BAGAIMANA CARA MEMBENARKAN ARAH KEYBOARD DI EXCEL

Cara Mudah Membuat Titik Dua Sejajar di Ms Excel

BAGAIMANA CARA MEMBENARKAN ARAH KEYBOARD DI EXCEL

Mengatur data dalam bentuk tabel merupakan hal yang sangat umum dalam pekerjaan kantor. Salah satu cara yang sering digunakan untuk memperjelas tampilan data dalam tabel adalah dengan membuat titik dua sejajar di Ms Excel. Namun, tidak semua orang tahu cara melakukan hal tersebut. Berikut adalah cara mudah membuat titik dua sejajar di Ms Excel.

  1. Langkah pertama adalah mempersiapkan data yang akan dikelola dalam tabel. Kita bisa menulis data tersebut pada lembar kerja excel yang tersedia
  2. Setelah data siap, selanjutnya kita dapat menentukan area yang akan dibuat titik dua sejajar. Kita bisa menyorot seluruh area tersebut menggunakan mouse
  3. Setelah area yang akan dibuat titik dua sejajar berhasil diseleksi, selanjutnya kita melakukan pemformatan pada area tersebut dengan cara:
    1. Klik pada tombol Home
    2. Pilih tombol Conditional Formatting dan pilih New Rule
    3. Pilih Use a formula to determine which cells to format
    4. Masukkan formula (=mod(column(),2)=0) pada kolom Format values where this formula is true
    5. Pilih Format dan pilih Border
    6. Pilih jenis garis yang diinginkan dan tekan OK hingga kembali ke jendela New Formatting Rule
    7. Tekan OK hingga kembali ke lembaran kerja excel
  4. Selesai, titik dua sejajar pada Ms Excel berhasil dibuat.

Dengan melakukan pemformatan pada area tertentu, kita dapat mempermudah kita dalam membaca dan meneliti data yang terdapat dalam tabel. Yuk, mulai praktikkannya sekarang!

Penyebab Keyboard Hp Tidak Berfungsi

Penyebab Keyboard Hp Tidak Berfungsi

Keyboard merupakan salah satu perangkat input yang penting dalam pengoperasian komputer maupun laptop. Namun, kadang tidak jarang kita mengalami masalah pada keyboard sehingga tidak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa penyebab keyboard hp tidak berfungsi:

  1. Kerusakan Hardware
    Salah satu penyebab keyboard hp tidak berfungsi adalah kerusakan pada hardwarenya. Hal ini bisa terjadi karena sering jatuh atau terkena cairan yang mengakibatkan kerusakan pada salah satu komponen di dalam keyboard.
  2. Terjadi Masalah Pada Driver Keyboard
    Masalah pada driver keyboard juga bisa menjadi penyebab keyboard hp tidak berfungsi dengan baik. Hal ini bisa terjadi karena driver yang rusak atau tidak terinstal dengan benar.
  3. Terinfeksi Virus
    Terakhir, penyebab keyboard hp tidak berfungsi bisa terjadi karena terinfeksi virus. Virus ini bisa merusak sistem dan fungsionalitas keyboard sehingga tidak berfungsi dengan baik.

Jika Anda mengalami masalah tersebut, jangan khawatir. Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah ini untuk mengatasi masalah keyboard hp yang tidak berfungsi:

  1. Scan Laptop Anda Dari Virus
    Pertama-tama Anda harus melakukan scan pada laptop Anda untuk memastikan bahwa tidak terdapat virus yang menyerang dan merusak fungsionalitas keyboard. Dalam melakukan scan, pastikan program antivirus yang digunakan adalah program antivirus terpercaya.
  2. Menginstal Driver Keyboard Dengan Benar
    Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk menginstal driver keyboard dengan benar. Pastikan bahwa driver keyboard yang diinstal adalah driver sesuai dengan spesifikasi laptop Anda. Anda dapat mengunjungi situs resmi produsen laptop untuk mendownload driver tersebut.
  3. Melakukan Perbaikan Hardware
    Jika penyebab kerusakan keyboard adalah hardware, maka solusi terbaik adalah dengan melakukan perbaikan hardware-nya. Namun, perbaikan hardware ini harus dilakukan oleh tenaga ahli atau technician. Jangan coba-coba membuka laptop Anda sendiri karena bisa jadi hal tersebut memperburuk kondisi laptop Anda.

