Cara Menghitung Otomatis Umur Di Excel

Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data terpopuler yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu fitur dari aplikasi ini adalah kemampuan untuk menghitung umur berdasarkan tanggal lahir. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung umur di Excel dengan mudah.

Menggunakan Fungsi DATEDIF

Salah satu cara untuk menghitung umur di Excel adalah dengan menggunakan fungsi DATEDIF. Fungsi ini dapat menghitung selisih antara dua tanggal dalam berbagai format.

Sebagai contoh, kita akan menghitung umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya. Kita dapat menggunakan rumus ini:

=DATEDIF(tanggal lahir, TODAY(), “y”)

Di mana “tanggal lahir” adalah sel yang berisi tanggal lahir kita dan TODAY() adalah fungsi Excel yang menghasilkan tanggal hari ini. “y” dalam rumus tersebut menunjukkan bahwa kita ingin menghitung selisih dalam tahun.

Setelah kita mengetik rumus tersebut dalam sel yang kosong, hasilnya akan muncul dalam bentuk angka. Untuk mengubah angka tersebut menjadi teks yang lebih mudah dibaca, kita dapat menggunakan fungsi TEXT. Kita bisa menggunakan rumus ini:

=TEXT(DATEDIF(tanggal lahir, TODAY(), “y”), “0 tahun”)

Dalam contoh di atas, “0 tahun” menunjukkan format teks yang kita inginkan. Kita dapat mengubahnya menjadi format yang lain, seperti “0 thn” atau “0 yrs”.

Selain untuk menghitung umur, fungsi DATEDIF juga dapat digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan lain, seperti bulan atau hari. Rumusnya adalah:

=DATEDIF(tanggal awal, tanggal akhir, “satuan”)

Di mana “tanggal awal” adalah sel yang berisi tanggal pertama, “tanggal akhir” adalah sel yang berisi tanggal terakhir, dan “satuan” adalah satuan yang ingin kita hitung, seperti “y” untuk tahun, “m” untuk bulan, atau “d” untuk hari.

Menggunakan Fungsi YEARFRAC

Metode kedua untuk menghitung umur di Excel adalah menggunakan fungsi YEARFRAC, yang menghasilkan desimal untuk selisih antara dua tanggal. Fungsi ini dapat berguna dalam situasi di mana kita perlu menghitung umur seseorang dalam satuan bulan atau hari.

Rumus untuk menghitung umur berdasarkan tanggal lahir dengan menggunakan fungsi YEARFRAC adalah:

=INT(YEARFRAC(tanggal lahir, TODAY()))

Dalam contoh di atas, “INT” merupakan fungsi untuk menghilangkan desimal dari hasil YEARFRAC sehingga kita mendapatkan angka yang bulat. Kita juga bisa menambahkan format kalimat menjadi “0 tahun” atau “0 bulan” seperti rumus sebelumnya dengan menggunakan fungsi TEXT.

Frequently Asked Questions

Q: Apakah fungsi DATEDIF dan YEARFRAC hanya dapat digunakan untuk menghitung umur?

A: Tidak. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kedua fungsi ini juga dapat digunakan untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan bulan atau hari.

Q: Apakah kita perlu mengubah format tanggal sebelum menggunakan rumus tersebut?

A: Ya. Sebelum menggunakan rumus-rumus di atas, pastikan bahwa format tanggal di sel yang berisi tanggal lahir sudah benar. Jika format tanggal tidak benar, kita dapat mengubahnya dengan mengklik kanan pada sel tersebut, memilih Format Cells, dan memilih kategori “Date” di bagian sebelah kiri.

Baca Juga :  CARA BUAT PIVOT PADA EXCEL

Video Tutorial: Cara Menghitung Umur di Excel

Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara menghitung umur di Excel:

Dalam video tersebut, Anda dapat melihat dua cara untuk menghitung umur di Excel yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, video tersebut juga memberikan tips tentang bagaimana mengatur format sel untuk tanggal agar benar.