EXCELL CARA MENGHITUNG JUMLAH DATA YANG SAMA

Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excel? Aplikasi spreadsheet yang memiliki banyak fitur dan fungsi untuk membantu dalam melakukan pengolahan data dan perhitungan. Salah satu fungsi yang sering dipakai adalah COUNTIF atau sering disebut menghitung jumlah kata yang sama dalam sebuah range data.

COUNTIF: Menghitung Jumlah Kata yang Sama di Ms. Excel

EXCELL CARA MENGHITUNG JUMLAH DATA YANG SAMA

COUNTIF adalah suatu fungsi di Excel yang digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam suatu rentang sel yang memenuhi kriteria tertentu. Dalam contoh ini, kita akan mencari tahu cara menghitung jumlah kata yang sama dalam sebuah range data. Mari kita lihat langkah-langkahnya:

  1. Pastikan bahwa Anda memiliki data yang akan dihitung jumlah kata yang sama dalam satu range. Data dapat berupa teks, angka, atau kombinasi keduanya.
  2. Pilih sel yang berada di samping kosong atau dalam sheet baru, karena Anda ingin menempatkan hasil perhitungan di sana. Ketik =COUNTIF dan masukkan range data yang ingin dihitung.
  3. Jangan mengetikkan formula sebelumnya setelah mengisi range data yang akan dihitung. Setelah memasukkan range, tambahkan tanda titik dua (:) dan masukkan cel yang terakhir dalam range data Anda.
  4. Setelah menutup range data, masukkan tanda koma dan ketikkan kriteria pencarian Anda dalam tanda kutip. Misalnya, jika Anda ingin mencari jumlah kata “Excel” dalam data Anda, masukkan “Excel” dalam tanda kutip.
  5. Terakhir, tekan tombol Enter pada keyboard Anda untuk melihat hasil perhitungan.

Itulah langkah-langkah untuk menghitung jumlah kata yang sama di Excel. Fungsi COUNTIF sangat bermanfaat ketika Anda ingin menghitung jumlah kata yang sama dalam data yang besar.

Tutorial Cara Membat Rumus Jumlah Pada Kolom Exel

Tutorial Cara Membat Rumus Jumlah Pada Kolom Exel

Di samping fitur menghitung jumlah kata yang sama dalam range data, Excel juga menyediakan fitur untuk menghitung jumlah data dalam satu kolom. Berikut adalah cara mudah untuk menghitung jumlah data dalam satu kolom di Excel:

  1. Pilih sel kosong yang akan berisi hasil perhitungan.
  2. Ketikkan formula pembuatan jumlah, yaitu =SUM(range kolom)
  3. Pada rangenya, masukkan sel-sel yang ingin Anda jumlahkan.
  4. Tekan tombol Enter untuk melihat hasil perhitungan.

Anda juga dapat menggunakan shortcut keyboard untuk memudahkan perhitungan jumlah data di satu kolom. Misalnya, Anda dapat menggunakan fungsi AutoSum dengan menekan tombol Alt+=”.

Menghitung Kumulatif Jumlah Data yang Sama di Excel

Menghitung Kumulatif Jumlah Data yang Sama di Excel

Selain menghitung jumlah data secara sederhana, Excel juga menyediakan fungsi untuk menghitung kumulatif jumlah data yang sama dalam suatu range atau kolom. Berikut adalah caranya:

  1. Pilih sel kosong yang akan berisi hasil perhitungan kumulatif.
  2. Ketikkan formula pembuatan kumulatif jumlah, yaitu =SUMIF(range,kriteria,range kolom)
  3. Pada rangenya, masukkan sel range yang ingin Anda jumlahkan.
  4. Pada kriteria, masukkan data yang ingin Anda jumlahkan. Anda juga dapat menggunakan referensi sel untuk kriteria pencarian.
  5. Pada range kolom, masukkan sel kolom yang ingin Anda jumlahkan.
  6. Tekan tombol Enter untuk melihat hasil perhitungan.

Menghitung kumulatif jumlah data yang sama sangat berguna ketika Anda ingin memantau kenaikan atau penurunan data dari waktu ke waktu pada kolom atau range tertentu.

FAQ

1. Apa perbedaan antara COUNTIF dan SUMIF?

COUNTIF dan SUMIF adalah kedua fungsi Excel yang berbeda dalam cara penggunaannya. COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah kata yang sama dalam range data, sedangkan SUMIF digunakan untuk menghitung jumlah data numerik dalam range data berdasarkan kriteria tertentu.

Baca Juga :  CARA MEMINDAHKAN FILE EXCEL KE KMZ

2. Apa yang harus saya lakukan jika formula Excel tidak menghasilkan hasil yang diharapkan?

Beberapa alasan kenapa formula Excel tidak menghasilkan hasil yang diharapkan adalah ketidakcocokan format sel, kesalahan dalam memasukkan nama range, atau bentuk kata yang berbeda. Pastikan bahwa sel dengan hasil formula dan data input Anda memiliki format yang sama, nama range Anda benar, dan bentuk kata sama.

Video Tutorial: Cara Menghitung Jumlah Data Yang Sama di Microsoft Excel

Untuk mendapatkan tutorial yang lebih lengkap tentang cara menghitung jumlah data yang sama, Anda dapat menonton video tutorial berikut ini:

Itulah sedikit informasi tentang cara menghitung jumlah kata dan data yang sama dalam range data di Excel. Semoga membantu dalam pengolahan data Anda!