Tutorial: Kursor Di Excel Tidak Muncul

Tutorial: Kursor Di Excel Tidak Muncul

Jika Anda sering menggunakan Ms Excel, pasti Anda pernah mengalami masalah kursor di excel tidak muncul. Hal ini terkadang membuat kita kesulitan dalam memindahkan atau mengetikkan data pada Ms Excel. Berikut adalah tutorial singkat untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Pertama-tama, pastikan bahwa tombol Caps Lock tidak aktif. Ini dikarenakan kursor akan terhalang oleh huruf kapital ketika tombol tersebut aktif.
  2. Jika tombol Caps Lock sudah non-aktif namun masalah masih terjadi, coba untuk menonaktifkan tombol Scroll Lock. Tombol ini biasanya terdapat pada bagian paling kanan keyboard yang bersebelahan dengan tombol PrtSc atau Print Screen.
  3. Jika permasalahan tetap terjadi meskipun tombol Scroll Lock sudah dinonaktifkan, Anda bisa mencoba untuk men-setting Ms Excel supaya kursor menjadi lebih besar. Untuk mengatur ukuran kursor, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:
    1. Klik pada tombol File
    2. Pilih Options dan pilih Advanced
    3. Pilih bagian Display options for this workbook
    4. Pada bagian Cursor options, ubah ukuran kursor menjadi besar dan tekan OK
Baca Juga :  CARA BUAT FORMULIR DI EXCEL

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, kursor di Ms Excel seharusnya sudah bisa muncul kembali. Jangan lupa juga untuk mempraktikkannya di komputer atau laptop Anda!

Tidak Bisa Navigasi Antar Cell Dengan Tombol Panah Keyboard

Tidak Bisa Navigasi Antar Cell Dengan Tombol Panah Keyboard

Selain masalah kursor yang tidak muncul, masalah yang sering terjadi pada Ms Excel adalah ketika kita tidak bisa navigasi antar cell dengan tombol panah keyboard. Hal ini terkadang membuat kita menjadi lebih lambat dalam menginputkan dan memanipulasi data pada Ms Excel. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Pertama-tama, pastikan bahwa tombol Num Lock dalam kondisi aktif. Tombol ini biasanya terdapat pada bagian paling kanan keyboard.
  2. Jika tombol Num Lock sudah dalam kondisi aktif namun masalah masih terjadi, coba untuk me-restart Ms Excel.
  3. Jika masalah masih terjadi setelah Me-restart Ms Excel, coba untuk me-restart komputer Anda. Adakalanya masalah terjadi karena adanya bug atau masalah sistem dalam Ms Excel.
  4. Jika permasalahan tetap terjadi meskipun sudah melakukan langkah-langkah di atas, coba untuk mencoba tombol navigasi lain pada keyboard seperti Page Up, Page Down, Home, dan End.

Jika masalah masih terjadi setelah melakukan cara di atas, maka kemungkinan adanya masalah pada sistem Ms Excel Anda. Coba untuk melakukan update Ms Excel atau menghubungi pihak Microsoft untuk mendapatkan bantuan.

FAQ

1. Apakah bisa mengatur titik dua sejajar dengan cara lain selain dengan menggunakan conditional formatting?

Selain menggunakan conditional formatting, Anda juga bisa mengatur titik dua sejajar dengan menggunakan fitur Format Painter pada Ms Excel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyalin format dari satu sel ke sel yang lainnya dengan cepat dan mudah.

2. Bagaimana cara mengetahui apakah masalah tidak berfungsinya tombol keyboard disebabkan oleh hardware atau software?

Untuk mengetahui penyebab masalah pada keyboard, pertama-tama Anda bisa melakukan scan antivirus pada laptop Anda untuk memastikan bahwa permasalahan tersebut tidak disebabkan oleh virus. Jika sudah dipastikan bahwa tidak terdapat virus pada laptop Anda, maka kemungkinan besar masalah disebabkan oleh hardware. Anda bisa membawa laptop Anda ke teknisi atau tokom komputer terdekat untuk melakukan perbaikan pada hardware keyboard.

Video Tutorial

Jangan lupa untuk mempraktikkan teknik-teknik di atas dan selalu meningkatkan kemampuan dalam penggunaan Ms Excel. Semoga bermanfaat!