Warga.Co.IdBerita Warga Indonesia dan Teknologi serta Informasi Terbaru
Cara Menghitung Lama Sewa Di Excel Jam
Excel adalah salah satu program perangkat lunak paling populer di dunia dan digunakan secara luas di berbagai bidang dan sektor. Beberapa aplikasi Excel yang paling sering digunakan adalah untuk menghitung dan memproses data yang berkaitan dengan jumlah, persentase, dan rumus matematika lainnya. Salah satu aplikasi Excel yang sering digunakan adalah untuk menghitung jam kerja.
Membuat rumus Excel untuk menghitung jam kerja tidaklah sulit tetapi membutuhkan beberapa tahap. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat rumus Excel jam kerja:
Buat kolom yang berisi tanggal dan waktu masuk dan keluar. Contoh:
Tanggal Masuk Keluar
01/02/2022 08:00 16:30
02/02/2022 08:30 17:00
03/02/2022 08:00 17:30
04/02/2022 08:00 16:30
05/02/2022 08:30 17:00
06/02/2022 08:00 17:30
07/02/2022 08:30 17:00
Kemudian, kamu perlu menambahkan kolom di samping kolom masuk dan keluar untuk menghitung jumlah jam kerja. Contoh:
Tanggal Masuk Keluar Total Jam Kerja
01/02/2022 08:00 16:30 8.5
02/02/2022 08:30 17:00 8.5
03/02/2022 08:00 17:30 9
04/02/2022 08:00 16:30 8.5
05/02/2022 08:30 17:00 8.5
06/02/2022 08:00 17:30 9
07/02/2022 08:30 17:00 8.5
Sekarang saatnya untuk menambahkan formula yang tepat untuk menghitung jumlah jam kerja. Buka tab formula dan pilih fungsi SUM dan berikan alamat sel di kolom Total Jam Kerja. Contohnya:
=SUM(D2:E2)
Setelah itu, tulis formula yang sama untuk sel lain di kolom Total Jam Kerja. Kamu juga bisa menggunakan copy and paste. Contoh:
Ada banyak cara untuk menghitung total jam kerja menggunakan Excel. Salah satu cara yang paling umum adalah dengan menggunakan rumus MS Excel yang disebut dengan “SUM”. Berikut adalah cara menghitung total jam kerja di Excel:
Pertama, kamul perlu membuat tabel atau daftar yang berisi informasi tentang jam kerja. Misalnya, kamu memiliki tabel dalam bentuk:
Nama Tanggal Masuk Keluar
Abdul 01/02/2022 08:00 17:00
Budi 01/02/2022 09:00 18:00
Cecep 02/02/2022 08:00 16:00
Dedi 03/02/2022 08:00 17:00
Selanjutnya, tambahkan kolom di sebelah kanan kolom “Keluar” dan beri label “Jam Kerja”.
Nama Tanggal Masuk Keluar Jam Kerja
Abdul 01/02/2022 08:00 17:00 9:00
Budi 01/02/2022 09:00 18:00 9:00
Cecep 02/02/2022 08:00 16:00 8:00
Dedi 03/02/2022 08:00 17:00 9:00
Selanjutnya, masukkan formula berikut pada kolom “Jam Kerja” untuk menghitung jam kerja:
=(C2-B2)*24
=(C3-B3)*24
=(C4-B4)*24
=(C5-B5)*24
Perhatikan bahwa rumus di atas memanfaatkan 24 untuk mengalikan perbedaan waktu antara “Keluar” Jika rumus di atas diterapkan, maka Excel akan memberikan hasil total jam kerja berdasarkan informasi yang telah diisi di tabel.
