Cara Menghitung Pakai Microsoft Excel

Pengguna Excel pasti sering mengalami masalah dalam menghitung umur, masa kerja, ataupun rata-rata waktu. Namun, jangan khawatir, karena Excel memiliki beberapa rumus yang bisa dipakai untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Cara Menghitung Umur Pakai Excel
Secara umum, untuk menghitung umur dengan Excel kita bisa menggunakan rumus YEARFRAC yang bisa menghitung perbedaan dua tanggal dalam satuan tahun desimal. Misalnya, kita ingin menghitung umur seseorang yang lahir pada 1 Januari 1990 hingga saat ini.

Caranya sebagai berikut:

Buat kolom dengan nama “Tanggal Lahir” dan isi sel dengan tanggal lahir seseorang, misalnya 1/1/1990.
Buat juga kolom dengan nama “Tanggal Sekarang” dan isi sel dengan tanggal sekarang, misalnya dengan rumus =TODAY().
Selanjutnya, buat kolom dengan nama “Umur” dan isi sel dengan rumus =YEARFRAC(A2,B2), dimana A2 adalah sel dari Tanggal Lahir dan B2 adalah sel dari Tanggal Sekarang.
Hasilnya akan muncul angka desimal yang menunjukkan umur seseorang dalam tahun.

Namun, cara tersebut masih perlu kita ubah formatnya menjadi bilangan bulat agar lebih mudah dibaca. Caranya, pilih kolom Umur dan gunakan fitur Number Format pada menu Home. Pilih angka bulat dan tekan OK.

Anda juga bisa menambahkan teks “tahun” di belakang angka umur dengan melengkapi rumus diatas dengan fungsi “&” dan teks “tahun”. Sehingga rumusnya menjadi =YEARFRAC(A2,B2) &”tahun”.

Cara Menghitung Masa Kerja di Excel
Selain menghitung umur, Excel juga bisa digunakan untuk menghitung masa kerja seseorang. Misalnya, kita ingin menghitung masa kerja karyawan yang bekerja di perusahaan dari tanggal 1 Januari 2010 hingga sekarang.

Caranya sebagai berikut:

Buat kolom dengan nama “Tanggal Masuk” dan isi sel dengan tanggal masuk karyawan, misalnya 1/1/2010.
Buat juga kolom dengan nama “Tanggal Sekarang” dan isi sel dengan tanggal sekarang, misalnya dengan rumus =TODAY().
Selanjutnya, buat kolom dengan nama “Masa Kerja” dan isi sel dengan rumus =DATEDIF(A2,B2,”y”)& ” tahun, “&DATEDIF(A2,B2,”ym”)&” bulan, “&DATEDIF(A2,B2,”md”)&” hari”, dimana A2 adalah sel dari Tanggal Masuk dan B2 adalah sel dari Tanggal Sekarang.
Hasilnya akan muncul dalam format “tahun, bulan, hari”.

Cara Menghitung Rata-Rata Waktu di Excel
Untuk menghitung rata-rata waktu dalam Excel, kita bisa menggunakan rumus AVERAGE. Misalnya, kita ingin menghitung rata-rata waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk menyelesaikan tugas.

Caranya sebagai berikut:

Buat kolom dengan nama “Waktu” dan isi sel dengan waktu yang dibutuhkan seorang karyawan untuk menyelesaikan tugas, misalnya 20 menit.
Buat juga kolom dengan nama “Jumlah Tugas” dan isi sel dengan jumlah tugas yang diselesaikan karyawan.
Selanjutnya, buat kolom dengan nama “Rata-Rata Waktu” dan isi sel dengan rumus =AVERAGE(A2:A3), dimana A2 dan A3 adalah sel dari kolom Waktu.
Hasilnya akan muncul rata-rata waktu yang dibutuhkan karyawan untuk menyelesaikan tugas.

FAQ
Q: Apakah ada cara lain untuk menghitung umur di Excel?
A: Selain rumus YEARFRAC, kita juga bisa menggunakan rumus DATEDIF dengan parameter “y” untuk menghitung perbedaan tahun antara dua tanggal. Misalnya, =DATEDIF(A2,B2,”y”) bisa digunakan untuk menghitung selisih tahun antara tanggal di sel A2 dan B2.

Q: Apakah Excel memiliki fitur untuk menghitung tanggal Jawa?
A: Saat ini, Excel belum memiliki fitur bawaan untuk menghitung tanggal Jawa. Namun, kita bisa membuat fungsi sendiri dengan menggunakan rumus konversi yang bisa ditemukan di internet atau melalui beberapa add-in atau plugin Excel yang tersedia di situs-situs penyedia jasa Excel. Anda juga bisa mengecek apakah add-in tersebut sudah konversi bulan Jawa secara otomatis.

Baca Juga :  Cara Membuat Tabel Tidak Bisa Di Scroll Excell

Video Tutorial
Untuk lebih memudahkan Anda dalam memahami cara menghitung umur, masa kerja, dan rata-rata waktu di Excel, berikut adalah video tutorial yang bisa Anda tonton:

Conclusion
Setelah mengikuti panduan dan tutorial di atas, kita bisa menghitung umur, masa kerja, dan rata-rata waktu di Excel dengan mudah. Selain rumus YEARFRAC untuk menghitung tanggal lahir dan tanggal sekarang, kita juga bisa menggunakan rumus DATEDIF untuk menghitung selisih tahun secara langsung. Sementara itu, kita bisa menggunakan rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata waktu yang dibutuhkan seseorang untuk menyelesaikan tugas. Jangan lupa, gunakan juga fitur Number Format untuk mengubah format angka agar lebih mudah dibaca.