Membuat Input Data Otomatis Excel

Salah satu kemudahan dalam menggunakan perangkat Microsoft Excel adalah adanya form input yang dapat mempermudah penggunaan. Form input tersebut dapat meminimalisir kesalahan dalam memasukkan data dan meningkatkan efisiensi dalam penginputan data karena pengguna hanya perlu mengisi data pada form yang telah disediakan. Namun, apakah Anda sudah mengetahui cara membuat form input di Excel? Saya akan memberikan tutorial tentang cara membuat form input di Excel dengan tambahan video di YouTube beserta FAQ yang sering muncul.

Cara Membuat Form Input di Excel

Sebelum membuat form input di Excel, pastikan bahwa Anda telah menyiapkan database sebagai tempat untuk memasukkan data. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda buatkan form inputnya.
  2. Pilih menu Developer pada ribbon.
  3. Pada menu Developer, pilih Insert, selanjutnya pilih Group Box, lalu klik pada sheet yang kosong pada tempat yang Anda inginkan.
  4. Give a Name pada Group Box yang Aznan, lalu tekan OK.
  5. Pilih Combo Box yang ada di Developer.
  6. Buat Combo Box yang diinginkan pada Group Box, lalu dapatkan hyperlinknya.
  7. Klik Link lalu Insert Hyperlink.
  8. Pilih ‘Place in this document’ pada bagian Link to.
  9. Pilih nama Group Box, lalu klik OK.
  10. Ubah hyperlinknya agar sesuai dengan keinginan, lalu klik OK.
  11. Tambahkan label pada bagian Combo Box Lalu insert Image ke dalam sheet, serta masukkan data pada Combo Box yang sudah dibuat.
  12. Lakukan copy- paste pada Group Box, yang sebelumnya dibuat.
  13. Apabila form sudah sesuai dengan keinginan, selanjutnya form dapat diproteksi dengan cara dapat menambahkan password sehingga tidak sembarang orang dapat mengubah datanya.
Baca Juga :  Cara Menghitung Di Tabel Excel

Selamat, form input di Excel sudah berhasil dibuat. Saat ini, perangkat Excel juga mengembangkan kecerdasannya dalam menjalankan form input, sehingga beragam hal dapat diotomatisasi dalam form input tersebut. Salah satu hal yang dapat diotomatisasi pada form input di Excel adalah mengisikan data otomatis pada form input tersebut.

Cara Otomatis Membuat Form Input di Excel Tanpa Macro VBA

Macam-macam cara yang dapat dilakukan dalam membuat form input di Excel. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan cara memindahkan data pada sebuah sheet ke sheet yang berbeda secara otomatis. Adapun caranya, adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah sebuah sheet baru dengan mengklik tombol ‘Tambah Sheet Baru’ yang terdapat pada bagian bawah kiri lembar kerja Excel.
  2. Pada sheet baru yang sudah dibuat, buat table untuk data masukan seperti misalnya: nomor anggota, Nama, Alamat, Nomer telepon dan Nomor KTP.
  3. Buatlah table pada sheet yang baru dengan nama table ‘data_input’
  4. Setelah tabel selesai dibuat, klik pada cell teratas table untuk mulai mengisi data pada table tersebut.
  5. Selanjutnya, beri nama pada table tersebut dengan cara mendefinisikan tabel (Define Table).
  6. Oppss, jangan lupa! Pada sheet ini, buat juga tombol untuk menginputkan data ke dalam sheet ‘data_input’ tersebut.
  7. Dan tambahkan tombol untuk menambahkan data pada sheet ‘data_input’

Dalam melakukan pemrograman di perangkat Microsoft Excel, banyak sekali dikembangkan beragam macam makro untuk mengotomatisasi pekerjaan yang diinginkan. Misalnya, kemampuan untuk membuat form input yang dapat memfasilitasi pengguna dalam input data pada excel. Tak hanya dengan makro VBA, form input pada Excel saat ini juga telah dapat dilakukan secara otomatis tanpa harus memerlukan penggunaan Macro VBA. Cara ini cukup mudah dilakukan, bahkan oleh Anda yang masih pemula dalam menggunakan perangkat Excel.

Baca Juga :  Cara Buat Chart Di Excel

Untuk melakukan otomatisasi form input di Excel secara otomatis, Anda dapat menggunakan bagian ‘Tools’ pada perangkat Microsoft Excel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda buatkan form input otomatisnya.
  2. Buat table yang terdapat pada file tersebut yang terdiri dari berbagai jenis format data dalam database.
  3. Pada menu Data, Pilih List, lalu pilih Create List.
  4. Buatlah table pada sheet yang baru dengan nama table ‘data_input’
  5. Selanjutnya, tekan tombol List dan pilih pada bagian Column input range.
  6. Pada bagian ini, secara otomatis akan disorot dan akan dinamakan dengan ‘list1’.

Selamat! Form input di Excel sudah siap dijalankan secara otomatis dan terotomatisasi. Anda tidak perlu khawatir lagi dalam menginput atau mendefinisikan data pada perangkat Excel.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut beberapa pertanyaan yang muncul berdasarkan pengalaman pengguna form input di Microsoft Excel:

1. Apakah form input Excel dapat diproteksi secara otomatis?

Jawab: Ya, form input Excel dapat diproteksi dengan mudah seperti memberikan password. Password yang diberikan tersebut dapat dimodifikasi kapan saja apabila diperlukan.

2. Apakah form input di Excel dapat digunakan untuk membuat database?

Jawab: Ya, dengan digunakannya form input di Excel dan melengkapi data secara terotomatisasi, kita dapat membuat sebuah database dengan mudah pada perangkat Excel. Kemudahan ini juga diperkuat dengan fitur-fitur yang disediakan oleh perangkat Excel seperti VLOOKUP dan table database pada Excel yang tersedia secara gratis dan mudah.