FAQ
Berikut adalah dua pertanyaan yang sering muncul seputar penggunaan Excel untuk menghitung jam kerja:
1. Saya menjalankan bisnis dan butuh aplikasi Excel untuk menghitung jam kerja karyawan, berapa biaya yang diperlukan?
Biaya untuk menggunakan Excel untuk menghitung jam kerja tergantung pada versi Excel mana yang kamu gunakan. Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi online seperti Google Sheets yang gratis dan mudah digunakan. Namun, jika bisnis yang kamu jalankan cukup besar, mempertimbangkan untuk menggunakan sistem manajemen sumber daya manusia (SDM) yang komprehensif seperti Oracle atau SAP. Biaya inisial untuk sistem seperti itu mungkin relatif mahal, tetapi dapat membantu menghemat waktu dan biaya di masa depan.
2. Bagaimana cara memeriksa keakuratan hasil penghitungan jam kerja yang ada di Excel?
Untuk memeriksa keakuratan hasil penghitungan jam kerja yang ada di Excel, kamu bisa mencoba membandingkan hasil dengan catatan waktu yang dibuat secara manual atau dengan sistem manajemen waktu digital. Jika ada perbedaan di antara keduanya, periksa apa yang mungkin menjadi penyebab kesalahan, misalnya, apakah waktu masuk dan keluar disimpan dengan akurat? Apakah rumus Excel yang digunakan telah dibuat dengan benar? Hal-hal kecil seperti itu mungkin menjadi penyebab kesalahan penghitungan jam kerja di Excel.
Video Tutorial
Berikut ini adalah video tutorial mengenai cara menghitung jam kerja dengan Excel:
Rekomendasi:
Cara Menghitung Masa Kerja Golongan Asn Dengan Excel Cara menghitung masa kerja karyawan adalah hal yang penting untuk diketahui oleh mereka yang bekerja untuk menentukan standar upah dan menjaga konsistensi dalam penggajian. Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menghitung masa kerja, mulai dari hitung manual hingga menggunakan…
Cara Membuat Rumus Masa Kerja Di Excel Menghitung masa kerja pegawai bisa sangat rumit jika dilakukan secara manual. Namun, dengan menggunakan Excel, proses ini bisa menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Ada berbagai rumus Excel yang bisa digunakan untuk menghitung masa kerja pegawai. Berikut adalah beberapa rumus…
Cara Menghitung Berapa Jam Di Excel Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia, dan sangat penting bagi banyak pekerja dan staf di berbagai perusahaan. Salah satu fitur terpenting dari Excel adalah kemampuannya untuk menghitung berbagai macam data dengan mudah dan cepat.…
Cara Menghitung Masa Kerja Diexcel Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghitung masa kerja pegawai dengan rumus yang tepat. Masa kerja pegawai sering kali menjadi bahan perbincangan dalam perhitungan tunjangan dan gaji di perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami…
Cara Menghitung Masa Kerja Di Excell Masa kerja adalah waktu yang dihabiskan oleh seseorang dalam bekerja di suatu instansi atau perusahaan. Masa kerja yang panjang menunjukkan bahwa seseorang telah memiliki pengalaman yang cukup dalam dunia kerja. Namun, bagaimana cara menghitung masa kerja dengan mudah dan cepat?…
CARA MENGHITUNG JAM KERJA DI EXCEL Di era teknologi seperti sekarang, perhitungan matematis termasuk perhitungan jam kerja telah bisa dilakukan dengan lebih mudah dan praktis menggunakan aplikasi spreadsheet seperti Microsoft Excel. Namun tidak semua orang bisa mengerti secara detail rumus-rumus yang ada di dalamnya. Berikut adalah…
Cara Menghitung Masa Kerja Dalam Excel Cara menghitung masa kerja karyawan atau pegawai seringkali menjadi perhatian penting bagi perusahaan atau instansi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui jangka waktu dan pengalaman kerja seseorang dalam suatu perusahaan atau instansi. Dalam hal ini program Excel dapat mempermudah proses perhitungan…
