Cara Menghitung Persen Pada Excel

Memahami cara menghitung persentase dalam Excel adalah penting bagi semua orang yang bekerja dengan angka dan data. Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet paling populer di dunia dan digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia untuk mengelola data mereka. Untuk membantu Anda memahami cara menghitung persentase dalam Excel, artikel ini akan menyajikan beberapa tips dan trik yang berguna.

Cara Menghitung Persentase dalam Excel

Ada beberapa cara untuk menghitung persentase dalam Excel. Beberapa yang paling umum digunakan adalah rumus persentase, fungsi persentase, dan format persentase. Berikut adalah penjelasan singkat tentang masing-masing cara tersebut:

Rumus Persentase

Rumus persentase adalah salah satu cara paling sederhana untuk menghitung persentase dalam Excel. Untuk menggunakan rumus persentase, gunakan formula:

= (jumlah yang ingin dihitung persentasenya / total) x 100

Misalnya, jika Anda ingin menghitung persentase nilai ujian mahasiswa, dan salah satu mahasiswa memiliki nilai 80 dari total maksimum 100, maka rumus persentase akan menjadi:

= (80/100) x 100

Kemudian hasilnya:

= 80%

Fungsi Persentase

Fungsi persentase adalah cara lain untuk menghitung persentase dalam Excel. Ada beberapa fungsi persentase yang berbeda seperti PERSN dan PERSNR. Fungsi-fungsi ini dapat digunakan untuk menghitung persentase dari angka yang diketik atau diambil dari kelompok data lain.

Contohnya, untuk menghitung persentase dari 70 dalam rentang data 0 hingga 100, fungsi persentase akan menjadi:

=PERSN(70,0,100)

Kemudian jawabannya adalah:

=0.7

Format Persentase

Cara ketiga untuk menghitung persentase adalah menggunakan format persentase. Format persentase memperlihatkan angka dalam bentuk persentase pada sel yang dipilih. Caranya adalah dengan memilih sel atau sel-sel yang akan diformat dan kemudian klik pada Format Cel dan pilih Format Persentase. Setelah itu, nilai dalam sel akan diperlihatkan dalam bentuk persentase.

Cara Menghitung Persentase Kenaikan atau Penurunan

Jika Anda ingin menghitung persentase kenaikan atau penurunan, Anda bisa menggunakan rumus:

((nilai akhir - nilai awal) / nilai awal) x 100

Misalnya, jika Anda ingin menghitung persentase peningkatan penjualan pada bulan Oktober dari sepuluh ribu ke dua belas ribu, rumusnya akan menjadi:

=((12000-10000)/10000) x 100

Maka hasilnya adalah:

= 20%

Foto-foto Tutorial Cara Menghitung Persentase di Excel

Tutorial Cara Menghitung Persentase Kenaikan di Excel

Cara Menghitung Persen Pada Excel

Gambar di atas menunjukkan cara menghitung persentase kenaikan di Excel menggunakan rumus yang sudah dijelaskan di atas.

Tutorial Cara Menghitung Persentase di Kalkulator di Hp Android

Tutorial Cara Menghitung Persentase di Kalkulator Hp Android

Gambar di atas menunjukkan cara menghitung persentase di kalkulator di Hp Android menggunakan rumus persentase yang sudah dijelaskan di atas.

FAQ Cara Menghitung Persentase dalam Excel

1. Bagaimana cara menghitung persentase di Excel?

Cara menghitung persentase di Excel bisa dilakukan dengan menggunakan rumus persentase, fungsi persentase, atau format persentase. Rumus persentase adalah cara paling sederhana; gunakan formula = (jumlah yang ingin dihitung persentasenya / total) x 100. Fungsi persentase seperti PERSN dan PERSNR juga bisa digunakan untuk menghitung persentase dari angka yang diketik atau diambil dari kelompok data lain. Format persentase memperlihatkan angka dalam bentuk persentase pada sel yang dipilih. Pilih sel atau sel-sel yang akan diformat dan kemudian klik pada Format Cel dan pilih Format Persentase. Setelah itu, nilai dalam sel akan diperlihatkan dalam bentuk persentase.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DAFTAR NAMA SISWA DI MICROSOFT EXCEL

2. Bagaimana cara menghitung persentase kenaikan atau penurunan di Excel?

Jika Anda ingin menghitung persentase kenaikan atau penurunan, Anda bisa menggunakan rumus ((nilai akhir - nilai awal) / nilai awal) x 100.

Video Tutorial Cara Menghitung Persentase dalam Excel

Berikut adalah video tutorial lengkap tentang cara menghitung persentase dalam Excel: