka kita bisa menggunakan fungsi RIGHT. Caranya kurang lebih sama seperti menggunakan fungsi LEFT, namun kita harus mengatur jumlah karakter yang akan diambil, seperti di bawah ini:

Hasil RIGHT

FAQ

1. Bagaimana cara menambahkan video YouTube ke dalam dokumen Excel?

Untuk menambahkan video YouTube ke dalam dokumen Excel, Anda bisa menggunakan fitur Microsoft Office Web Components yang terdapat di dalam program Excel. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dokumen Excel yang ingin Anda tambahkan video YouTube-nya.
  • Pilih Insert dari menu utama.
  • Pilih More Controls di bagian bawah menu.
  • Cari dan pilih komponen bernama Microsoft Office Web Components 11.0.
  • Seret dan taruh komponen tersebut di dalam dokumen Excel Anda.
  • Klik kanan pada komponen tersebut untuk membuka menu konteks, lalu pilih Properties.
  • Di dalam jendela Properties, cari opsi bernama URL.
  • Masukkan URL video YouTube yang ingin ditampilkan di dalam dokumen Excel Anda.
  • Simpan perubahan dan tutup jendela Properties.
Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL 2010 YANG DIPROTEKSI

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, video YouTube yang Anda pilih akan muncul di dalam dokumen Excel Anda. Sekarang Anda bisa menampilkan video tersebut dalam mode Design atau mengeksekusinya dalam mode Run.

2. Apakah terdapat cara untuk mengubah batas maksimum baris atau kolom di Excel?

Ya, Excel memiliki batasan maksimum pada jumlah baris dan kolom yang dapat ditampilkan dalam satu lembar kerja. Namun, Anda bisa mengubah batasan tersebut dengan beberapa cara, tergantung pada versi Excel yang Anda gunakan.

Untuk versi Excel 2007 atau yang lebih baru, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka program Excel.
  • Pilih File dari menu utama.
  • Pilih Options di bagian bawah menu.
  • Pilih Advanced di bagian kiri panel Options.
  • Scroll ke bagian bawah panel Advanced dan cari opsi bernama Display options for this workbook.
  • Isi kolom Show this number of Recent Documents dengan nilai 0 atau hapus nilai yang ada di dalamnya.
  • Isi kolom Maximum number of rows to display in Worksheet dan Maximum number of columns to display in Worksheet dengan angka yang lebih besar dari batasan yang ada sebelumnya.
  • Simpan perubahan dan tutup jendela Options.

Sekarang Anda bisa menampilkan lebih banyak baris dan kolom di dalam dokumen Excel Anda.

Berikut adalah dua cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengubah batasan maksimum pada jumlah baris dan kolom di Excel:

  • Anda bisa memecah dokumen Excel menjadi beberapa lembar kerja, sehingga Anda bisa menampilkan lebih banyak baris dan kolom di setiap lembar kerja.
  • Anda bisa menggunakan program alternatif seperti Google Sheets atau LibreOffice Calc, yang memiliki batasan yang lebih tinggi pada jumlah baris dan kolom yang dapat ditampilkan.

Itulah beberapa cara untuk mengubah batasan maksimum pada jumlah baris dan kolom di Excel. Pastikan Anda menyesuaikan nilainya dengan kebutuhan Anda.