Cara Menghitung Lama Kerja Di Excel 2010 Excel sudah menjadi program yang sangat terkenal di seluruh dunia. Tak heran jika banyak orang yang memanfaatkan Excel untuk keperluan pekerjaan sehari-hari, seperti menghitung lama kerja atau masa kerja. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah cara…
Cara Menghitung Lama Tinggal Ditahun Sama Di Excel Excel adalah program spreadsheet yang sering digunakan dalam dunia bisnis dan perusahaan, karena dapat membantu dalam pengelolaan data dan perhitungan matematika yang kompleks. Salah satu fitur yang paling sering digunakan di Excel adalah kemampuan untuk menghitung lama sewa atau kontrak…
Cara Menghitung Berapa Lama Kerja Di Excel Pengenalan Excel adalah software pengolah angka yang sangat dikenal di seluruh dunia. Microsoft Excel memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai perhitungan rumit dan mengandung banyak fitur yang bisa dimanfaatkan. Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan ialah menghitung masa kerja dengan menggunakan…
Cara Menghitung Waktu Kerja Di Excel Menjadi seorang profesional dalam dunia bisnis membutuhkan kemampuan untuk mengatur waktu dengan baik. Terutama dalam hal menghitung jam kerja yang seringkali menjadi tugas yang membosankan dan memakan waktu. Namun, dengan menggunakan Microsoft Excel, Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan lebih…
Cara Menghitung Durasi Di Excel Menghitung jam kerja merupakan suatu hal yang penting dalam melakukan perhitungan keuangan perusahaan. Untuk dapat menghitung jam kerja dengan lebih mudah, Anda dapat memanfaatkan Microsoft Excel sebagai alat bantu. Berikut ini adalah beberapa ide dan panduan mengenai cara menghitung jam…
Cara Menghitung Masa Kerja Excel Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel Bagi perusahaan, menghitung masa kerja karyawan sangatlah penting. Data ini akan digunakan sebagai acuan dalam memberikan penghargaan dan kenaikan gaji. Nah, untuk mempermudah perhitungan, kini kita dapat menggunakan…
Cara Menghitung Durasi Jam Di Excel Anda pasti sering mendengar istilah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program penghitung tabel yang sangat populer, banyak digunakan oleh bisnis dan masyarakat umum dalam kegiatan sehari-hari. Microsoft Excel adalah software dari Microsoft Corporation yang dirancang khusus untuk membantu penggunanya dalam…
Cara Menghitung Lama Jam Kerja Di Excel 2007 +30 Menghitung Jam Kerja Di Excel Ideas - Pojok Ponsel Cara Mudah Menghitung Jam Kerja di Excel Jam kerja adalah waktu yang digunakan oleh seseorang untuk bekerja. Dalam perhitungan waktu, seringkali kita harus menghitung jumlah jam kerja dalam suatu periode…
Cara Masukkan Rumus Excel Hitung Masa Pengabdian Kerja Memiliki masa kerja yang lama dengan perusahaan bisa memberikan keuntungan tersendiri bagi karyawan. Salah satu keuntungan tersebut adalah dalam hal penghitungan keuntungan atau tunjangan yang diberikan kepada karyawan oleh perusahaan. Oleh karena itu, penting untuk dapat menghitung masa kerja yang…
Cara Menghitung Masa Kerja Di Excel.xls Apakah kamu sedang bingung bagaimana cara menghitung masa kerja pada Microsoft Excel? Kami memiliki solusinya! Dalam artikel ini, kami akan memberikan tutorial langkah demi langkah beserta contoh penggunaan rumus Excel untuk menghitung masa kerja. Gambar 1: Cara Menghitung Masa Kerja…
Cara Menghitung Aging Hari Di Excel Excel merupakan salah satu software yang digunakan untuk mengolah data dan informasi, baik itu personal maupun perusahaan. Dalam penggunaanya, Excel memiliki fitur yang sangat lengkap, mulai dari rumus matematika dasar, hingga rumus-rumus yang kompleks. Dalam artikel kali ini, kita akan…
