Microsoft Excel dan Word adalah dua software yang sangat penting dalam melakukan pekerjaan sehari-hari baik itu untuk pekerjaan di kantor, tugas kuliah, maupun pekerjaan rumahan. Kedua software ini memiliki banyak fitur yang bisa membantu kita dalam membuat dokumen atau pekerjaan lebih efisien. Salah satu fitur yang sangat penting adalah nomor halaman ini akan sangat bermanfaat terutama jika dokumen yang kita buat memiliki banyak halaman. Maka dari itu, pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana cara memberikan nomor halaman pada Microsoft Excel dan Word.
Memberikan Nomor Halaman pada Microsoft Excel
Memberikan nomor halaman pada Microsoft Excel cukup penting terutama jika Anda memiliki banyak lembar kerja dalam satu file. Berikut adalah cara untuk memberikan nomor halaman pada Microsoft Excel:
Langkah 1 : Buat Header
Pertama-tama, buka lembar kerja Excel yang ingin Anda beri nomor halaman, lalu klik pada tab “Page Layout” di menu bar. Setelah itu, klik “Header & Footer” pada grup “Page Setup”.
Setelah itu, pilih header yang diinginkan, lalu Anda akan masuk ke menu “Header & Footer Tools”. Di sini, klik pada “Design” di grup “Header & Footer Elements”.
Langkah 2 : Menambahkan Nomor Halaman
Pada menu “Design”, pilih bagian “Header & Footer Elements”. Lalu klik “Page Number” pada grup “Header & Footer Elements”.
Selanjutnya, pilih gaya nomor halaman yang diinginkan, misalnya nomor halaman di tengah atau di kanan. Setelah itu, Anda akan melihat nomor halaman di kotak header.
Memberikan Nomor Halaman pada Microsoft Word
Dalam Microsoft Word, memberikan nomor halaman pada dokumen sangatlah penting, terutama ketika dokumen memiliki lebih dari satu halaman. Berikut adalah cara memberikan nomor halaman pada Microsoft Word:
Hal pertama yang menjadi langkah untuk memberikan nomor halaman di Microsoft Word adalah dengan membuat Header atau Footer. Buka dokumen Word yang ingin Anda beri nomor halaman, klik “Insert” pada menu bar, lalu pilih “Header” atau “Footer” di grup “Header & Footer”. Setelah itu, pilih model header atau footer yang sesuai dengan dokumen yang Anda buat.
Langkah 2 : Menambahkan Nomor Halaman
Setelah membuat header atau footer, kini saatnya untuk menambahkan nomor halaman pada dokumen. Pada tab “Insert”, klik “Page Number” pada grup “Header & Footer”. Lalu Pilih lokasi nomor halaman sesuai lokasi header atau footer yang memiliki nomor halaman. Setelah itu, pilih gaya nomor halaman yang sesuai dengan preferensi Anda.
FAQ
1. Apa itu nomor halaman?
Nomor halaman adalah sebuah nomor yang diletakkan pada bagian atas atau bawah halaman dari sebuah dokumen. Nomor halaman digunakan untuk memudahkan pembaca dalam mencari informasi atau membaca dokumen secara urut.
2. Apakah nomor halaman bisa ditempatkan di tengah halaman?
Tentu saja bisa. Kita dapat menempatkan nomor halaman di mana saja di bagian header atau footer dokumen, termasuk di tengah halaman.
Video Tutorial
Berikut ini adalah video tutorial tentang bagaimana cara memberikan nomor halaman pada Microsoft Excel dan Word:
Demikianlah artikel singkat tentang bagaimana cara memberikan nomor halaman pada Microsoft Excel dan Word. Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.