Cara Hitung Jam Kerja Di Excel Setiap perusahaan pasti membutuhkan data mengenai jam kerja karyawan. Entah itu untuk penggajian, evaluasi kinerja, atau bahkan penjadwalan tugas dan proyek. Namun, tidak semua perusahaan memiliki sistem terintegrasi yang dapat menghitung jam kerja secara otomatis. Oleh sebab itu, kemampuan menghitung…
Cara Menghitung Jumlah Jam Kerja Di Excel Di era digital saat ini, teknologi informasi semakin berkembang pesat. Hal ini menyebabkan segala hal bisa dilakukan dengan jauh lebih efisien dan efektif, termasuk dalam menghitung jumlah jam kerja di Excel. Excel merupakan software spreadsheet yang cukup populer dan sering…
Cara Menghitung Masa Kerja Pakai Excel Menjadi seorang yang menjalani karir dalam suatu perusahaan, pasti akan bertanya-tanya mengenai masa kerjanya. Hal ini penting untuk diketahui terutama karena berhubungan dengan masa pensiun dan juga hak-hak lainnya. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai cara menghitung masa kerja…
Cara Hitung Masa Kerja Di Excel Excel atau Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah angka atau spreadsheet yang populer digunakan oleh banyak kalangan, baik itu pelajar, mahasiswa, hingga professional. Dalam dunia kerja, Excel sangat penting karena bisa digunakan untuk mengolah data, membuat laporan, hingga menghitung…
Cara Menghitung Lamar Kerja Excel Data di atas merupakan kumpulan sumber daya yang sangat berguna bagi semua orang, terutama bagi mereka yang berkecimpung dalam bidang Excel dan keuangan. Berikut ini, akan dibahas secara detail masing-masing sumber daya yang disertakan, mulai dari cara menghitung masa kerja…
Cara Menghitung Lama Mengajar Dengan Excel 2019 Banyak orang yang menggunakan Microsoft Excel untuk menghitung berbagai macam hal. Namun, apakah Anda tahu bahwa Excel memiliki banyak fitur dan rumus yang bisa membantu Anda menghitung segala macam hal dengan akurasi dan efisiensi tinggi? Fungsi DATEDIF Untuk Menghitung Masa…
Cara Menghitung Jam Terlambat Karyawan Di Excel Apabila Anda bekerja sebagai HRD atau memiliki perusahaan sendiri, menghitung jam kerja karyawan merupakan salah satu tugas yang harus diperhatikan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghitung total jam kerja karyawan, salah satunya menggunakan Microsoft Excel. Dalam artikel ini,…
Cara Menghitung Lama Kerja Excel Menghitung masa kerja di Excel dapat menjadi tugas yang cukup rumit jika tidak dipersenjatai dengan pengetahuan yang cukup. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung masa kerja di Excel dan berbagai rumus yang dapat membantu Anda dalam proses tersebut.…
Cara Menghitung Masa Kerja Dengan Rumus Excel Apakah kamu sedang mencari cara menghitung masa kerja menggunakan Microsoft Excel? Jangan khawatir, karena di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap untuk melakukan hal tersebut. Cara Menghitung Masa Kerja dalam Microsoft Excel Untuk menghitung masa kerja dalam Excel, kamu…
Cara Menghitung Masa Kerja Yang Tepat Di Excel Cara Menghitung Masa Kerja dengan Mudah Menggunakan Excel Jika Anda ingin mengetahui masa kerja Anda atau karyawan Anda, cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Excel dapat menghitung berapa lama seseorang telah bekerja berdasarkan tanggal masuk dan tanggal…
Cara Menghitung Melalui Ms Excel 2010 Excel merupakan salah satu program yang sangat penting bagi semua orang, terutama untuk profesi yang membutuhkan perhitungan angka. Excel adalah program spreadsheet yang sangat powerful dan bisa digunakan untuk banyak hal. Beberapa hal yang bisa dilakukan dengan Excel adalah menghitung…
Cara Menghitung Hari Libur Di Excel Excel adalah program spreadsheet yang sangat berguna untuk orang-orang yang bekerja dengan data. Ada banyak fungsi dan rumus yang dapat membantu Anda menghitung data dengan cepat dan akurat. Salah satu fungsi penting Excel adalah untuk menghitung waktu dan tanggal. Dalam…